Nggak banyak yang tahu, ini cara hempas bekas jerawat pakai 1 jenis teh untuk kulit bersih bersinar

Nggak banyak yang tahu, ini cara hempas bekas jerawat pakai 1 jenis teh untuk kulit bersih bersinar

Brilio.net - Memiliki kulit bebas masalah memang menjadi impian banyak orang. Namun realitanya, banyak orang harus menghadapi berbagai permasalahan kulit, mulai dari jerawat, bekas, komedo, hingga beberapa permasalahan kulit wajah lainnya.

Jerawat merupakan permasalahan paling umum yang dialami banyak orang di berbagai rentang usia. Kemunculan jerawat seringkali disebabkan produksi minyak berlebih oleh kelenjar sebaceous di kulit yang dapat menyumbat pori-pori dan memungkinkan bakteri berkembang biak.

Apabila hal ini terjadi, penyumbatan tersebut kemudian bisa menyebabkan peradangan dan munculnya jerawat. Faktor lain yang dapat menyebabkan jerawat, diantaranya perubahan hormon, stres berlebihan, polusi lingkungan, dan hingga konsumsi dan gaya hidup yang tidak sehat.

Setelah jerawat, orang akan dikhawtirkan dengan bekasnya (PIE yang memerah dan PIH yang menghitam). Bekas jerawat yang terbentuk setelah jerawat mereda bisa menjadi sangat menonjol pada kulit, bahkan setelah jerawat itu sendiri hilang. Apalagi, bekas jerawat juga dapat mempengaruhi tekstur dan warna kulit, mengakibatkan ketidakseragaman dan kekurangan kecerahan.

Untuk mengatasi permasalahan ini biasanya orang-orang mengandalkan beberapa produk skincare. Tentunya untuk ini dibutuhkan pengeluaran yang tidak sedikit. Kamu bisa lho menghemat anggaran perawatan dengan mengandalkan bahan alami, salah satunya teh hijau yang diberikan tambahan aloe vera. Perawatan alami ini sudah dicoba oleh pengguna akun Instagram @flair_fusion.

Dalam unggahannya yang dilansir briliobeauty.net dari akun tersebut, Selasa (20/6). Kedua bahan itu diolah dengan baik dan diaplikasikan ke wajah.

jerawat pakai 1 jenis teh  Instagram

jerawat pakai 1 jenis teh
freepik.com

Teh hijau mengandung senyawa antioksidan yang disebut katekin, terutama epigallocatechin gallate (EGCG). Katekin membantu melawan radikal bebas, meredakan peradangan, dan memperbaiki kerusakan kulit. Teh hijau juga memiliki sifat astringen yang dapat membantu mengecilkan pori-pori dan mengurangi produksi minyak berlebih, sehingga membantu mencegah terjadinya jerawat baru.

jerawat pakai 1 jenis teh  Instagram

jerawat pakai 1 jenis teh
freepik.com

Aloe vera, di sisi lain, dikenal karena kemampuannya dalam menyembuhkan luka dan mengurangi peradangan. Gel aloe vera mengandung senyawa anti-inflamasi dan antioksidan, seperti polisakarida dan antrakuinon, yang membantu mempercepat penyembuhan kulit dan mengurangi munculnya bekas jerawat. Aloe vera juga dapat memberikan efek melembapkan dan menenangkan pada kulit, membantu mengurangi kemerahan dan iritasi.

Nah, dari penjelasan manfaat di atas, dapat disimpulkan bahwa kedua bahan ini memiliki sifat anti-inflamasi, antioksidan, dan memiliki kemampuan penyembuhan kulit dari bekas jerawat. Akan tetapi, apabila digabungkan dalam bentuk es, campuran ini dapat memberikan manfaat tambahan karena efek dingin dari es dapat membantu mengurangi peradangan, merapatkan pori-pori, serta memberikan efek penyegaran pada kulit lho.

Cara membuatnya pun simpel banget deh, tinggal ikuti beberapa langkah di bawah ini:

Alat dan bahan:

1. 2 bungkus teh hijau
2. 1 sendok makan aloe vera
3. Air panas secukupnya
4. Cetakan pembentuk es

Langkah pembuatan:

jerawat pakai 1 jenis teh  Instagram

jerawat pakai 1 jenis teh
Instagram/@flair_fusion

1. Siapkan terlebih dahulu 2 bungkus teh hijau.
2. Kemudian seduhlah dengan air panas seperti membuat teh biasanya
3. Biarkan teh tersebut dingin selama lebih kurang 5 menit.
4. Apabila telah dirasa telah dingin, masukkan 1 sendok makan aloe vera ke dalam larutan teh hijau tersebut dan aduk hingga merata.
5. Tuangkan campuran ini ke dalam cetakan es dan letakkan di dalam freezer hingga membeku.

jerawat pakai 1 jenis teh  Instagram

jerawat pakai 1 jenis teh
Instagram/@flair_fusion

Apabila sudah membeku, kamu bisa mengeluarkan es tersebut dan memakainya setiap hari. Caranya, usapkan es tersebut ke wajah kamu secara perlahan selama beberapa saat. Kemudian, biarkanlah selama 10 menit agar kandungan dalam es tersebut meresap sempurna. Kemudian, basuhlah wajah dengan air bersih dan aplikasikan produk pelembab atau aloe vera gel untuk mengembalikan hidrasi pada kulit wajah kamu.

View this post on Instagram

A post shared by FLAIR FUSION (@flair_fusion)

(brl/ola)

tags

STORIES