Campuran madu & bahan makanan ini bisa bikin wajah auto glowing antikusam, begini cara meraciknya

Campuran madu & bahan makanan ini bisa bikin wajah auto glowing antikusam, begini cara meraciknya

Brilio.net - Wajah kusam seringkali menjadi masalah bagi banyak orang. Pasalnya, kondisi tersebut membuat kulit terlihat tidak bercahaya dan kurang segar. Wajah kusam bisa disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari gaya hidup yang tidak sehat hingga masalah kulit tertentu.

Kondisi ini bisa membuat seseorang terlihat lebih tua dari usia sebenarnya dan kurang percaya diri. Salah satu penyebab utama wajah kusam adalah penumpukan sel kulit mati di permukaan kulit. Sebenarnya kulit secara alami melepaskan sel-sel kulit mati, namun jika proses ini terganggu, sel-sel tersebut menumpuk dan membuat kulit terlihat kasar, tidak merata, dan kehilangan kilau alami.

Paparan sinar matahari, gaya hidup yang tidak sehat, kurangnya hidrasi kulit, serta kurangnya perhatian dalam merawat kulit, juga menjadi beberapa penyebab umum kulit jadi terlihat kusam. Untuk mencegah dan mengatasi wajah kusam, penting untuk rutin melakukan eksfoliasi kulit guna mengangkat sel-sel kulit mati. Menggunakan tabir surya setiap hari juga sangat diperlukan untuk melindungi kulit dari efek buruk sinar UV.

Tak hanya itu saja, merawat kulit dengan memanfaatkan bahan-bahan alami juga bisa membantu membuat kulit tampak lebih cerah dan glowing. Seperti yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @lailapaul7, yang menggunakan campuran madu dan bahan makanan untuk bikin wajah glowing dan antikusam.

Campuran madu dan beras bisa bikin wajah auto glowing antikusam Berbagai sumber

foto: TikTok/@lailapaul7

Bahan makanan yang dimaksud adalah beras. Yuk, simak cara meracik dan menggunakannya berikut seperti dilansir briliobeauty.net dari akun TikTok/@lailapaul7 pada Kamis (26/9).

Bahan:

- Beras secukupnya
- 1-2 sendok makan madu
- Air secukupnya

Cara meracik dan menggunakan

Campuran madu dan beras bisa bikin wajah auto glowing antikusam Berbagai sumber

foto: TikTok/@lailapaul7

1. Cuci beras sampai benar-benar bersih
2. Masak beras menggunakan air sampai teksturnya lembek
3. Masukkan beras yang sudah dimasak pada blender dan tambahkan sedikit air
4. Blender beras sampai benar-benar lembut seperti pasta
5. Tuangkan pada wadah bersih dan tambahkan madu
6. Aduk keduanya sampai tercampur merata
7. Aplikasikan pada wajah yang sudah bersih secara menyeluruh
8. Diamkan selama 15-20 menit
9. Bilas menggunakan air sampai bersih
10. Lakukan cara ini dengan rutin 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan wajah yang glowing dan cerah merata.

Kandungan beras untuk mengatasi wajah kusam

Campuran madu dan beras bisa bikin wajah auto glowing antikusam Berbagai sumber

foto: TikTok/@lailapaul7

Beras mengandung vitamin B, antioksidan, serta mineral yang membantu mempercepat regenerasi sel kulit, sehingga kulit tampak lebih cerah dan segar. Selain itu, butiran halus dari beras bisa berfungsi sebagai eksfoliator alami yang mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran menumpuk, yang sering menjadi penyebab utama kulit kusam. Kandungan asam ferulic pada beras juga berfungsi sebagai antioksidan yang membantu melindungi kulit dari radikal bebas dan polusi.

Manfaat madu untuk bikin wajah glowing dan antikusam

Madu memiliki sifat humektan yang berarti mampu menarik dan mempertahankan kelembapan di dalam kulit, membuat kulit tampak lebih lembap, kenyal, dan bersinar. Selain itu, enzim-enzim alami dalam madu membantu proses eksfoliasi ringan, mengangkat sel-sel kulit mati dan mempercepat regenerasi sel, sehingga kulit terlihat lebih segar dan cerah.

(brl/mal)

tags

STORIES