Kisah cewek sembuh dari jerawat hormonal ini penuh perjuangan, potret before afternya bikin takjub

Kisah cewek sembuh dari jerawat hormonal ini penuh perjuangan, potret before afternya bikin takjub

Brilio.net - Permasalahan wajah yang berhubungan dengan jerawat memang cukup meresahkan. Salah satunya adalah jerawat hormonal.

Jerawat hormonal adalah jerawat yang muncul akibat produksi sebum berlebihan, sehingga dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Produksi sebum berlebihan ini berkaitan dengan perubahan hormonal yang terjadi dalam tubuh.

Meski bisa dialami oleh siapapun, namun jerawat hormonal lebih sering dialami oleh wanita remaja hingga dewasa. Bukan tanpa alasan, banyak hal yang membuat hormon wanita menjadi tidak seimbang, contohnya menstruasi, kehamilan, dan menopause. Tak hanya itu saja, jerawat hormonal juga dapat muncul akibat kondisi medis tertentu, seperti polycystic ovarian syndrome (PCOS).

Pada masa pubertas atau remaja, jerawat hormonal sering kali muncul di area T-zone wajah, yaitu dahi, hidung, dan dagu. Sementara pada orang dewasa, jerawat hormonal dapat munculnya di sepanjang garis rahang, pipi bagian bawah, dan leher. Kondisi ini memang cukup meresahkan dan dapat menurunkan kepercayaan diri penderitanya.

Tak heran jika banyak yang merasa frustasi akibat sulitnya menghilangkan jerawat hormonal tersebut. Namun, dengan perawatan yang tepat dan konsisten, banyak yang berhasil sembuh dari jerawat hormonal di wajahnya. Seperti yang dibagikan oleh salah satu pengguna TikTok dengan nama akun @risma_kencana, yang membagikan perjuangannya sembuh dari jerawat hormonal.

Kisah cewek sembuh dari jerawat hormonal ini penuh perjuangan TikTok

foto: TikTok/@risma_kencana

"Alhamdulilah 1 bulan bisa terlewati walau mental di buat naik turun," tulis sang pemilik akun dalam keterangan video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @risma_kencana, Kamis (18/7).

Melalui video TikTok yang berdurasi 1 menit tersebut, pemilik akun yang diketahui bernama Risma membagikan perjuangannya saat menyembuhkan jerawat hormonal di wajahnya selama 1 bulan. Kisahnya berawal di bulan Juli 2022, yang pada saat itu kondisi wajahnya tiba-tiba mengalami beruntusan.

Selang beberapa hari, beruntusan di wajahnya semakin parah dan justru berubah menjadi jerawat yang meradang. Tak hanya itu saja, peradangan tersebut juga membuat kondisi wajahnya jadi kemerahan. Bahkan ada beberapa jerawat di wajahnya yang juga bernanah.

Kisah cewek sembuh dari jerawat hormonal ini penuh perjuangan TikTok

foto: TikTok/@risma_kencana

"journey story juli 2022. Selang beberapa hari langsung meradang," kata Risma.

Saat kondisi wajahnya mengalami peradangan tersebut, Risma tetap merawat wajahnya dengan menggunakan skincare andalannya. Bukannya sembuh, jerawat di wajahnya malah semakin parah hingga muncul di area leher dan punggungnya. Nah, pada kondisi ini Risma baru menyadari jika jerawat meradang di wajahnya diakibatkan karena perubahan hormonal.

"Jerawat sampe leher dan punggung. Ternyata efek hormon yang naik turun dari penaikan bb dan makanan," lanjut Risma.

Seiring waktu, jerawat di wajahnya semakin parah. Wajahnya juga mengalami iritasi hingga terasa perih dan gatal. Karena hal itulah, ia memutuskan untuk mengonsumsi obat khusus untuk menstabilkan hormonnya.

Kisah cewek sembuh dari jerawat hormonal ini penuh perjuangan TikTok

foto: TikTok/@risma_kencana

"Akhirnya di barengi dengan minum obat," ungkap Risma.

Perjuangannya tak sia-sia, kondisi wajah Risma semakin membaik. Pasalnya, hormonnya mulai stabil, sehingga jerawat di wajahnya mulai kering dan memudar. Tak hanya itu saja, ia juga rutin memakai skincare yang cocok dengan kondisi kulit wajahnya.

"Di barengi dengan skincare yg biasa di pakai. Alhamdulillah tambah membaik," pungkas Risma.

Setelah sebulan lamanya, kondisi wajah Risma lebih membaik. Bahkan jika dikolase, potret before-afternya benar-benar bikin ikutan lega bagi yang melihat.

Kisah cewek sembuh dari jerawat hormonal ini penuh perjuangan TikTok

foto: TikTok/@risma_kencana

Tak hanya itu saja, perjuangannya dalam merawat dan menyembuhkan jerawat di wajahnya membuat videonya itu viral hingga ditonton sebanyak 406,2 ribu kali dan menuai berbagai komentar dari warganet.

"Grgr abis facial acne malah mukaku kaya gitu, sekarang tinggal ngilangin bekasnya aja yang rada susah karna emg butuh waktu lama," kata akun @spilltipistipis2.

"persis aku kak awal2 dibagian pinggir muka lama2 pd meradang dan nyebar, alhamdulillah perlahan2 membaik skrg," celetuk akun @mtrmdnp.

"aku jrawatan kya gitu sampe stres rasanya ngg ilang2," ungkap akun @nda_meyy.

(brl/lea)

tags

STORIES