Kenyal tanpa aloe vera, ini trik melembutkan kulit kering dan kasar pakai 1 jenis makanan

Kenyal tanpa aloe vera, ini trik melembutkan kulit kering dan kasar pakai 1 jenis makanan

Brilio.net - Kulit kering merupakan tipe kulit yang muncul akibat hilangnya kemampuan mempertahankan kelembapan alami pada kulit. Orang dengan kulit kering sering merasa tidak nyaman akibat efek tertarik hingga kemerahan yang sering muncul.

Secara keilmuan, mengeringnya kulit dipicu oleh minimnya jumlah air dan minyak alami di dalamnya. Masalah ini biasanya juga dipengaruhi oleh efek suhu yang tajam seperti paparan sinar matahari atau angin dingin. Kondisi ekstrem tersebut dapat merusak skin barrier dan membuat kelembapan alami menguap dari kulit dengan mudah.

Apabila tidak ditangani dengan baik, kondisi kulit kering ini dapat memunculkan banyak masalah lain, seperti terganggunya proses regenerasi kulit. Pasalnya, kemampuan kulit dalam mempertahankan elastisitas kulit melalui produksi kolagen juga akan menurun apabila kelembapan kulit berkurang. Dalam prosesnya, tekstur kulit pun akan mengalami perubahan dari awalnya lembut menjadi terasa kasar.

Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu nggak perlu bingung. Soalnya, kamu bisa mencoba memanfaatkan berbagai bahan alami sebagai solusi alternatif untuk membuat kulitmu lebih lembap dan lembut. Salah satunya adalah dengan menggunakan campuran oats, susu, dan madu sebagaimana dibagikan oleh @_mymakeupoftea melalui Instagram, dilansir oleh briliobeauty.net pada Minggu (19/11).

melembutkan kulit kering  Instagram

foto: freepik.com

Oats merupakan salah satu makanan alternatif yang sering dipakai saat diet. Oat sendiri mengandung beta-glukan, suatu jenis serat larut yang membantu meningkatkan kelembapan kulit dan mengurangi peradangan. Selain itu, oats juga mengandung senyawa fenolik, vitamin B kompleks, serta mineral yang berperan dalam meregenerasi kulit, sehingga terlihat lebih halus dan sehat.

melembutkan kulit kering  Instagram

foto: freepik.com

Susu mengandung berbagai nutrisi penting yang bermanfaat bagi kesehatan kulit. Kandungan protein dalam susu, seperti kasein dan whey protein, dapat membantu memperbaiki kerusakan kulit dan merangsang regenerasi sel-sel kulit. Sementara itu, asam lemak esensial seperti omega-3 dan omega-6 dalam susu membantu mempertahankan kelembapan kulit dan mengurangi terjadinya kerusakan pada kulit kering.

melembutkan kulit kering  Instagram

foto: freepik.com

Madu sendiri telah lama digunakan sebagai bahan alami untuk banyak jenis perawatan kulit. Kandungan glukosa dan fruktosa dalam madu membantu menjaga kelembapan kulit, sementara kandungan antioksidannya membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak struktur kulit. Madu juga memiliki efek antimikroba yang membantu mencegah iritasi dan mengurangi rasa tertarik pada kulit kering.

Nah, ketiga bahan di atas ini bisa kamu manfaatkan dengan cara sebagai berikut.

Alat dan bahan:

1. 1 sendok makan oatmeal
2. 2 sendok makan susu murni
3. 1 sendok makan madu
4. Wadah kecil

melembutkan kulit kering  Instagram

foto: Instagram/@_mymakeupoftea

Langkah pengerjaan:

1. Ambillah 1 sendok makan oatmeal dan masukkan dalam sebuah wadah.
2. Tuangkan 2 sendok makan susu murni bersama oats tersebut.
3. Tambahkan 1 sendok makan madu setelahnya.
4. Aduk seluruh bahan hingga tercampur rata dan konsistensi seperti pasta.
5. Aplikasikan campuran ini ke area wajah yang telah dibersihkan secara merata.
6. Diamkan selama lebih kurang 15 menit.
7. Bila dirasa cukup, bilas dengan air hingga bersih dari sisa residu.

View this post on Instagram

A post shared by Eraj Zaidi (@_mymakeupoftea)

(brl/wen)

tags

STORIES