Jangan asal, cewek ini bagikan cara eksfoliasi wajah yang tepat agar kulit antiiritasi

Jangan asal, cewek ini bagikan cara eksfoliasi wajah yang tepat agar kulit antiiritasi

Brilio.net - Eksfoliasi wajah adalah langkah penting dalam rutinitas perawatan kulit yang sering kali terabaikan. Proses ini melibatkan pengangkatan sel-sel kulit mati dari permukaan kulit.

Meskipun manfaat eksfoliasi sangat besar, teknik yang digunakan dalam proses ini menentukan efektivitas dan keamanan perawatan kulit. Menggunakan teknik eksfoliasi yang tepat tidak hanya meningkatkan penampilan kulit, tetapi juga mencegah potensi iritasi dan kerusakan pada skin barrier.

Selain untuk mengangkat sel-sel kulit mati, eksfoliasi wajah juga dapat membuka pori-pori dan meningkatkan penyerapan produk perawatan kulit lain. Dengan menghilangkan lapisan sel kulit mati yang menumpuk, eksfoliasi dapat mengurangi tampilan kusam, mencerahkan kulit, dan memperbaiki tekstur kulit secara keseluruhan.

Namun, penting untuk melakukan eksfoliasi dengan teknik yang tepat agar manfaatnya maksimal dan meminimalkan risiko iritasi. Pasalnya, jika dilakukan secara asal, bukannya mendapatkan wajah yang halus dan cerah, kamu justru akan mengalami iritasi, kemerahan, hingga kulit yang mengelupas.

Agar hal itu tidak terjadi, kamu bisa menyimak cara eksfoliasi wajah yang tepat agar kulit tidak iritasi. Seperti dibagikan pengguna TikTok dengan nama akun @gatauwkwk33. Lewat unggahannya tersebut, ia membagikan step by step cara eksfoliasi wajah agar hasilnya optimal.

Cara eksfoliasi wajah yang tepat agar kulit anti iritasi TikTok

foto: TikTok/@gatauwkwk33

Di awal video, pemilik akun yang diketahui bernama Farah itu, membeberkan beberapa poin yang perlu diperhatikan sebelum melakukan eksfoliasi wajah. Di antaranya adalah, jangan melakukan eksfoliasi saat kulit dalam kondisi berjerawat dan meradang. Ini justru akan membuat kulit semakin iritasi.

Poin selanjutnya, pastikan jangan melakukan over eksfoliasi. Sebaiknya lakukan hanya 2 kali dalam seminggu, agar skin barrier tidak rusak. Terakhir, setelah proses eksfoliasi, jangan menggunakan skincare yang memiliki bahan aktif kuat seperti retinol dan vitamin C.

Tak hanya itu, Farah juga membagikan tips melakukan eksfoliasi yang aman. Pertama, pastikan kulit bersih dan lembap sebelum melakukan eksfoliasi. Gunakan produk cleansing yang gentle dan melembapkan. Setelah itu, gunakan produk eksfoliasi yang cocok dengan jenis kulit kamu.

Cara eksfoliasi wajah yang tepat agar kulit anti iritasi TikTok

foto: TikTok/@gatauwkwk33

"Setelah cuci muka, keringkan dg tisu baru den layer serum exfo ini, ga usah lama" cukup 60 detik, lalu bilas dg air, tdk perlu sabun lagi," kata Farah dalam unggahannya, yang dikutip briliobeauty.net, Kamis (15/8).

Setelah proses eksfoliasi selesai, lanjutkan dengan menggunakan toner yang melembapkan. Misalnya seperti toner dengan kandungan hyaluronic acid. Lalu, gunakan pelembap atau moisturizer agar kulit tetap kenyal dan lembap.

Cara eksfoliasi wajah yang tepat agar kulit anti iritasi TikTok

foto: TikTok/@gatauwkwk33

Selanjutnya, kamu bisa menggunakan serum dengan kandungan centella asiatica yang menenangkan kulit. Terakhir, aplikasikan sunscreen dan re-apply setiap 2 jam sekali.

(brl/jad)

tags

STORIES