Cara atasi kerutan di tangan pakai body balm dari 1 bahan pemanis, bikin kulit awet muda bak Cleopatra

Cara atasi kerutan di tangan pakai body balm dari 1 bahan pemanis, bikin kulit awet muda bak Cleopatra

Brilio.net - Penuaan pada kulit tidak hanya terjadi pada wajah saja, melainkan bisa terjadi pada area tangan dan kaki. Proses penuaan pada kulit tangan dan kaki tidak berbeda jauh dengan wajah.

Pada proses tersebut akan muncul tanda penuaan, seperti kerutan dan kulit yang mulai mengendur. Hal ini disebabkan karena kolagen dan elastin dalam kulit ini semakin bertambahnya usia akan berkurang. Dampaknya adalah kulit kehilangan kekencangannya dan mengalami kerutan.

Tidak hanya itu, adanya faktor lain seperti paparan sinar matahari yang berlebihan juga merusak kolagen dan elastin. Bahkan adanya faktor gaya hidup yang tidak sehat, seperti merokok menjadi pengaruh utama munculnya tanda penuaan tersebut.

Jangan khawatir, kerutan di tangan ini bisa kamu hilangkan dengan melakukan perawatan secara rutin. Kali ini kamu bisa merawat kulit dengan menggunakan produk body balm yang terbuat dari satu bahan pemanis yaitu madu.

Bahan alami yang satu ini memang tidak asing bagi dunia kecantikan. Pasalnya, madu ini mengandung antioksidan yang dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas yang menyebabkan proses penuaan muncul lebih cepat. Selain itu, adanya sifat pelembap dalam madu dapat mengurangi kerutan, mengurangi peradangan, mencerahkan, dan menjaga kulit tetap sehat.

Sementara itu, untuk membuat body balm ini madu dikombinasikan dengan minyak zaitun, chamomile, dan cengkeh. Ketiga bahan tersebut memiliki kandungan dan manfaatnya masing-masing. Bahan pertama yaitu minyak zaitun dengan kandungan vitamin E dan polifenol sehingga dapat mengurangi kerutan dan melembapkan.

Lalu, bahan seperti chamomile memiliki sifat antiinflamasi sehingga dapat mengatasi peradangan dan memberikan efek menenangkan bagi kulit. Tidak hanya itu, adanya cengkeh di dalam body balm ini dapat mengatasi kulit iritasi.

Itulah manfaat dari beberapa bahan yang bisa kamu dapatkan. Lantas bagaimana cara membuat body balm dari bahan-bahan tersebut? Yuk, simak tutorial yang dibagikan oleh pengguna YouTube Humblebee & Me, Rabu (21/6).

Bahan-bahan:

Cara atasi kerutan di tangan pakai body balm berbagai sumber

foto: YouTube/Humblebee & Me

1. 37 Grams minyak zaitun,
2. Ekstrak chamomile.
3. 10 Grams beeswax.
4. Essential oil.
5. Cengkeh.
6. Bubuk bee pollen.
7. Madu murni.

Cara membuat:

Cara atasi kerutan di tangan pakai body balm berbagai sumber

foto: YouTube/Humblebee & Me

1. Tuangkan minyak zaitun ke dalam mangkuk bersih.
2. Tambahkan beeswax dan minyak cengkeh.
3. Panaskan hingga kedua bahan tersebut mencair.
4. Berikan beberapa tetes essential oil.
5. Masukkan dua sendok makan bee pollen.
6. Tambahkan 50 gram madu murni.
7. Lalu, aduk hingga bahan tercampur rata dan memiliki tekstur kental.
8. Masukkan body balm tersebut ke dalam jar skincare.

Jika sudah, resep body balm ala Cleopatra itu siap untuk digunakan sebagai perawatan kulit harian. Caranya tidak berbeda jauh dengan body balm lainnya yaitu cukup oleskan pada bagian tubuh, seperti tangan dan kaki. Lalu, diamkan beberapa saat tanpa dibilas. Untuk mendapatkan kulit yang halus dan bebas kerutan, gunakan body balm ini secara rutin.

(brl/lea)

tags

STORIES