Minyak untuk memasak ini bisa jadi pengganti obat kumur, bikin napas auto segar dan bebas bau

Minyak untuk memasak ini bisa jadi pengganti obat kumur, bikin napas auto segar dan bebas bau

Brilio.net - Seperti yang diketahui bahwa minyak kelapa umumnya dimanfaatkan sebagai pengganti minyak goreng untuk memasak. Bukan tanpa alasan, minyak alami ini digadang-gadang dapat membuat makanan menjadi lebih rendah lemak.

Selain itu, minyak ini juga memiliki manfaat lain yang menunjang kesehatan tubuh bila dikonsumsi secara rutin dan tidak berlebihan. Sejalan dengan hal itu, ternyata minyak kelapa juga bisa kamu manfaatkan sebagai pengganti obat kumur, lho. Bahkan minyak alami ini dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Tak sedikit orang yang memanfaatkan minyak kelapa untuk mengatasi bau napas yang tidak segar, gigi kuning, hingga karang gigi yang membandel. Dilansir dari laman Healthline, bau napas yang tak sedap umumnya disebabkan oleh pertumbuhan bakteri akibat sisa makanan tersangkut di gigi.

Sisa makanan tersebut kemudian melepaskan senyawa belerang yang menyebabkan mulut jadi berbau busuk. Hal inilah yang dapat menyebabkan seseorang jadi tidak percaya diri. Napas juga jadi tidak segar dan terasa asam.

Minyak untuk memasak bisa jadi pengganti obat kumur Berbagai sumber

foto: TikTok/@beingwellishot

Nah, kamu bisa memanfaatkan minyak kelapa sebagai obat kumur dan manfaatnya bisa semakin optimal juga dikombinasikan dengan peppermint oil. Seperti yang dibagikan oleh salah satu pengguna TikTok dengan nama akun @beingwellishot. Yuk, simak cara membuat dan menggunakannya, yang telah briliobeauty.net lansir pada Jumat (21/6).

Bahan:

- 1 cup air
- Minyak kelapa secukupnya (VCO yang sudah dicairkan)
- Peppermint oil secukupnya

Minyak untuk memasak bisa jadi pengganti obat kumur Berbagai sumber

foto: TikTok/@beingwellishot

Cara membuat dan menggunakan:

1. Siapkan air pada gelas kaca
2. Tambahkan minyak kelapa dan peppermint oil
3. Aduk atau kocok bahan-bahan tersebut sampai tercampur merata
4. Sikat gigi terlebih dahulu sebelum menggunakan obat kumur ini
5. Setelah menyikat gigi sampai bersih, gunakan obat kumur alami ini secukupnya
6. Kumur-kumur selama 1-2 menit
7. Terakhir, bilas dengan berkumur menggunakan air bersih
8. Ulangi metode ini dengan rutin setiap hari setelah menyikat gigi untuk mendapatkan bau napas yang lebih segar.

Minyak untuk memasak bisa jadi pengganti obat kumur Berbagai sumber

foto: TikTok/@beingwellishot

Kandungan minyak kelapa untuk menghilangkan napas bau tak sedap.

Dikutip dari laman Healthline, manfaat minyak kelapa untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut dikenal dengan istilah oil pulling yang menjadi kebiasaan masyarakat India. Pasalnya, kandungan asam laurat dalam minyak kelapa diklaim dapat mencegah berbagai masalah pada gigi dan mulut.

Kandungan asam laurat dengan sifat antibakteri di dalam minyak kelapa memang paling efektif untuk membunuh bakteri dibandingkan jenis asam lainnya. Adanya kandungan monolaurin dalam minyak kelapa juga terbukti mampu menekan pertumbuhan bakteri mulut sehingga bau napas yang tidak sedap serta penumpukan karang gigi yang membandel dapat segera diatasi.

Manfaat peppermint oil untuk menyegarkan napas.

Peppermint oil memang sudah dikenal manfaatnya untuk menjaga kebersihan dan kesegaran mulut. Peppermint oil seringkali dijumpai dalam produk pasta gigi, obat kumur, dan permen karet yang digunakan sebagai penyegar mulut. Ini karena peppermint oil dapat menghambat pembentukan lapisan biofilm yang merupakan tempat berkembang biaknya bakteri dan jamur.

(brl/far)

tags

STORIES