Bukan pakai susu, ini trik agar kulit bebas spot gelap pakai 1 jenis kulit buah

Bukan pakai susu, ini trik agar kulit bebas spot gelap pakai 1 jenis kulit buah

Brilio.net - Sinar matahari merupakan salah satu sumber energi utama yang penting bagi seluruh makhluk hidup di muka bumi. Mulai dari hal-hal yang sederhana seperti menjemur pakaian hingga yang kompleks seperti menstimulasi pertumbuhan setiap jenis flora hingga dimanfaatkan sebagai pembangkit tenaga listrik, tidak dapat dipungkiri bahwa sinar matahari memberi banyak manfaat bagi keberlangsungan hidup di muka bumi.

Dari segi kesehatan sendiri, sinar matahari juga telah diketahui sebagai sumber utama vitamin D lho. Hal ini dikarenakan paparan sinar matahari dapat memicu dihasilkannya vitamin D pada tubuh sebagai komponen yang membantu menyerap kalsium dan mempertahankan kesehatan tulang. Alhasil, tubuh manusia menjadi lebih sehat karena terjaganya tulang dan sistem kekebalan tubuh.

Meskipun memiliki banyak manfaat, nyatanya sinar matahari juga memiliki segudang bahaya bagi kulit manusia, apalagi jika terpapar secara berlebihan tanpa adanya perlindungan yang tepat. Pasalnya, paparan sinar ultraviolet (UV) yang dihasilkan matahari dapat menyebabkan banyak masalah kulit, salah satunya spot bintik kehitaman yang muncul akibat terpicunya pembentukan pigmen kulit (melanin). Akibatnya, warna kulit pun menjadi tidak merata dan terkesan tidak menarik. Bahkan, jika tidak ditangani dengan baik, paparan sinar matahari pun dapat berisiko membuat kanker kulit lho.



Akan tetapi, kamu nggak usah khawatir kok. Pasalnya, kamu bisa memanfaatkan bahan alami sebagai solusi alternatif untuk mendukung kinerja sunscreen yang harus rajin kamu pakai mulai dari saat ini. Caranya bisa kamu lakukan dengan meniru trik sederhana menggunakan kulit pisang dan madu sebagaimana ditunjukkan oleh @priya.creations09 melalui Instagram, dilansir briliobeauty.net pada Sabtu (29/7).

Bukan pakai susu  Instagram

foto: freepik.com

Tidak hanya dagingnya, kulit dari buah pisang juga banyak mengandung berbagai zat yang bermanfaat melawan masalah kulit. Kulit pisang mengandung senyawa antioksidan, seperti lutein dan zeaxanthin, yang membantu melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar UV sehingga mengurangi potensi munculnya spot gelap tersebut. Selain itu, kulit pisang juga dapat mencerahkan sekaligus menjaga kekencangan kulit karena kandungan vitamin C-nya yang dapat merangsang produksi kolagen.

Bukan pakai susu  Instagram

foto: freepik.com

Di sisi lain, madu pada dasarnya kaya akan kandungan enzim dan asam amino yang dapat mempercepat proses regenerasi kulit. Dalam prosesnya, hal ini akan dapat encerahkan sekaligus menghilangkan dark spot secara alami. Plus, kandungan asam laktat di dalamnya juga menjadi poin tambahan dalam membantu menjaga kelembapan kulit dan meningkatkan elastisitasnya.

Nah, kedua bahan di atas ini bisa dimanfaatkan dengan cara yang bisa kamu lihat di bawah ini.

Alat dan bahan:

1. 1 Kulit pisang
2. 1 Sendok madu

Langkah pengerjaan:

Bukan pakai susu  Instagram

foto: Instagram/@priya.creations09

1. Potonglah 1 buah pisang dan pisahkan sedikit kulitnya.
2. Iris-irislah kulit bagian dalam pisang tersebut menggunakan pisau.
3. Setelahnya, tuangkan madu ke atas kulit pisang tersebut dan ratakan.
4. Aplikasikan ke wajah dengan cara menggosoknya secara lembut.
5. Lakukan selama kurang lebih 5 menit.
6. Bila dirasa cukup, bilaslah wajah hingga bersih dan lanjutkan dengan pemakaian skincare lainnya.

(brl/far)

tags

STORIES