Jadi awet muda bak umur 18 tahun, begini cara hempas kulit keriput pakai 1 jenis biji-bijian

Jadi awet muda bak umur 18 tahun, begini cara hempas kulit keriput pakai 1 jenis biji-bijian

Brilio.net - Seiring berjalannya waktu, setiap manusia akan mengalami proses penuaan. Salah satu organ yang terdampak dari proses tersebut adalah kulit. Proses penuaan pada kulit disebabkan karena penurunan produksi kolagen dan elastin sebagai komponen penting yang menyusun kekuatan dan elastisitas kulit. Hal inilah yang kemudian menyebabkan kulit kehilangan kemampuannya untuk menjaga kelembapan dan kekenyalan, sehingga jadi tampak kering dan muncul tanda-tanda penuaan seperti keriput dan garis-garis halus.

Meskipun merupakan proses alami, nyatanya penuaan ini bisa terjadi lebih cepat jika seseorang secara konstan terkena paparan sinar ultraviolet (UV), polusi, hingga kebiasaan hidup yang buruk seperti sering merokok. Hal ini dikarenakan paparan sinar ultraviolet (UV) dan polusi sejatinya memiliki komponen yang dapat merusak struktur kolagen dan elastin dalam kulit. Sementara itu, kebiasaan merokok dapat meningkatkan produksi radikal bebas di dalam tubuh, yang pada gilirannya dapat menyebabkan kerusakan kulit dan munculnya keriput.

Meskipun tidak dapat dihindari, intensitas penuaan sebenarnya dapat dikurangi lho. Salah satu triknya adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami yang mengandung komponen yang bermanfaat melawan tanda-tandanya. Beberapa bahan alami tersebut adalah dengan memanfaatkan flaxseed (biji rami) dan aloe vera sebagaimana diperagakan oleh @skinhaircare_1720 di Instagram, dilansir briliobeauty.net pada Selasa (8/8).

awet muda bak umur 18 tahun  Instagram

foto: freepik.com

Flaxseed, atau biji rami, merupakan sumber asam lemak omega-3, serat, vitamin E, dan antioksidan yang tinggi. Komponen asam lemak omega-3 dapat membantu menjaga keseimbangan lipid pada kulit sehingga meningkatkan kelembapan dan kehalusannya. Sementara itu, kandungan serat pada flaxseed merupakan bahan yang efektif membersihkan kotoran di kulit sehingga dapat meningkatkan kondisi kulit. Plus, senyawa vitamin E di dalamnya juga merupakan antioksidan yang baik dalam melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan paparan sinar UV.

awet muda bak umur 18 tahun  Instagram

foto: freepik.com

Aloe vera telah lama dikenal sebagai bahan alami yang sangat bermanfaat untuk kulit. Gel dari daun aloe vera mengandung mengandung senyawa anti-inflamasi yang membantu mengurangi peradangan pada kulit dan meredakan kerusakan akibat paparan sinar matahari. Di sisi lain, kandungan asam amino dan vitamin dalam aloe vera membantu merangsang produksi kolagen dan elastin, yang penting untuk menjaga elastisitas dan kelembapan kulit.

Nah, kedua bahan di atas ini bisa kamu gunakan dengan cara sebagai berikut.

Alat dan bahan:

1. Biji rami/flaxseed secukupnya
2. 1 sendok makan gel aloe vera
3. 1 kapsul vitamin E (opsional)
4. Larutan gliserin (opsional)
5. Wadah dan jar kecil.

awet muda bak umur 18 tahun  Instagram

foto: Instagram/@skinhaircare_1720

Langkah pengerjaan:

1. Rebuslah sejumlah biji rami/flaxseed selama 10-15 menit hingga mengeluarkan lendir.
2. Saringlah gel dari flaxseed tersebut dalam sebuah tempat terpisah.
3. Masukkan 1 sendok makan gel aloe vera ke dalam wadah kecil.
4. Tambahkan gel hasil saringan flaxseed tadi sebanyak 2-3 sendok makan.
5. Bila ada, tuangkan isi 1 kapsul vitamin E dan sedikit larutan gliserin.
6. Aduk seluruh bahan hingga tercampur rata.
7. Aplikasikan secara merata ke wajah secara rutin sebagai pelembap.

View this post on Instagram

A post shared by @skinhaircare_1720

(brl/wen)

tags

STORIES