Jangan dipencet, ini cara hilangkan jerawat biar nggak balik lagi pakai 1 jenis buah

Jangan dipencet, ini cara hilangkan jerawat biar nggak balik lagi pakai 1 jenis buah

Brilio.net - Jerawat adalah masalah kulit yang terjadi akibat penyumbatan pori-pori oleh kotoran, sebum, dan sel kulit mati yang terinfeksi oleh bakteri propionibacterium acnes. Hal ini menyebabkan pori-pori kulit pun merespon dengan melepaskan zat-zat kimia pro-inflamasi, seperti prostaglandin dan leukotrien. Akibatnya, terbentuklah jerawat yang membengkak dan terasa sakit.

Apabila tidak ditangani dengan baik, peradangan jerawat dapat mengakibatkan konsekuensi negatif lainnya bagi kesehatan kulit. Salah satunya adalah risiko jerawat menjadi luka yang meninggalkan bekas. Soalnya, peradangan yang terus berlanjut dapat merusak dinding folikel kulit. Jika folikel pecah, hal ini akan berujung pada kerusakan jaringan yang lebih luas dan menyebabkan terbentuknya luka yang dalam.

Jangan sesekali memencet jerawat karena berpotensi besar merusak lapisan pelindung kulit dan memicu timbulnya peradangan yang lebih buruk. Untuk mengatasi masalah jerawat, kamu bisa memanfaatkan bahan alami sebagai solusi alternatif. Salah satunya menggunakan campuran stroberi, madu, dan lemon, sebagaimana dibagikan oleh @creative_explained melalui Instagram yang dilansir briliobeauty.net pada Jumat (29/9).

 jerawat biar nggak balik lagi  Instagram

foto: freepik.com

Stroberi adalah buah yang mengandung banyak nutrisi seperti vitamin C, antioksidan, dan asam salisilat. Kandungan vitamin C dalam stroberi membantu merangsang produksi kolagen, yang penting untuk memperbaiki jaringan kulit yang rusak akibat jerawat. Antioksidan dalam stroberi melindungi kulit dari kerusakan radikal bebas dan membantu mengurangi peradangan pada jerawat. Selain itu, asam salisilat yang terdapat dalam stroberi dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan membuka pori-pori yang tersumbat, mengurangi kemunculan jerawat.

 jerawat biar nggak balik lagi  Instagram

foto: freepik.com

Madu memiliki sifat antimikroba yang kuat, sehingga dapat membantu melawan bakteri penyebab jerawat. Sifat antiinflamasi madu juga membantu mengurangi peradangan pada jerawat dan meredakan kemerahan kulit. Selain itu, madu juga mengandung enzim dan asam lembut yang membantu mengangkat sel-sel kulit mati, menjadikannya sebagai eksfolian alami yang lembut. Dengan demikian, madu dapat membantu membersihkan pori-pori yang tersumbat dan mencegah jerawat baru.

 jerawat biar nggak balik lagi  Instagram

foto: freepik.com

Lemon mengandung vitamin C yang tinggi dan asam sitrat, yang memiliki sifat astringen. Vitamin C membantu merangsang produksi kolagen, yang diperlukan untuk regenerasi kulit yang lebih baik. Sementara itu, sifat astringen ekstrak lemon membantu mengencangkan pori-pori kulit, mengurangi minyak berlebih, dan mencegah penyumbatan pori-pori yang dapat menyebabkan jerawat.

Untuk mendapatkan manfaat efektif dari ketiga bahan alami tersebut, kamu cuma perlu mengikuti sedikit langkah di bawah ini:

Alat dan bahan:

1. 1 buah stroberi
2. 1-2 sendok teh madu
3. Air perasan lemon secukupnya
4. 1 mangkuk bersih
5. Kapas secukupnya

Cara pembuatan:

 jerawat biar nggak balik lagi  Instagram

foto: Instagram/creative_explained

1. Ambillah 1 buah stroberi dan lepaskan daun dan tangkainya.
2. Masukkan stroberi ke dalam mangkuk yang ada dan hancurkan hingga halus menggunakan garpu.
3. Masukkan 1-2 sendok teh madu dan sedikit perasan lemon ke dalam wadah tadi.
4. Aduk seluruh bahan hingga tercampur rata.
5. Setelah rata, celupkan kapas ke dalam mangkuk berisi campuran tadi dan aplikasikan ke muka dengan gerakan memutar.
6. Diamkan selama 10 menit, kemudian bilaslah menggunakan air bersih.
7. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

(brl/wen)

tags

STORIES