Campuran 2 bahan dapur ini bisa atasi hiperpigmentasi di wajah, begini cara meracik dan memakainya

Campuran 2 bahan dapur ini bisa atasi hiperpigmentasi di wajah, begini cara meracik dan memakainya

Brilio.net - Hiperpigmentasi atau sering disebut flek hitam adalah kondisi kulit yang ditandai dengan munculnya bercak-bercak gelap pada area tertentu. Kondisi ini terjadi akibat produksi melanin yang berlebihan, yaitu pigmen yang memberikan warna pada kulit.

Flek hitam dapat muncul di berbagai bagian tubuh, termasuk wajah, leher, dan tangan. Meskipun tidak berbahaya, hiperpigmentasi dapat mengurangi rasa percaya diri seseorang. Masalah ini sering kali dialami oleh banyak orang, baik pria maupun wanita, dan bisa disebabkan berbagai faktor seperti paparan sinar matahari berlebih, peradangan, perubahan hormonal, atau bahkan efek samping dari produk perawatan kulit.

Kemunculan hiperpigmentasi dapat menurunkan kepercayaan diri seseorang, karena wajah akan terlihat kusam dan punya warna tidak merata. Oleh karena itu, banyak orang mencari cara untuk mengatasi kondisi ini. Mulai dari melakukan perawatan di klinik kecantikan, menggunakan produk skincare khusus, hingga memanfaatkan bahan-bahan alami.

Campuran 2 bahan dapur bisa atasi hiperpigmentasi di wajah Berbagai sumber

foto: TikTok/@selinadasilvaa

Seperti yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @selinadasilvaa. Lewat unggahannya, pemilik akun menggunakan campuran 2 bahan dapur untuk mengatasi hiperpigmentasi di wajah. Bahan dapur yang dimaksud adalah bubuk kunyit dan madu. Yuk, simak cara meracik dan memakainya berikut ini, yang briliobeauty.net lansir pada Rabu (25/9).

Bahan:

- 1 sendok makan bubuk kunyit
- Madu secukupnya

Campuran 2 bahan dapur bisa atasi hiperpigmentasi di wajah Berbagai sumber

foto: TikTok/@selinadasilvaa

Cara meracik dan memakai:

1. Tuangkan bahan-bahan pada wadah bersih
2. Aduk keduanya sampai tercampur merata dan teksturnya seperti pasta
3. Aplikasikan pada wajah yang sudah bersih secara menyeluruh
4. Diamkan selama 10-15 menit
5. Bilas menggunakan air sampai bersih (lakukan hingga bekas warna kuning benar-benar hilang)
6. Ulangi metode ini dengan rutin 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan wajah mulus dan cerah merata.

Campuran 2 bahan dapur bisa atasi hiperpigmentasi di wajah Berbagai sumber

foto: TikTok/@selinadasilvaa

Kandungan bubuk kunyit untuk mengatasi hiperpigmentasi di wajah.

Bubuk kunyit dikenal efektif mengatasi hiperpigmentasi wajah karena kandungan aktifnya yang disebut kurkumin. Kurkumin memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang kuat, dapat membantu mencerahkan kulit dan mengurangi produksi melanin berlebih, penyebab utama hiperpigmentasi.

Sifat anti-inflamasi kunyit juga mampu meredakan peradangan pada kulit yang sering kali memicu hiperpigmentasi pasca-inflamasi (PIH), seperti bekas jerawat. Selain itu, kunyit membantu mempercepat regenerasi sel kulit, sehingga noda hitam dan bercak gelap memudar lebih cepat.

Manfaat madu yang ampuh menghilangkan hiperpigmentasi di wajah.

Madu efektif dalam membantu mengatasi hiperpigmentasi di wajah karena memiliki sifat antibakteri, antioksidan, dan melembapkan yang dapat mempercepat penyembuhan kulit. Madu mengandung enzim alami dan nutrisi yang membantu mengelupas kulit secara lembut, sehingga sel-sel kulit mati dan bercak-bercak gelap akibat hiperpigmentasi bisa lebih cepat tergantikan dengan sel kulit baru yang lebih cerah.

(brl/lut)

tags

STORIES