Cara atasi bibir kering pecah-pecah pakai lip sleeping mask dari 1 jenis sayuran, auto lembap

Cara atasi bibir kering pecah-pecah pakai lip sleeping mask dari 1 jenis sayuran, auto lembap

Brilio.net - Bibir kerap kali terabaikan, kebanyakan orang tidak melakukan perawatan khusus bibir. Akibatnya, selain rentan mengalami masalah seperti penggelapan, kamu pastinya tidak asing lagi pula melihat banyak bibir orang yang kering dan pecah-pecah, bukan?

Ada beberapa faktor yang menjadi pemicu bibir pecah-pecah, seperti kondisi cuaca, panasnya sinar matahari, hingga udara kering, dan dingin sekalipun pada dasarnya dapat menyebabkan hilangnya kelembapan alami pada kulit, termasuk bibir.

Kebiasaan menjilat bibir juga menjadi penyebab bibir kering. Pasalnya, air liur menguap dan meninggalkan residu yang dapat menyebabkan iritasi. Selain itu, faktor lain seperti kurang mengonsumsi air dan kebiasaan merokok juga berkontribusi terjadinya bibir kering dan pecah-pecah.

Akan tetapi, kamu nggak perlu khawatir lagi bila mengalami masalah ini. Selain kini kamu tahu pentingnya minum air untuk menjaga faktor hidrasi alami dalam tubuh, kamu juga bisa memanfaatkan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan untuk mengatasi masalah bibir kering dan pecah-pecah. Hal ini sebagaimana dilansir briliobeauty.net dari Instagram @beglamrs yang menggunakan campuran ekstrak buah bit dan madu sebagai solusi alternatif.

bangun tidur auto lembap  Instagram

bangun tidur auto lembap
freepik.com

Beetroot (buah bit) merupakan tanaman umbi yang menjadi sumber alami antioksidan, vitamin, dan mineral yang sangat baik untuk perawatan bibir. Beetroot mengandung vitamin C, vitamin A, vitamin B, dan zat besi yang dapat efektif dalam meningkatkan produksi kolagen di area bibir dan melindunginya dari radikal bebas.

Dalam prosesnya, komponen-komponen tadi membantu mencegah iritasi pada bibir serta meningkatkan tekstur dan kelembapan bibir. Selain itu, pigmen alami yang terdapat pada beetroot bisa memberikan efek merah alami pada bibir lho.

bangun tidur auto lembap  Instagram

bangun tidur auto lembap
freepik.com

Madu telah lama digunakan sebagai bahan alami untuk banyak jenis perawatan, termasuk pada bibir. Kandungan glukosa dan fruktosa dalam madu membantu menjaga kelembapan bibir, sementara kandungan antioksidannya membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak bibir.

Madu juga memiliki efek antimikroba yang membantu mencegah infeksi pada bibir yang pecah-pecah sekaligus mengurangi rasa sakit pada bibir yang terasa kering dan terkelupas.

Nah, kedua bahan di atas ini bisa kamu gunakan untuk mengatasi masalah bibir tadi dengan cara sebagai berikut.

Alat dan bahan:

1. 1 sendok teh ekstrak buah bit
2. 1/2 sendok teh madu
3. Vaseline (petroleum jelly)
4. 1 kapsul vitamin E (opsional)
5. Wadah kecil

Langkah pengerjaan:

bangun tidur auto lembap  Instagram

bangun tidur auto lembap
Instagram/@beglamrs

1. Masukkan sedikit vaseline (1/4 sendok teh) ke dalam wadah kecil
2. Setelahnya, tuangkan 1/2 sendok teh madu
3. Tambahkan sekitar 1 sendok teh ekstrak buah bit ke dalam wadah tadi
4. Bila ada, tambahkanlah sekitar 1-2 kapsul vitamin E (opsional)
5. Aduk rata seluruh bahan tadi
6. Aplikasikanlah campuran tersebut ke seluruh area bibir secara merata setiap sebelum tidur
7. Bilas dengan bersih keesokan paginya.

View this post on Instagram

A post shared by Glamrs (@beglamrs)

(brl/ola)

tags

STORIES