Cerah tanpa suntik putih, ini trik hilangkan noda hitam di wajah kusam pakai 1 umbi-umbian

Cerah tanpa suntik putih, ini trik hilangkan noda hitam di wajah kusam pakai 1 umbi-umbian

Brilio.net - Kemunculan noda hitam di area wajah adalah salah satu masalah yang sering kali mengganggu banyak individu. Selain membuat warna kulit menjadi tidak merata, noda hitam ini akan mengurangi kecerahan kulit dan memberikan kesan kotor dan kusam. Nah, noda hitam di wajah umumnya muncul dalam bentuk flek hitam atau bekas jerawat.

Noda hitam yang muncul akibat bekas jerawat sering disebut sebagai PIH (post-inflammatory hyperpigmentation). Ini disebabkan oleh proses regenerasi sel kulit baru pada area jerawat yang membawa pigmen warna berlebih naik ke lapisan atas kulit. Akibatnya, proses perbaikan jaringan kulit yang rusak akibat jerawat ini kemudian menghasilkan apa yang dikenal sebagai bekas jerawat.

Smeentara itu, flek pada wajah adalah bercak gelap berwarna cokelat kehitaman yang dipicu oleh sinar matahari. Sinar ultraviolet, terutama dari gelombang UVB, memiliki sifat merusak yang dapat memberi efek terbakar dan merangsang sel melanosit dalam kulit membentuk melanin lebih cepat untuk melindungi kulit dari kerusakan. Nah, produksi melanin yang bertumpuk ini akan muncul ke permukaan kulit sebagai flek hitam.

Apabila kamu dihadapkan pada masalah noda hitam seperti di atas, kamu nggak usah bingung. Pasalnya, kamu bisa mencoba mengatasinya dengan memanfaatkan bahan alami berkhasiat yang efektif sebagai solusi alternatif mengatasinya. Salah satu dengan menggunakan campuran buah bit, tepung beras, dan madu sebagaimana dibagikan oleh @mayankgandhi25 di Instagram, dilansir briliobeauty.net pada Kamis (16/11).

Cerah tanpa suntik putih  Instagram

foto: freepik.com

Buah bit adalah sayuran dengan senyawa antioksidan kuat seperti betalain dan vitamin C. Kedua senyawa ini dapat membantu mengatasi kerusakan akibat sinar UV dan mengurangi terbentuknya hiperpigmentasi pada kulit. Selain itu, kandungan zat besi dan vitamin B dalam buah bit juga secara aktif bekerja meningkatkan sirkulasi darah ke kulit yang dapat mendukung regenerasi sel-sel kulit menjadi lebih sehat.

Cerah tanpa suntik putih  Instagram

foto: freepik.com

Tepung beras mengandung asam kojat yang dapat membantu mencerahkan kulit dan mengurangi hiperpigmentasi. Selain itu, tepung beras juga mengandung antioksidan yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan radikal bebas. Tepung beras juga memiliki sifat eksfoliasi yang lembut, sehingga dapat membersihkan kulit dan membuatnya tampak lebih segar dan bercahaya.

Cerah tanpa suntik putih  Instagram

foto: freepik.com

Madu sejatinya mengandung banyak komponen antioksidan, seperti vitamin C dan vitamin E, yang membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak kulit. Antioksidan ini juga membantu mencerahkan kulit dan memberikan kilau alami. Madu juga memiliki sifat pelembap yang baik, sehingga dapat membantu menjaga kelembapan kulit dan mengurangi kekeringan, yang sering kali menyebabkan kulit terlihat kusam.

Ketiga bahan di atas bisa dimanfaatkan dengan cara sebagai berikut.

Alat dan bahan:

1. 1 Sendok makan daging buah bit
2. 1 Sendok makan tepung beras
3. Madu secukupnya
4. Wadah kecil

Langkah pengerjaan:

Cerah tanpa suntik putih  Instagram

foto: Instagram/@mayankgandhi25

1. Masukkan 1 sendok makan daging buah bit yang telah dihaluskan dalam wadah kecil.
2. Tambahkan 1 sendok makan tepung beras setelahnya.
3. Tuangkan sedikit madu murni bersama seluruh bahan tadi.
4. Aduk seluruh bahan hingga tercampur rata.
5. Aplikasikan campuran ini ke wajah secara merata sembari diusap selama beberapa saat.
6. Diamkan selama 10-15 menit sebelum dibilas hingga bersih dari residunya.
7. Gunakan secara rutin untuk mendapatkan hasil terbaik.

(brl/far)

tags

STORIES