Jangan langsung dibuang, ini trik manfaatkan susu kadaluwarsa untuk perawatan kulit wajah

Jangan langsung dibuang, ini trik manfaatkan susu kadaluwarsa untuk perawatan kulit wajah

Brilio.net - Susu adalah salah satu produk pangan yang banyak dikonsumsi sehari-hari karena kandungan nutrisinya yang tinggi. Namun, seperti produk makanan lainnya, susu memiliki tanggal kedaluwarsa yang penting untuk diperhatikan. Mengonsumsi susu yang telah kedaluwarsa dapat berisiko bagi kesehatan, menyebabkan masalah pencernaan, hingga keracunan makanan.

Setelah tanggal kedaluwarsa, susu mulai kehilangan kesegarannya dan menjadi rentan terhadap pertumbuhan bakteri berbahaya. Salah satu jenis bakteri yang sering ditemukan dalam susu yang sudah kedaluwarsa adalah Escherichia coli atau Salmonella, yang dapat menyebabkan keracunan makanan jika dikonsumsi.

Susu yang telah kadaluwarsa mengalami perubahan baik dari segi rasa, aroma, maupun tekstur. Salah satu tanda utama susu yang sudah tidak layak dikonsumsi adalah munculnya bau asam yang tajam. Selain itu, teksturnya akan menjadi lebih kental dan bergumpal, akibat proses fermentasi alami yang dilakukan oleh bakteri.

Kebanyakan orang, biasanya akan langsung membuang susu kedaluwarsa begitu saja. Padahal, susu kedaluwarsa ternyata bisa dimanfaatkan untuk perawatan kulit wajah lho.

Trik manfaatkan susu kadaluwarsa untuk perawatan kulit wajah Berbagai sumber

foto: TikTok/@msshiandmrhe

Seperti yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @msshiandmrhe, yang memakai susu cair kedaluwarsa ditambah beras dan madu. Begini cara meracik dan menggunakannya, yang briliobeauty.net lansir pada Minggu (6/10).

Bahan:

- 1/4 cup beras (cuci bersih)
- 1 cup susu kadaluwarsa
- 3/4 cup air
- Madu secukupnya

Trik manfaatkan susu kadaluwarsa untuk perawatan kulit wajah Berbagai sumber

foto: TikTok/@msshiandmrhe

Cara meracik dan menggunakan:

1. Tuangkan beras, susu, dan air pada panci
2. Masak hingga air menyusut dan beras lunak
3. Matikan kompor, lalu masukkan campuran beras dan susu yang sudah dimasak pada blender
4. Blender bahan tersebut sampai benar-benar lembut seperti pasta (kamu juga bisa menyaringnya menggunakan kain untuk mendapatkan tekstur yang lebih lembut)
5. Pindahkan pada wadah bersih, dan tambahkan madu
6. Aduk sampai tercampur merata
7. Aplikasikan pada wajah yang sudah bersih secara menyeluruh
8. Tempelkan rice paper untuk memberikan kesan bak sheet mask
9. Diamkan selama 10 menit
10. Bilas menggunakan air sampai bersih.

Trik manfaatkan susu kadaluwarsa untuk perawatan kulit wajah Berbagai sumber

foto: TikTok/@msshiandmrhe

Kandungan susu kedaluwarsa untuk merawat kecantikan kulit wajah.

Susu kedaluwarsa, meskipun tidak aman untuk diminum, ternyata masih memiliki manfaat untuk perawatan kecantikan wajah. Salah satu alasannya adalah karena kandungan asam laktat di dalam susu, yang meningkat seiring proses fermentasi alami setelah kadaluwarsa.

Asam laktat dikenal sebagai eksfoliator alami yang lembut, yang dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati, membersihkan pori-pori, dan merangsang regenerasi sel kulit baru. Selain itu, kandungan vitamin dan mineral dalam susu, seperti kalsium dan protein, masih bisa bermanfaat untuk melembapkan dan menutrisi kulit.

Manfaat beras untuk menjaga kecantikan kulit wajah.

Beras mengandung vitamin E, asam amino, dan antioksidan yang membantu melindungi kulit dari radikal bebas serta mencegah penuaan dini. Air beras, misalnya, mengandung inositol, yang dikenal mampu meningkatkan pertumbuhan sel dan memperbaiki kerusakan pada kulit, membuat kulit lebih halus dan cerah.

Madu efektif bikin wajah lembap dan ternutrisi.

Madu efektif melembapkan dan menutrisi wajah karena sifatnya yang humektan. Yaitu kemampuannya yang mampu menarik dan mengunci kelembapan di dalam kulit. Selain itu, madu kaya akan enzim, antioksidan, serta vitamin seperti B dan C yang membantu memperbaiki dan menutrisi kulit dari dalam.

Kandungan antibakteri dan anti-inflamasi alami pada madu juga membantu menenangkan kulit yang meradang atau iritasi, sambil melindungi dari bakteri penyebab jerawat.

(brl/lea)

tags

STORIES