Cara atasi kulit belang dalam 7 hari cuma pakai 3 bahan ini bikin cerah kembali

Cara atasi kulit belang dalam 7 hari cuma pakai 3 bahan ini bikin cerah kembali

Brilio.net - Umumnya penyebab kulit belang adalah paparan sinar matahari yang berlebihan. Namun selain paparan sinar matahari, ada pemicu lain yang membuat kulit jadi belang seperti kerusakan kolagen. Perlu kamu ketahui, kolagen menjadi sumber protein yang memberikan struktur dan kekuatan pada kulit.

Beberapa faktor seperti paparan polusi dan stres dapat merusak kolagen pada kulit. Hal ini memicu terjadinya penurunan elastisitas dan kekencangan kulit. Akibat lainnya, kulit jadi lebih rentan terhadap pembentukan flek atau bercak-bercak hitam.

Selain disebabkan oleh kerusakan kolagen, kulit belang juga bisa terjadi akibat perubahan hormon. Contohnya, saat masa kehamilan produksi hormon melanosit akan meningkat. Hal ini bisa menyebabkan pigmentasi dan pembentukan melanin pada beberapa bagian kulit.

Memberikan penampilan yang tak menarik, membuat sejumlah orang ingin mengatasi kulit belang. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk atasi kulit belang, salah satunya memakai scrub yang terbuat dari bahan alami.

Langkah ini seperti dilakukan beauty enthusiast dengan akun Instagram @resepzaidulakbar_. Lewat unggahan reels, beauty enthusiast ini memanfaatkan kopi, susu, dan jeruk nipis. Ketiga bahan tersebut diklaim bisa bikin kulit belang jadi rata dan cerah kembali dalam tujuh hari.

Nah, penasaran dengan cara membuat scrub dari bahan alami? Yuk simak cara meracik dan mengaplikasikannya, sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari Instagram @resepzaidulakbar_, Rabu (3/7).

Bahan:

Cara atasi kulit belang berbagai sumber

foto: Instagram/@resepzaidulakbar_

- 3 sendok makan bubuk kopi
- 3 sendok makan susu bubuk
- 1/2 buah jeruk nipis

Cara membuat:

Cara atasi kulit belang berbagai sumber

foto: Instagram/@resepzaidulakbar_

1. Siapakan wadah bersih.
2. Masukkan kopi dan susu bubuk.
3. Tambahkan perasan jeruk nipis.
4. Aduk semua bahan hingga tercampur rata.
5. Scrub siap diaplikasikan.

Cara menggunakan:

Cara atasi kulit belang berbagai sumber

foto: Instagram/@resepzaidulakbar_

1. Aplikasikan scrub pada seluruh badan.
2. Tunggu selama 10 hingga 15 menit.
3. Gosok-gosok secara perlahan dan bersihkan scrub menggunakan air biasa.
4. Ulangi penggunaan scrub secara rutin, agar kulit cerah dalam 7 hari.

Manfaat dari bubuk kopi dan susu untuk wajah.

Bubuk kopi dan susu merupakan kedua bahan yang sering dibuat sebagai bahan minuman. Namun bubuk kopi dan susu juga punya manfaat bagi kecantikan kulit, salah satunya adalah mengatasi kulit belang.

Kopi bubuk punya kandungan berupa kafein yang bisa meregenerasi struktur sel kulit yang menghitam. Tak cuma itu, kandungan kafein dalam kopi juga mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan radikal bebas. Sifat antioksidan dalam kopi mampu menghilangkan kotoran dan sel kulit mati. Melansir dari Vinmec, Rabu (3/7) kopi punya berbagai nutrisi yang bisa menghidrasi, memudarkan flek hitam, dan meratakan warna kulit.

Sementar susu punya sifat melembapkan secara alami, sehingga membantu menghidrasi kulit. Kandungan lemak dan protein dalam susu bisa menjaga keseimbangan kelembapan kulit. Saat diaplikasikan pada kulit, susu membentuk lapisan pelindung dan membuatnya jadi lebih kenyal.

Sifat antiinflamasi pada susu mampu meredakan iritasi yang disebabkan jerawat dan sengatan matahari pada kulit. Sifat antiinflamasi ini bisa menenangkan kulit dan mempercepat penyembuhan luka.

(brl/jad)

tags

STORIES