Jangan buru-buru dibuang, cewek ini manfaatkan 4 skincare tak cocok di wajah untuk cerahkan siku hitam

Jangan buru-buru dibuang, cewek ini manfaatkan 4 skincare tak cocok di wajah untuk cerahkan siku hitam

Brilio.net - Produk perawatan wajah atau skincare diciptakan untuk mengatasi berbagai masalah wajah, mulai kulit kering, berminyak, jerawatan, dan masih banyak kegunaannya. Namun tak semua orang cocok dengan produk skincare yang dibelinya. Ketidakcocokan ini bisa disebabkan oleh formula produk yang nggak sesuai dengan jenis kulit wajah.

Produk skincare yang tak cocok di wajah, bila digunakan terus justru bikin masalah kulit kamu jadi semakin parah. Tak ingin menimbulkan masalah berlebih, terkadang sejumlah orang memilih untuk memberikan kepada teman atau kenalan yang memang cocok dengan skincare tersebut. Sebagian yang lainnya memutuskan untuk membuangnya begitu saja.

Padahal membuang skincare begitu saja -apalagi produk masih terisi penuh- sangat disayangkan bukan? Ditambah harga skincare yang nggak murah, bisa dibanderol mulai puluhan hingga ratusan ribu. Agar tak terbuang percuma, kamu bisa memanfaatkan produk skincare untuk perawatan tubuh lainnya, seperti mengatasi siku hitam.

Briliobeauty.net melansir dari Healthline.com, siku hitam terjadi ketika warna siku kamu lebih gelap dibandingkan dengan area lengan lainnya. Siku hitam bisa disebabkan oleh hiperpigmentasi, pil KB, peradangan akibat cedera, melasma (bintik hitam) akibat kehamilan, dan sebagainya. Penyebab lain karena kurangnya perawatan di area siku, bila dibandingkan dengan bagian tubuh lain seperti wajah.

Dengan demikian, kamu bisa memakai produk skincare wajah yang tak terpakai untuk perawatan siku. Sebagaimana yang dilakukan oleh beauty vlogger TikTok @vivianvil. Lewat unggahan videonya, dia memakai produk skincare seperti face wash, peeling serum, toner eksfoliasi, dan micellar water.

cewek ini manfaatkan 4 skincare tak cocok di wajah berbagai sumber

foto: TikTok/@vivianvil

Produk pertama yaitu face wash atau sabun pencuci wajah. Bila kamu punya face wash yang nggak cocok buat wajah, coba dipakai untuk siku hitam. Kegunaan pembersihkan muka ini adalah untuk mengangkat kotoran yang menempel di siku agar mendapatkan hasil optimal. Produk ini juga bisa menggantikan fungsi sabun mandi.

Produk yang kedua yaitu peeling serum yang digunakan untuk mengangkat lapisan kulit mati, serta memungkinkan penetrasi dan penyerapan efisien dari produk perawatan kulit lainnya. Caranya cukup mudah yaitu oleskan di siku tangan. Gosok-gosok secara perlahan dan tunggu selama 15 menit hingga meresap.

"Fungsinya sebagai eksfoliasi kulit, kalau nggak cocok dimuka bisa kalian pakai di badan di area yang gelap," ujar Vivian.

cewek ini manfaatkan 4 skincare tak cocok di wajah berbagai sumber

foto: TikTok/@vivianvil

Produk ketiga yang dipakai adalah micellar water. Jika tidak cocok dipakai di wajah, kamu bisa aplikasikan untuk membersihkan siku yang hitam, daun telinga, dan leher. Lakukan perawatan secara berkala untuk mendapatkan warna kulit kembali seperti semula.

Sementara itu, produk keempat yaitu eksfoliasi toner yang bisa kamu gunakan mengatasi siku hitam. Selain melembapkan siku agar lembut, kamu juga perlu mengeksfoliasi kulit dan mencegah penumpukan sel kulit mati. Kamu bisa melakukan perawatan ini sekali atau dua kali seminggu. Caranya sediakan kapas dan semprotkan toner. Lalu, gosokkan di bagian siku atau lutut yang hitam.

"Kalau kebanyakan skincare nggak cocok itu tuh masih bisa dipakai ke bagian badan jadi daripada dibuang, bisa kalian alih fungsikan ke bagian yang lain," jelasnya.

cewek ini manfaatkan 4 skincare tak cocok di wajah berbagai sumber

foto: TikTok/@vivianvil

Bahan dapur dan makanan untuk mengatasi siku hitam.

Perawatan sederhana di rumah bisa jadi solusi untuk meringankan masalah siku hitam ini. Pertama, selain harganya relatif murah, perawatan ini tidak menimbulkan efek samping. Berikut beberapa perawatan sederhana yang bisa kamu lakukan:

1. Lidah Buaya.

Sebuah studi dari Shariqu A Ali, dkk. menyarankan bahwa lidah buaya dapat mencerahkan kulit. Hal ini disebabkan oleh proses yang disebut stimulasi reseptor alfa adrenergik, yang terjadi ketika kamu mengoleskan lidah buaya tersebut ke kulit. Carilah gel atau lotion yang mengandung lidah buaya dan oleskan dua kali sehari.

2. Baking soda.

Baking soda memiliki sifat yang membantu mengelupaskan kulit sekaligus mencerahkan siku yang gelap. Caranya tuang satu sendok teh baking soda ke wadah, tambahkan air kemudian aduk sampai rata. Terakhir aplikasikan langsung ke bagian siku yang hitam. Biarkan selama 15 menit baru kemudian bilas. Lakukan perawatan ini dua kali seminggu, dan hindari penggunaan baking soda untuk wajah.

3. Lemon.

Lemon bukan bahan baru lagi untuk mengatasi masalah di kulit. Kandungan sitrus di dalam buah ini terbukti bisa mengatasi siku hitam, lho. Cukup peras sari buah lemon ke dalam cangkir. Kemudian, gunakan kapas untuk mengoleskannya ke siku. Kamu bisa mengulangi proses ini setiap hari.

4. Outmeal dan yogurt.

Baik oatmeal maupun yogurt memiliki kelebihan menenangkan dan melembapkan kulit kering. Caranya campurkan oatmeal dan yogurt dengan perbandingan yang sama, lalu aduk rata. Oleskan ke siku dan diamkan sampai 20 menit.

5. Bubuk kunyit.

Terakhir ada kunyit yang bila dihaluskan bisa mengatasi berbagai kondisi kulit. Caranya campurkan bubuk kunyi dengan air, lalu oleskan langsung ke siku. Diamkan hingga 10 menit baru kemudian dibilas.

@vivianvil Lakuin cara ini kalau kalian ga cocok sama produk #beautytips #skincaretips #gayaditiktok original sound - Vivianvil

(brl/psa)

tags

STORIES