Daun penyedap masakan ini bisa hilangkan bau mulut dan sakit gigi, ini cara mengolahnya

Daun penyedap masakan ini bisa hilangkan bau mulut dan sakit gigi, ini cara mengolahnya

Brilio.net - Bau mulut yang tidak sedap umumnya disebabkan oleh kebiasaan jarang menyikat gigi dan kurangnya menjaga kebersihan mulut. Kondisi ini dapat menurunkan kepercayaan diri dan mengganggu kenyamanan penderitanya.

Dikutip dari laman Healthline, bau mulut yang tak sedap umumnya disebabkan oleh bakteri yang tumbuh karena sisa makanan tersangkut di gigi. Sisa makanan tersebut akan melepaskan senyawa belerang yang menjadi penyebab mulut jadi berbau busuk. Jika terus dibiarkan, bakteri tersebut akan berkembang biak semakin banyak, sehingga membentuk plak dan mengeras menjadi karang gigi.

Tak cuma itu saja, bakteri yang terus berkembang itu juga bisa membuat gusi jadi infeksi dan menyebabkan nyeri atau sakit gigi. Nyeri gigi ini lah yang juga akan menyebabkan masalah lainnya, seperti caries gigi dan gigi berlubang. Oleh karena itu, rutin membersihkan gigi sangatlah penting guna menjaga kesehatan dan kebersihan mulut.

Nggak sampai di situ, ternyata bau mulut yang tak sedap juga disebabkan oleh beberapa faktor lain, seperti merokok, makan makanan beraroma kuat, penyakit pencernaan, hingga kondisi medis yang serius. Nah, jika kamu salah satu orang yang mengalami kondisi ini, tak perlu risau, karena kamu bisa mengatasinya dengan memanfaatkan bahan-bahan alami.

Daun jeruk bisa hilangkan bau mulut dan sakit gigi Berbagai sumber

foto: TikTok/@resepleluhurasli

Seperti yang dibagikan oleh salah satu pengguna TikTok dengan nama akun @resepleluhurasli, yang menggunakan daun penyedap masakan untuk mengatasi bau mulut dan sakit gigi. Daun penyedap yang dimaksud adalah daun jeruk. Yuk, simak cara mengolah dan menggunakannya berikut ini, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @resepleluhurasli, Jumat (5/7).

Bahan:

- 5-7 lembar daun jeruk
- 1/2 gelas air panas

Daun jeruk bisa hilangkan bau mulut dan sakit gigi Berbagai sumber

foto: TikTok/@resepleluhurasli

Cara mengolah dan menggunakan:

1. Cuci daun jeruk sampai bersih
2. Masukkan kedalam gelas kaca
3. Tambahkan air panas lalu tutup
4. Diamkan sampai air berubah menjadi hangat
5. Gunakan untuk berkumur-kumur setiap selesai menyikat gigi
6. Ulangi metode ini dengan rutin 2 kali sehari untuk mendapatkan napas yang segar dan bebas sakit gigi.

Daun jeruk bisa hilangkan bau mulut dan sakit gigi Berbagai sumber

foto: TikTok/@resepleluhurasli

Kandungan daun jeruk untuk menghilangkan bau mulut dan mengobati sakit gigi.

Daun jeruk sendiri memiliki kandungan senyawa aktif yang bisa menjaga kesehatan gigi dan mulut. Adanya kandungan antiinflamasi dan antiseptik dalam daun penyedap ini, dipercaya mampu membersihkan gigi dan gusi secara efektif, sehingga mencegah terjadinya sakit gigi.

Selain dapat membersihkan gigi dan gusi, daun jeruk juga dapat mencegah terjadinya pembentukan karang gigi. Ini berkat kandungan asam sitrat dalam daun jeruk yang dapat membantu melarutkan plak gigi, sehingga mencegah terjadinya pembentukan karang gigi dengan baik.

Manfaat selanjutnya dari daun jeruk untuk kesehatan gigi dan mulut adalah bisa membantu dalam mengurangi bau mulut yang tidak sedap. Kandungan senyawa antibakteri yang ada di dalamnya dipercaya mampu membunuh bakteri penyebab terjadinya bau mulut yang mengganggu.

(brl/wen)

tags

STORIES