Lebih aman cuci muka pakai air dingin atau hangat? Ini penjelasan dokter agar kulit tak iritasi

Lebih aman cuci muka pakai air dingin atau hangat? Ini penjelasan dokter agar kulit tak iritasi

Brilio.net - Melakukan kegiatan harian di luar rumah, seperti bekerja, bermain, atau keperluan apapun membuat wajah kamu mudah terpapar radikal bebas dan kotoran. Terlebih jika kamu selalu mengenakan riasan wajah, residu produk makeup berisiko tinggi tertinggal di pori-pori. Maka dari itu, penting untuk membersihkan wajah jika sudah selesai berkegiatan di luar ruangan.

Kebersihan wajah sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan kulit agar tak timbul masalah seperti jerawat dan komedo. Tak cuma itu, pori-pori kulit juga berisiko mengalami kerusakan dan mempercepat penuaan. Oleh karena itu, kamu perlu membersihkan wajah secara rutin, minimal dengan rajin mencuci muka.

Untuk membersihkan wajah pastinya kamu perlu menggunakan face wash. Setelah itu, dibasuh dengan air agar sisa sabun tidak tertinggal. Menurut salah satu dokter bernama Saddam Ismail yang dikenal sebagai influencer dengan konten seputar kesehatan dan kecantikan, mengungkapkan cuci muka dengan sabun kecantikan juga nggak boleh sembarangan, lho.

"Memang dianjurkan membersihkan wajah pakai produk skincare. Ini memang efektif untuk menghilangkan sebum dan minyak berlebih dari kulit. Tapi jangan sampai salah karena bisa mengganggu skin barrier atau proteksi kulit kalian," jelas Dokter Saddam, dikutip briliobeauty.net dari kanal YouTube-nya pada Kamis (30/5).

cuci wajah pakai air dingin atau hangat. berbagai sumber

foto: freepik.com

Namun pada tahapan membilas wajah dengan face wash ini ada beberapa orang yang masih bingung apakah menggunakan air dingin atau hangat. Menjawab kebingungan dari sejumlah orang, dokter Saddam Ismail menjelaskan mengenai penggunaan air dingin dan hangat untuk mencuci wajah.

cuci wajah pakai air dingin atau hangat. berbagai sumber

foto: freepik.com

Menurut penuturannya, suhu air dapat memengaruhi kondisi kulit. Air dingin diketahui sangat baik bagi wajah, karena paparan air dingin pada kulit bisa meningkatkan sirkulasi darah. Efek positifnya bisa bikin kulit jadi lebih bersinar.

Air dingin juga bisa menyempitkan kapiler. Jika kulit kamu sedang meradang, mencuci muka menggunakan air dingin bisa meredakan peradangan. Tak cuma itu, air dingin juga bisa menyusutkan pori-pori. Keuntungan lain mencuci wajah pakai air dingin adalah membuat tekstur kulit jadi lebih halus.

"Kalau kalian sedang ngantuk cuci muka pakai air dingin biasanya langsung segar dan fresh," ujarnya.

cuci wajah pakai air dingin atau hangat. berbagai sumber

foto: freepik.com

Sementara itu, mencuci wajah pakai air hangat bisa melancarkan sirkulasi pada wajah. Tak cuma itu, air hangat bisa membantu merelaksasi otot-otot di sekitar wajah dan membantu melebarkan pori-pori. Maka dari itu, ampuh membersihkan wajah.

Air dingin dan hangat memang punya manfaat tersendiri bagi wajah. Namun perlu kamu ketahui, mencuci wajah pakai air hangat bisa menghilangkan zat lemak atau keratin. Jika keratin ini hilang dan rusak, bisa berpengaruh pada kelembapan kulit, sehingga bisa bikin wajah kering.

"Pemilihan air dingin atau hangat ini terserah kalian. Tapi kalau tanya saya, memilih air dingin karena takutnya nanti kulit wajah jadi kering kalau pakai air hangat," tambah dokter Saddam Ismail.

Cara mencuci wajah yang benar

Mencuci wajah yang benar perlu kamu ketahui. Hal ini sangat penting agar kamu mendapatkan kulit wajah sehat dan glowing. Nah, berikut ini cara mencuci wajah yang dibagikan dokter Saddam Ismail, antara lain:

1. Pilih pembersih wajah yang tidak mengandung alkohol.
2. Basahi wajah dengan air dingin atau hangat, sembari dipijat-pijat dengan lembut.
3. Gunakan face wash secukupnya dan jangan terlalu berlebihan.
4. Gosok dengan telapak tangan dengan lembut agar tak iritasi.
5. Bilas dengan air dan keringkan menggunakan handuk dengan cara ditepuk-tepuk secara perlahan.
6. Oleskan produk pelembap agar kulit tak kering.

(brl/mal)

tags

STORIES