Cuma pakai daun herbal & susu bubuk bisa atasi flek hitam serta kerutan di wajah, ini cara mengolahnya

Cuma pakai daun herbal & susu bubuk bisa atasi flek hitam serta kerutan di wajah, ini cara mengolahnya

Brilio.net - Tak sedikit tanda penuaan yang muncul di kulit seiring bertambahnya usia. Sebut saja kerutan, garis halus, hingga flek hitamyang membandel. Kerutan adalah proses penuaan alami yang terjadi pada semua orang. Biasanya kondisi ini mulai terbentuk pada usia 30-an, yang terlihat di dahi atau sekitar mata.

Penyebab munculnya kerutan adalah melambatnya produksi kolagen dan elastin pada jaringan kulit, sehingga elastisitas dan kekenyalan kulit wajah ikut berkurang. Tak hanya itu saja, faktor eksternal seperti paparan sinar UV dari matahari, polusi, dan gaya hidup tidak sehat seperti merokok juga menjadi penyebab kulit cepat menua.

Tak hanya kerutan, flek hitam juga merupakan salah satu faktor yang menandakan bahwa kulit mulai mengalami penuaan. Masalah kulit ini paling sering disebabkan oleh paparan sinar matahari yang berlebihan. Semua orang dengan segala usia bisa mendapatkan flek hitam, tetapi kondisi ini lebih rentan dialami oleh orang yang berusia paruh baya atau lanjut usia.

Daun herbal & susu bubuk bisa atasi flek hitam serta kerutan Berbagai sumber

foto: TikTok/@missys54

Nggak perlu risau jika kamu mengalami kondisi tersebut, karena masalah itu bisa diatasi dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Seperti yang dibagikan oleh pengguna TikTok @missys54, yang menggunakan daun herbal dan susu bubuk untuk atasi kerutan dan flek hitam di wajah. Daun herbal yang dimaksud adalah daun jambubiji. Berikut cara mengolahnya, yang telah briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @missys54, Jumat (28/6).

Bahan:

Daun herbal & susu bubuk bisa atasi flek hitam serta kerutan Berbagai sumber

foto: TikTok/@missys54

- Beberapa lembar daun jambu biji muda
- 1 sendok makan susu bubuk
- Air mawar secukupnya

Cara mengolah dan menggunakan:

Daun herbal & susu bubuk bisa atasi flek hitam serta kerutan Berbagai sumber

foto: TikTok/@missys54

1. Cuci daun jambu biji sampai bersih.
2. Keringkan lalu tumbuk hingga benar-benar halus.
3. Tuangkan pada wadah kemudian tambahkan susu bubuk dan air mawar.
4. Aduk bahan-bahan tersebut sampai tercampur merata dan teksturnya seperti pasta.
5. Aplikasikan pada wajah yang sudah bersih secara menyeluruh.
6. Diamkan selama 20 menit lalu bilas menggunakan air sampai bersih.
7. Lanjutkan dengan penggunaan moisturizer.
8. Ulangi metode ini dengan rutin 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan wajah yang awet muda dan mulus bebas flek hitam.

Kandungan daun jambu biji untuk atasi penuaan kulit.

Daun jambu biji mengandung sifat antioksidan, antibakteri, dan anti-inflamasi. Daun ini kaya akan polifenol, tanin, flavonoid, karotenoid, dan senyawa tanaman terapeutik lainnya, sehingga dapat mengatasi berbagai permasalahan kesehatan dan kecantikan.

Manfaat daun jambu biji untuk wajah di antaranya adalah mengatasi jerawat, memudarkan flek hitam, dan mengencangkan kulit wajah. Ini berkat kandungan berbagai senyawa antioksidan yang melindungi kulit wajah dari paparan radikal bebas. Radikal bebas bisa menimbulkan tanda-tanda penuaan dini pada wajah, seperti kering, kendur, keriput, dan flek hitam.

Manfaat susu bubuk untuk bikin wajah awet muda dan bebas flek hitam.

Susu mengandung berbagai manfaat untuk kulit, seperti vitamin A, vitamin D, dan asam laktat. Kandungan asam laktat pada susu dipercaya mampu mencerahkan kulit dan menyamarkan flek hitam akibat hiperpigmentasi. Tak hanya itu saja, kandungan vitamin dan antioksidan di dalamnya juga efektif bikin wajah auto kencang dan awet muda.

Air mawar dapat menunda penuaan kulit.

Manfaat air mawar untuk wajah di antaranya adalah mengatasi kulit kusam, menunda penuaan kulit, dan memudarkan flek hitam. Sebab dalam air mawar terdapat kandungan vitamin A dan E yang bagus untuk kulit. Kandungan tersebut sekaligus mampu mengeksfoliasi kulit secara alami. Sifatnya yang menyegarkan dan melembapkan dapat menunda penuaan kulit.

(brl/psa)

tags

STORIES