Kulit kembali cerah dan merata, begini trik samarkan melasma di wajah hanya pakai 2 jenis buah

Kulit kembali cerah dan merata, begini trik samarkan melasma di wajah hanya pakai 2 jenis buah

Brilio.net - Melasma merupakan masalah flek hitam yang kerap dialami sejumlah orang. Biasanya melasma ini ditandai dengan munculnya bercak atau noda berwarna cokelat gelap pada area wajah, seperti pipi, hidung, bibir atas, dan dahi. Penyebab utamanya adalah perubahan hormon yang terjadi selama masa kehamilan.

Pada kondisi tersebut, hormon estrogen dan progesteron dapat mempengaruhi peningkatan produksi melanin yang menyebabkan peningkatan pigmen pada kulit. Tidak hanya itu, faktor lain seperti paparan sinar matahari juga bisa menjadi pemicu utama timbulnya melasma. Hal ini lantaran sinar UV dapat merangsang produksi melanin, sehingga dapat memperburuk perubahan warna kulit.

Walaupun masalah kulit yang satu ini tidak menimbulkan rasa gatal dan nyeri pada kulit, munculnya melasma ini cukup mengganggu penampilan, terlebih lagi ketika menggunakan makeup akan sulit untuk ditutupi. Solusinya, untuk memudarkan melasma ini kamu bisa merawat wajah dengan menggunakan masker dari bahan alami.

Bahan yang digunakan untuk membuat masker ini berasal dari dua buah yaitu apel berwarna merah dan hijau. Kedua buah ini memiliki manfaat dan kandungan yang tidak berbeda jauh. Apel hijau dan merah mengandung antioksidan yang dapat melindungi kulit dari radikal bebas. Kandungan tersebut membantu mencegah peradangan dan meredakan stres pada kulit.

Sementara itu, adanya vitamin C ini membantu untuk mencerahkan dan memudarkan bercak hitam karena melasma. Lalu, kandungan air yang tinggi dalam buah ini dapat menjaga kelembapan dan menghidrasi kulit dengan baik. Bahkan adanya senyawa quercetin membuat apel bisa melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Adanya bahan tambahan seperti tepung pati dalam masker ini berguna untuk mengontrol minyak berlebih. Sementara itu, adanya sifat menenangkan dapat membantu mengatasi iritasi, mengatasi kemerahan, dan gatal pada kulit. Lantas bagaimana cara membuat masker dari kedua buah tersebut? Untuk itu, kamu bisa menyontek tutorial yang dibagikan oleh pengguna YouTube Trkan Yellowstone, dilansir briliobeauty.net pada Jumat (23/6).

Bahan-bahan:

trik samarkan melasma di wajah hanya pakai 2 jenis buah berbagai sumber

foto: YouTube/@Trkan Yellowstone

1. 1 Buah apel hijau
2. 1 Buah apel merah
3. 2 Gelas air bersih
4. Tepung pati

Cara membuat:

trik samarkan melasma di wajah hanya pakai 2 jenis buah berbagai sumber

foto: YouTube/@Trkan Yellowstone

1. Cuci terlebih dahulu apel hijau dan merah
2. Potong kedua buah tersebut dalam bentuk melingkar dengan ukuran tipis
3. Ambil beberapa lembar apel merah dan hijau
4. Lalu, tusuk-tusuk dengan menggunakan garpu
5. Taburkan tepung pati di atas buah apel secukupnya
6. Ratakan tepung pati tersebut
7. Tuangkan air bersih ke dalam panci dan panaskan terlebih dahulu
8. Setelah itu, kukus kedua buah apel tersebut kurang lebih 15 menit hingga melunak dan tutup panci tersebut
9. Angkat dan dinginkan apel tersebut.

Setelah itu, aplikasikan pada wajah dengan cara ditempelkan langsung pada kulit. Sementara itu, untuk tepung yang menempel pada buah apel bisa dioleskan pada area leher. Langkah berikutnya adalah biarkan kurang lebih 30 menit dan bilas menggunakan air biasa. Nah, masker dari buah apel itu bisa kamu gunakan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

(brl/mal)

tags

STORIES