Glowing tanpa krim pemutih, ini trik bikin serum hempas flek hitam pakai 1 jenis bumbu dapur

Glowing tanpa krim pemutih, ini trik bikin serum hempas flek hitam pakai 1 jenis bumbu dapur

Brilio.net - Sinar matahari dikenal sebagai sumber utama stimulasi vitamin D dalam tubuh manusia. Paparan sinar matahari tidak hanya memicu produksi vitamin D, tetapi juga membantu penyerapan kalsium dan menjaga kesehatan tulang. Tubuh manusia menjadi lebih sehat karena perawatan yang baik terhadap tulang dan sistem kekebalan tubuh.

Walaupun sinar matahari memiliki manfaat yang signifikan, ternyata juga dapat menyebabkan berbagai masalah kulit. Salah satu permasalahan itu adalah munculnya flek hitam - istilah yang menunjukkan munculnya bercak gelap pada kulit. Kondisi ini membuat kulit menjadi kusam, sehingga terlihat kotor dan tidak cerah.

Flek pada dasarnya muncul dari proses hiperpigmentasi yang ditandai oleh penumpukan melanin. Nah, paparan sinar UV dari matahari berperan penting dalam masalah ini karena sinar tersebut merangsang percepatan produksi sel melanosit pada kulit. Kemudian, hal ini akan memicu pembentukan melanin yang perlahan menumpuk di permukaan kulit. Akibatnya, terbentuklah flek hitam di area yang terpapar sinar matahari.

Akan tetapi, kamu nggak usah khawatir kok. Pasalnya, kamu bisa memanfaatkan bahan alami sebagai solusi alternatif untuk mengatasi masalah kulit kusam dan flek hitam akibat pigmentasi tersebut. Ada beberapa bahan alami yang dapat mengatasi permasalahan wajah satu ini. Seperti yang dibagikan akun Instagram @beautywithsunanda0795, dilansir briliobeauty.net pada Sabtu (18/11).

Pada unggahannya, si pemilik akun membeberkan beberapa bahan alami yang ampuh mengatasi flek hitam, yakni campuran kunyit dan minyak zaitun.

serum hempas flek hitam  Instagram

serum hempas flek hitam
freepik.com

Kunyit adalah rempah dapur yang dikenal mengandung zat antioksidan dan antiinflamasi yang tinggi, seperti kurkumin. Senyawa kurkumin memiliki kemampuan yang dapat membantu mengurangi produksi melanin berlebih, sehingga dapat membantu mencerahkan kulit. Selain itu, kunyit juga memiliki sifat antibakteri yang secara aktif dapat pula melawan polusi dan kotoran yang menempel di kulit.

serum hempas flek hitam  Instagram

serum hempas flek hitam
freepik.com

Minyak zaitun kaya akan kandungan asam lemak tak jenuh, vitamin E, dan polifenol, yang semuanya memberikan manfaat besar pada kulit. Kandungan vitamin E dan polifenol dalam minyak zaitun berperan sebagai antioksidan yang membantu memperkuat skin barrier dan melindunginya dari pengaruh eksternal yang memicu pigmentasi kulit. Selain itu, minyak zaitun juga dapat membantu meluruhkan kotoran dari kulit, sehingga membuat wajah lebih bersinar.

Kedua bahan di atas ini bisa kamu gunakan dengan cara sebagai berikut.

Alat dan bahan:

1. 1/2 mangkuk kecil minyak zaitun
2. 1 sendok teh bubuk kunyit
3. Wadah kecil

Langkah pengerjaan:

serum hempas flek hitam  Instagram

serum hempas flek hitam
Instagram/@beautywithsunanda0795

1. Tuangkan 1/2 mangkuk kecil minyak zaitun dalam wadah bersih
2. Tambahkan 1 sendok teh bubuk kunyit
3. Aduk seluruh bahan hingga keduanya tercampur rata
4. Oleskan racikan ini ke wajah yang bersih secara menyeluruh
5. Pijatlah selama 2-3 menit, lalu diamkan beberapa saat sebelum dibasuh bersih
6. Gunakan secara rutin setiap malam untuk mendapatkan hasil maksimal.

(brl/ola)

tags

STORIES