Jerawat auto kabur, ini cara ubah 1 bumbu masak jadi acne spot agar wajah kinclong dalam semalam

Jerawat auto kabur, ini cara ubah 1 bumbu masak jadi acne spot agar wajah kinclong dalam semalam

Brilio.net - Ketika berbicara mengenai kondisi wajah yang ideal, semua orang tentunya menginginkan kulit yang glowing dan bebas dari berbagai masalah. Namun, hal ini tidaklah mudah karena ada banyak sekali faktor internal maupun eksternal yang dapat memicu munculnya berbagai problematika pada wajah. Salah satu permasalahan umum yang bisa muncul pada remaja maupun orang dewasa ada jerawat.

Meskipun tidak berbahaya secara medis, jerawat tentunya dapat mempengaruhi kepercayaan diri dan kenyamanan seseorang. Jerawat sendiri merupakan hasil penumpukan minyak, sel-sel kulit mati, dan bakteri di pori-pori kulit yang tersumbat. Dalam prosesnya, jerawat akan menyebabkan peradangan dan pembentukan benjolan merah yang pastinya menimbulkan rasa tidak nyaman.

Pembentukan jerawat inipun dapat diperparah oleh beberapa faktor, mulai dari paparan sinar UV dan polusi yang berlebihan, perubahan hormon pada tubuh, hingga pola hidup yang tidak sehat sekalipun. Nah, salah satu metode umum yang digunakan banyak orang untuk mengatasi jerawat adalah menggunakan obat totol jerawat (acne-spot treatment).

Kamu bisa lho membuat obat totol sendiri menggunakan beberapa bahan alami yang tentunya mudah ditemukan. Salah satunya dicontohkan oleh @priya.creations09 di Instagram yang menggunakan campuran kunyit bubuk dengan aloe vera dan air mawar.

bumbu masak jadi acne spot  Instagram

foto: freepik.com

Bubuk kunyit memiliki manfaat luar biasa untuk kulit. Selain digunakan sebagai bahan dasar untuk memasak, bumbu kunyit mengandung senyawa aktif yang disebut kurkumin, yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan.

Senyawa ini membantu mengurangi peradangan pada kulit akibat jerawat, mengurangi produksi minyak berlebih, dan mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Bumbu kunyit juga dikenal sebagai agen pencerah alami yang membantu mengurangi bekas jerawat dan memberikan kulit tampilan yang lebih sehat.

bumbu masak jadi acne spot  Instagram

foto: freepik.com

Aloe vera, tumbuhan yang telah digunakan secara tradisional untuk perawatan kulit juga bisa menjadi solusi efektif untuk jerawat dan bekasnya. Gel dalam daun aloe vera mengandung berbagai senyawa bioaktif, seperti aloesin, aloin, dan enzim proteolitik.

Senyawa aktif ini membantu meredakan peradangan, membunuh bakteri penyebab jerawat, dan mempercepat penyembuhan kulit. Aloe vera juga memiliki efek cooling yang dapat membantu mengurangi kemerahan dan iritasi pada kulit berjerawat.

bumbu masak jadi acne spot  Instagram

foto: freepik.com

Di sisi lain, air dari ekstrak mawar memiliki sifat antiseptik dan astringen. Kedua sifat ini membuat air mawar dapat membantu mengurangi peradangan dan meminimalisir munculnya potensi jerawat pada kulit dengan cara mengencangkan pori-pori dan menghambat minyak berlebih. Plus, air mawar sendiri juga memberikan efek segar saat diaplikasikan kulit.

Bagaimana, menarik bukan manfaat ketiga bahan di atas? Nah, kamu bisa menyulap ketiga bahan tersebut untuk dijadikan sebagai treatment bagi jerawat hanya melalui beberapa langkah saja lho. Dilansir briliobeauty.net dari Instagram @priya.creations09 pada Jumat (14/7), berikut cara lengkapnya.

Alat dan bahan:

1. 1 sendok makan bubuk kunyit
2. 1 sendok makan gel aloe vera
3. 1 sendok makan air mawar
4. Wadah kecil

Langkah pengerjaan:

bumbu masak jadi acne spot  Instagram

foto: Instagram/@priya.creations09

1. Tuangkan bubuk kunyit, gel aloe vera, dan air mawar sejumlah masing-masing 1 sendok makan ke dalam wadah bersih
2. Aduk seluruh bahan tadi hingga rata
3. Lakukanlah rangkaian skincare yang biasa kamu lakukan terlebih dahulu, mulai dari membersihkan muka hingga memakai pelembab. Tunggu hingga semua menyerap
4. Setelah terasa semua terserap, totolkan campuran tadi ke area wajah yang muncul jerawat secara merata menggunakan tangan yang bersih
5. Diamkan semalaman, lalu cuci bersih wajah keesokan harinya.

(brl/mal)

tags

STORIES