Kombinasi madu dan bahan dapur ini bisa atasi beruntusan di dahi, begini cara meraciknya

Kombinasi madu dan bahan dapur ini bisa atasi beruntusan di dahi, begini cara meraciknya

Brilio.net - Beruntusan adalah kondisi kulit yang ditandai dengan munculnya bintik-bintik kecil, kasar, dan biasanya terasa gatal atau tidak nyaman. Meski tidak menimbulkan rasa sakit yang signifikan, beruntusan bisa menyebabkan ketidaknyamanan dan membuat kulit terlihat tidak mulus.

Salah satu area yang paling umum mengalami beruntusan adalah dahi, karena bagian ini termasuk T-zone yang sering berminyak, mudah berkeringat, serta berpotensi terkena efek produk perawatan rambut. Minyak berlebih atau sebum yang diproduksi oleh kulit sering kali menjadi salah satu faktor pemicu. Minyak ini bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan munculnya bintik-bintik kecil di permukaan kulit.

Selain itu, faktor eksternal seperti polusi, keringat, dan penggunaan produk rambut yang mengandung bahan kimia berat juga dapat memicu beruntusan. Produk seperti gel rambut, hairspray, atau serum rambut kadang-kadang bisa menyumbat pori-pori di sekitar dahi, terutama jika produk tersebut mengalir ke kulit selama aktivitas fisik atau saat berkeringat.

Karena dapat mengganggu penampilan, tak heran jika banyak orang mencari cara untuk mengatasi beruntusan di dahinya. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Seperti yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @_iam_ness.

Kombinasi madu dan bahan dapur bisa atasi beruntusan di dahi Berbagai sumber

foto: TikTok/@_iam_ness

Melalui unggahannya itu, ia menggunakan kombinasi madu dan bahan dapur untuk mengatasi beruntusan di dahi. Bahan dapur yang dimaksud adalah garam. Yuk, simak cara meracik dan menggunakannya, yang briliobeauty.net lansir pada Senin (30/9).

Bahan:

- 1 sendok makan madu
- 1 sendok makan garam halus

Kombinasi madu dan bahan dapur bisa atasi beruntusan di dahi Berbagai sumber

foto: TikTok/@_iam_ness

Cara meracik dan menggunakan:

1. Tuangkan bahan-bahan pada wadah bersih
2. Aduk keduanya sampai tercampur merata
3. Aplikasikan pada dahi secara menyeluruh (pastikan wajah dalam kondisi bersih)
4. Diamkan selama 15 menit
5. Bilas menggunakan air sampai bersih
6. Lanjutkan dengan penggunaan moisturizer
7. Lakukan cara ini dengan rutin 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan wajah yang mulus bebas beruntusan

Kombinasi madu dan bahan dapur bisa atasi beruntusan di dahi Berbagai sumber

foto: TikTok/@_iam_ness

Kandungan madu untuk mengatasi beruntusan di dahi.

Madu dikenal sebagai bahan alami yang efektif untuk mengatasi beruntusan di dahi karena memiliki sifat antibakteri, antiinflamasi, dan humektan. Kandungan antibakteri madu, terutama enzim dan senyawa seperti hidrogen peroksida alami bisa melawan bakteri penyebab penyumbatan pori-pori, yang sering menjadi pemicu munculnya beruntusan.

Selain itu, sifat antiinflamasi madu dapat meredakan peradangan ringan yang sering menyertai beruntusan, sehingga bisa mengurangi kemerahan dan tekstur kulit yang kasar. Madu juga bersifat humektan, yang berarti dapat menarik dan mempertahankan kelembapan alami kulit tanpa membuatnya berminyak.

Manfaat garam untuk memudarkan tampilan beruntusan di dahi.

Garam dapat membantu memudarkan tampilan beruntusan di dahi karena sifatnya yang eksfoliatif dan antibakteri. Ketika digunakan sebagai scrub alami, garam membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang sering menyumbat pori-pori, salah satu penyebab utama beruntusan.

Proses eksfoliasi ini memungkinkan kulit untuk bernapas lebih baik, mencegah penyumbatan yang menyebabkan tekstur kulit tidak rata. Selain itu, garam memiliki sifat antibakteri yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat dan iritasi, sehingga mencegah peradangan lebih lanjut pada kulit yang beruntusan.

(brl/jad)

tags

STORIES