Cara hilangkan bekas jerawat menghitam cuma andalkan 1 sampah buah, kulit jadi auto cerah

Cara hilangkan bekas jerawat menghitam cuma andalkan 1 sampah buah, kulit jadi auto cerah

Brilio.net - Bekas jerawat menghitam atau biasa disebut hiperpigmentasi pasca-inflamasi, menjadi masalah kulit yang umum terjadi, terlebih saat seseorang mengalami jerawat parah. Biasanya bekas jerawat muncul setelah jerawat sembuh. Kondisi ini meninggalkan bekas noda hitam atau kecokelatan dan bertahan dalam waktu yang cukup lama.

Bekas jerawat menghitam tidak muncul begitu saja. Ketika jerawat muncul, kulit mengalami peradangan. Dalam kondisi ini bisa menyebabkan perubahan warna pada kulit dari yang semulanya berwarna kemerahan jadi kehitaman setelah sembuh. Kondisi perubahan warna ini bisa terjadi karena adanya reaksi imun pada tubuh yang memproduksi sel melanosit untuk menghasilkan melanin. Pada waktu tertentu melanin berisiko meninggalkan noda yang lebih gelap.

Selain disebabkan oleh peradangan, bekas jerawat menghitam juga bisa muncul karena kebiasaan memencet jerawat. Memang jerawat yang sedang meradang seringkali menggugah untuk dipencet. Namun tindakan ini tidak dianjurkan lantaran bisa meninggalkan bekas menghitam.

Memencet jerawat berisiko merusak jaringan kulit yang nantinya bisa meninggalkan bekas hitam pada wajah. Selain merusak, memencet jerawat juga berisiko tinggi mentransfer bakteri dan membuat jerawat jadi semakin parah.

Agar bekas jerawat menghitam tak mengganggumu terus menerus, masalah ini bisa diatasi dengan mengandalkan satu ampas buah lho. Cara ini seperti yang dilakukan pria pemilik akun Instagram @okkapratama.

Lewat unggahan reels yang berdurasi beberapa detik, ia memanfaatkan kulit pisang untuk hilangkan bekas jerawat. Cara menggunakannya mudah saja, namun bagi kamu yang belum tahu bisa mengikuti langkah-langkah yang dibagikan Okka Pratama seperti dilansir briliobeauty.net pada Jumat (21/6), sebagai berikut:

Bahan:

hilangkan bekas jerawat kulit pisang. berbagai sumber

foto: Instagram/@okkapratama

- 1 buah kulit pisang

Cara menggunakan:

hilangkan bekas jerawat kulit pisang. berbagai sumber

foto: Instagram/@okkapratama

1. Ambil daging buah pisang.
2. Gunakan kulitnya saja.
3. Sebelum mengaplikasikan, bersihkan wajah terlebih dahulu.
4. Oleskan kulit pisang pada wajah.
5. Gosok-gosok secara perlahan.
6. Diamkan selama 20 menit.
7. Bilas masker dari kulit buah pisang menggunakan air biasa.
8. Ulangi penggunaan masker ini secara rutin, agar bekas jerawat pada wajah hilang.

Manfaat kulit buah pisang untuk atasi jerawat.

Kulit buah pisang memang selalu dibuang saat daging buahnya sudah masuk ke dalam mulut. Selalu dikesampingkan, kulit buah pisang ternyata punya manfaat bagi kecantikan kulit. Melansir dari Wikihow, Jumat (21/6), kulit pisang punya kandungan lutein, antioksidan, dan vitamin karotenoid yang bisa meredakan peradangan.

Sementara itu, adanya kandungan vitamin A, B, C, E, dan potasium serta zinc diklaim bisa menenangkan kulit yang meradang. Bahkan semua kandungan tersebut mampu mengurangi munculnya jerawat. Di sisi lain, adanya vitamin E dalam kulit pisang mampu membuat kulit cerah dan bebas keriput.

(brl/jad)

tags

STORIES