Fungsinya hampir sama, ini 7 perbedaan bahan kandungan skincare centella asiatica dan ceramide

Fungsinya hampir sama, ini 7 perbedaan bahan kandungan skincare centella asiatica dan ceramide

Brilio.net - Dunia perawatan kulit terus berkembang dengan inovasi bahan aktif yang menjanjikan. Di antara banyak pilihan, dua bahan yang semakin populer adalah centella asiatica dan ceramide. Keduanya telah menarik perhatian para ahli dermatologi dan pecinta skincare karena manfaat unik yang ditawarkan untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

Centella asiatica atau gotu kola (pegagan) adalah tanaman herbal yang telah digunakan dalam pengobatan tradisional Asia selama berabad-abad. Penelitian terbaru yang dipublikasikan dalam Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology mengungkapkan bahwa ekstrak centella asiatica kaya akan senyawa bioaktif yang memiliki sifat penyembuhan, antiinflamasi, dan antioksidan.

Adanya kandungan tersebut mampu merangsang produksi kolagen, sehingga bisa mencegah penuaan dini pada wajah, dan menenangkan kulit sensitif. Sementara itu, ceramide adalah lipid alami yang berperan penting dalam mempertahankan fungsi barier kulit. Menurut studi yang dimuat dalam Journal of Investigative Dermatology, ceramide membantu mencegah dehidrasi kulit dan melindunginya dari faktor lingkungan yang merusak.

Sementara itu, penggunaan produk skincare yang mengandung ceramide dapat membantu mengembalikan keseimbangan lipid kulit, terutama bagi mereka yang memiliki kulit kering atau sensitif. Centella asiatica dan ceramide memiliki kegunaan yang hampir sama yaitu mengatasi tanda-tanda penuaan pada wajah.

Meski punya fungsi yang hampir sama, centella asiatica dan ceramide memiliki perbedaan. Berikut ini tujuh perbedaan bahan skincare centella asiatica dan ceramide yang perlu kamu ketahui, sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari berbagai sumber,Kamis (8/8).

1. Asal bahan.

kandungan skincare centella asiatica  2024 freepik.com

foto: freepik.com

Kedua bahan skincare tersebut berasal dari bahan yang berbeda. Centella asiatica terbuat dari tumbuhan herbal, sedangkan ceramide berasal dari lipid alami yang diproduksi oleh tubuh dan dapat disintesis di laboratorium.

2. Fungsi utama.

Dari segi fungsi utama, centella asiatica dipercaya mampu mempercepat penyembuhan dan regenerasi sel kulit, sehingga wajah jadi lebih cerah dan bersih. Sementara itu, ceramide berguna memperkuat barrier kulit dan mempertahankan kelembaban.

3. Kandungan aktif.

kandungan skincare centella asiatica  2024 freepik.com

foto: freepik.com

Perbedaan lainnya terletak pada bahan kandungan aktif. Centella asiatica diklaim kaya akan triterpenoid, seperti madecassoside dan asiaticoside. Di sisi lain, ceramide ini lebih simpel, karena hanya terdiri dari molekul sphingolipid.

4. Manfaat antiaging.

Centella asiatica dan ceramide memiliki kesamaan yaitu berguna sebagai antiaging. Namun antiaging dari kedua bahan ini memiliki cara kerja yang berbeda. Centella asiatica bekerja dengan cara merangsang produksi kolagen dan elastin. Sementara ceramide bekerja dengan cara mengurangi munculnya garis halus dengan meningkatkan hidrasi kulit.

5. Efek pada kulit berjerawat.

kandungan skincare centella asiatica  2024 freepik.com

foto: freepik.com

Tak cuma untuk antiaging saja, centella asiatica dan ceramide juga sering digunakan untuk mengatasi jerawat. Centella asiatica selalu diandalkan lantaran memiliki sifat antiinflamasi yang dapat meredakan jerawat. Sedangkan ceramide membantu menyeimbangkan produksi sebum tanpa menyumbat pori-pori.

6. Tekstur produk.

Pada bagian tekstur, centella asiatica sering ditemukan dalam produk bertekstur ringan, seperti essence atau serum. Kemudian, ceramide umumnya ada dalam krim atau lotion yang lebih kental.

7. Kesesuaian jenis kulit.

Saat digunakan pada wajah, kedua kandungan tersebut harus disesuaikan dengan jenis kulit yang dimiliki. Centella asiatica cocok untuk semua jenis kulit, terutama kulit sensitif dan bermasalah. Sedangkan, ceramide ideal digunakan untuk kulit kering, sensitif, atau kulit yang mengalami kerusakan barrier.

Memilih produk yang tepat

Ketika memilih produk skincare yang mengandung centella asiatica atau ceramide, penting untuk mempertimbangkan kebutuhan kulit kamu. Bagi kamu yang kulitnya mudah iritasi atau mengalami kemerahan, produk dengan centella asiatica bisa menjadi pilihan yang baik.

Sementara itu, ceramide sangat bermanfaat bagi mereka yang memiliki masalah dengan barrier kulit atau dehidrasi. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan produk skincare yang menggabungkan kedua bahan yaitu centella asiatica dan ceramide.

(brl/mal)

tags

STORIES