Cuma pakai 2 bahan minuman, ini cara memutihkan siku hitam agar warna kulit lebih cerah merata

Cuma pakai 2 bahan minuman, ini cara memutihkan siku hitam agar warna kulit lebih cerah merata

Brilio.net - Kulit mulus, cerah, dan sehat adalah dambaan. Namun kenyataannya, di beberapa bagian tubuh sering kali mengalami perubahan warna menjadi lebih hitam. Salah satunya adalah siku. Tidak jarang bagian siku ini menjadi perhatian lebih karena kerap kali menghitam.

Orang yang memiliki warna kulit lebih gelap, umumnya lebih mungkin untuk mengalami siku yang menghitam. Kondisi tertentu bisa meningkatkan produksi melanin sehingga menimbulkan bintik hitam dan bercak pada kulit. Kondisi ini disebut hiperpigmentasi. Melanin adalah zat yang bertanggung jawab untuk memberi warna pada kulit.

Bagian kulit mana pun sebenarnya bisa mengalami hiperpigmentasi. Namun, siku atau lutut lebih rentan menggelap karena kurangnya perawatan dibandingkan bagian tubuh lain yang lebih menonjol, seperti wajah. Padahal, kulit di siku lebih tipis dan rentan menimbulkan reaksi buruk.

Tak dipungkiri kalau siku hitam jadi masalah bagi para wanita, lantaran dapat menurunkan rasa percaya diri. Tanpa disadari, terkadang ada beberapa penyebab siku hitam yang tidak kamu hindari. Seperti tidak menggunakan sunblock, gesekan dengan benda disekitar, kurangnya perawatan, hingga tidak melindungi kulit sekitar siku dengan pakaian panjang saat beraktivitas di luar ruangan.

Perlu adanya usaha lebih untuk menghilangkannya, untuk itu kamu perlu mengetahui cara menghilangkan siku hitam. Terlepas dari banyak penyebab siku yang menggelap, ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya.

Salah satunya adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami, seperti yang dibagikan akun TikTok @asia_anggraini pada 12 Juni 2023. Melalui video tersebut pemilik akun memberikan cara memutihkan siku hitam agar warna kulit lebih cerah merata pakai 2 bahan minuman, yaitu bubuk kopi dan teh.

"tinggal di olesin ke siku kalian aja," tulisnya sebagai keterangan video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @asia_anggraini, Rabu (5/7).

Cara memutihkan siku hitam agar warna kulit lebih cerah merata Berbagai sumber

Cara memutihkan siku hitam agar warna kulit lebih cerah merata
freepik.com

Kopi merupakan salah satu minuman yang memiliki banyak penggemar. Tak hanya bagi bapak-bapak saja, saat ini kopi juga menjadi minuman yang digandrungi semua kalangan, termasuk kaum muda. Meskipun kopi paling banyak digunakan sebagai minuman, kopi juga dapat bermanfaat sebagai obat alternatif untuk kulit. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidannya.

Kopi memiliki kandungan fenol yang membantu melawan radikal bebas. Radikal bebas jika tak ditangani dengan baik dapat menyebabkan kerusakan kulit. Faktanya, American Chemical Society telah menemukan bahwa kopi adalah sumber antioksidan paling populer di Amerika Serikat.

Sementara secangkir kopi dapat memberikan antioksidan secara internal, manfaat kopi untuk kulit dapat diperoleh secara topikal seperti dengan membuatnya menjadi masker, scrub, atau pasta dari bubuk kopi segar dan mengaplikasikannya langsung pada kulit.

Menurut American Academy of Dermatology, eksfoliasi dapat membuat kulit tampak lebih cerah karena menghilangkan lapisan atas sel kulit mati. Tak terkecuali pada siku yang menghitam. Kandungan asam dalam kopi juga bisa membantu mengangkat lapisan kulit mati lebih jauh lagi seperti halnya eksfoliator kimiawi.

Sementara teh juga bisa kamu manfaatkan untuk memutihkan siku hitam. Manfaat teh untuk kulit ini bisa diperoleh berkat kandungan kafein di dalamnya yang baik untuk mencerahkan dan mengencangkan kulit. Selain itu, teh juga mengandung gallic acid yang bersifat antioksidan sehingga dapat menekan produksi melanin di kulit. Efeknya, kulit akan tampak lebih cerah dan merata.

Cara memutihkan siku hitam agar warna kulit lebih cerah merata Berbagai sumber

Cara memutihkan siku hitam agar warna kulit lebih cerah merata
TikTok/@asia_anggraini

Dengan kedua bahan yang sudah disebutkan, kamu bisa membuatnya sebagai scrub untuk mengatasi siku menghitam. Scrub ini nantinya akan membantu mengelupas sel kulit mati penyebab siku hitam dan terkadang terasa kasar. Yuk, simak cara membuatnya.

Bahan:

1. 2 sendok makan bubuk kopi
2. 1-2 kantung teh
3. Air secukupnya

Cara memutihkan siku hitam agar warna kulit lebih cerah merata Berbagai sumber

Cara memutihkan siku hitam agar warna kulit lebih cerah merata
TikTok/@asia_anggraini

Cara membuat:

1. Campurkan bahan-bahan yang sudah disebutkan pada wadah
2. Aduk sampai tercampur merata dan bertekstur seperti pasta
3. Aplikasikan pada siku yang sudah bersih secara menyeluruh
4. Gosok-gosok dengan lembut selama 2-3 menit seperti saat menggunakan scrub pada umumnya
5. Diamkan selama 10-15 menit lalu bilas menggunakan air sampai bersih
6. Lakukan cara ini secara rutin setiap 2 hari sekali untuk hasil yang optimal.

@asia_anggraini Membalas @empreng_ tinggal di olesin ke siku kalian aja #masker #maskeralami #fyp Heyek Crew Suwung - haluallday

(brl/ola)

tags

STORIES