Daun herbal ini bisa atasi bau mulut tak sedap, lebih hemat jadi pengganti obat kumur pabrikan

Daun herbal ini bisa atasi bau mulut tak sedap, lebih hemat jadi pengganti obat kumur pabrikan

Brilio.net - Bau mulut yang tidak sedap biasanya disebabkan oleh kebiasaan jarang menyikat gigi. Kondisi ini dapat menurunkan kepercayaan diri dan mengganggu kenyamanan. Dilansir dari Healthline, bau mulut yang tak sedap umumnya disebabkan oleh bakteri yang tumbuh dari sisa makanan tersangkut di gigi.

Sisa makanan itu akan melepaskan senyawa belerang yang menjadi penyebab mulut berbau asam. Jika terus dibiarkan, bakteri tersebut akan berkembang biak semakin banyak sampai membentuk plak dan mengeras menjadi karang gigi. Lebih parahnya lagi, bakteri yang terus berkembang tersebut juga bisa membuat gusi jadi infeksi dan menyebabkan sakit gigi.

Nggak hanya itu saja, bau mulut yang tak sedap juga disebabkan oleh beberapa faktor lain, seperti kebiasaan merokok, makan makanan beraroma kuat, penyakit pencernaan, hingga kondisi medis tertentu.

Nah, untuk mengatasi kondisi ini, kebanyakan orang akan menggunakan berbagai produk pabrikan untuk menyegarkan mulut. Di antaranya adalah mouth spray dan obat kumur. Obat kumur biasanya mengandung antibakteri dan penyegar mulut seperti peppermint oil, yang bermanfaat untuk menghilangkan bau mulut yang tak sedap.

Mungkin kamu bisa membeli obat kumur di pasaran dengan berbagai klaim dan harganya. Namun, kamu bisa menghemat pengeluaran dengan membuat obat kumur sendiri menggunakan bahan-bahan alami. Seperti yang dibagikan oleh salah satu pengguna TikTok dengan nama akun @clear.as.claire, yang menggunakan daun herbal untuk mengatasi bau mulut tak sedap.

Daun jambu biji bisa atasi bau mulut tak sedap Berbagai sumber

foto: TikTok/@clear.as.claire

"Daun herbal yang dimaksud adalah daun jambu biji. Yuk, simak cara membuat dan menggunakannya," tulis akun TikTok @clear.as.claire, Kamis (18/7).

Bahan:

- Segenggam daun jambu biji kering (keringkan dengan menjemur atau menggunakan alat pengering)
- 1 cup air

Daun jambu biji bisa atasi bau mulut tak sedap Berbagai sumber

foto: TikTok/@clear.as.claire

Cara membuat dan menggunakan:

1. Tumbuk daun jambu biji hingga agak halus (jangan sampai menjadi bubuk)
2. Panaskan air lalu tunggu hingga mendidih
3. Masukkan daun jambu biji yang sudah ditumbuk pada air yang mendidih
4. Masak selama 15 menit dengan api sedang hingga air berubah kecokelatan
5. Setelah itu diamkan hingga dingin
6. Saring dan ambil air rebusan daun jambu biji
7. Gunakan untuk berkumur-kumur setelah menyikat gigi
8. Lakukan cara ini dengan rutin 2 kali sehari untuk mendapatkan mulut yang bebas bau asam.

Daun jambu biji bisa atasi bau mulut tak sedap Berbagai sumber

foto: TikTok/@clear.as.claire

Kandungan dan manfaat daun jambu biji untuk menghilangkan bau mulut tak sedap.

Sebagian besar orang mengetahui bahwa daun jambu biji hanya untuk mengobati diare saja, tidak untuk manfaat lainnya. Padahal kenyataannya, daun jambu biji memiliki berbagai khasiat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut lho. Bukan tanpa alasan, daun jambu biji ternyata memiliki kandungan fitokimia yang tinggi, kaya akan antioksidan, antibakteri, serta aman dikonsumsi.

Tak hanya dapat mencegah berkembangnya plak pada gigi, daun jambu biji yang dijadikan obat kumur juga memiliki fungsi lain, yakni untuk menghilangkan bau mulut yang tidak sedap, mengobati sariawan, dan masalah mulut lainnya.

(brl/lea)

tags

STORIES