Nggak cuma eksfoliasi pakai scrub, ini trik hempaskan siku hitam pakai 1 bahan dapur

Nggak cuma eksfoliasi pakai scrub, ini trik hempaskan siku hitam pakai 1 bahan dapur

Brilio.net - Kulit siku menghitam merupakan masalah yang dialami banyak orang namun seringkali tidak disadari. Coba saja perhatikan sikumu sendiri lalu bandingkan warnanya dengan keseluruhan tangan. Terlihat berbeda bukan? Masalah kulit belang yang mencolok ini jelas dapat membuat banyak orang menjadi tidak percaya diri, apalagi ketika ingin memakai pakaian berlengan pendek.

Faktanya, terdapat beberapa hal yang dapat memicu mencoloknya penggelapan di area siku. Sejatinya, siku sering dijadikan tumpuan untuk menyangga tubuh ketika beraktivitas.

Nah, seringnya gesekan dan tekanan berulang pada siku membuat kulit menjadi kasar dan terlihat menggelap. Sebut saja beberapa aktivitas sehari-hari seperti menulis, bersandar, atau sekadar bermain HP sambil tiduran. Apalagi ketika masalah ini ditambah dengan minimnya perlindungan kulit tangan dari faktor paparan sinar matahari, maka tidak mengherankan penggelapan kulit akan terjadi.

Untuk mengatasinya, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Salah satunya, cara mudah berupa penggunaan bahan alami yang bisa kamu dapatkan dari dapur. Salah satunya seperti yang ditunjukkan pemilik akun Instagram @indiramukherjee073 sebagaimana dilansir briliobeauty.net pada Jumat (4/8). Pemilik akun itu menggunakan baking soda yang dicampur bersama tepung beras, perasan lemon, dan sedikit air mawar.

eksfoliasi pakai scrub  Instagram

foto: freepik.com

Baking soda atau natrium bikarbonat merupakan bahan alami yang dapat membantu eksfoliasi dan membersihkan kulit mati pada siku. Artinya, baking soda menjadi bahan yang efektif dalam membantu mencerahkan kulit siku dan mengurangi warna gelapnya. Plus, baking soda juga memiliki sifat antibakteri dan antiseptik yang bisa membantu mengurangi kemungkinan infeksi pada kulit.

eksfoliasi pakai scrub  Instagram

foto: freepik.com

Tepung beras adalah bahan alami lainnya yang efektif untuk mengatasi kulit siku gelap. Tepung beras mengandung vitamin B kompleks dan mineral seperti seng yang bermanfaat dalam merangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru dan menghilangkan sel-sel kulit mati. Selain itu, tepung beras memiliki sifat eksfoliasi lembut yang membantu mengangkat kotoran dan menghilangkan lapisan kulit yang menghitam.

eksfoliasi pakai scrub  Instagram

foto: freepik.com

Lemon merupakan buah dengan kandungan asam sitrat yang memiliki sifat eksfoliasi alami. Sifat tersebut membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang dapat menyebabkan lutut terlihat kasar dan gelap secara efektif. Plus, kandungan vitamin C dalam lemon dapat membantu mencerahkan dan meratakan warna kulit.

eksfoliasi pakai scrub  Instagram

foto: freepik.com

Air yang diekstrak dari bunga mawar telah dipercaya memiliki kemampuan dalam menenangkan kulit dan membantu menjaga kelembapan. Dengan begitu, air mawar dapat mengurangi risiko gesekan berlebih pada siku yang cenderung kering. Selain itu, kandungan vitamin C di dalam air mawar juga bisa membantu mencerahkan kulit secara perlahan.

Nah, keempat bahan di atas bisa kamu gunakan dengan cara sebagai berikut.

Alat dan bahan:

1. 2 sendok teh tepung beras
2. 1 sendok teh baking soda
3. 1 sendok teh ekstrak lemon
4. Air mawar secukupnya
5. Sabun bayi cair secukupnya
6. Wadah kecil

Langkah pengerjaan:

eksfoliasi pakai scrub  Instagram

foto: Instagram/@indiramukherjee073

1. Masukkan 2 sendok teh tepung beras ke dalam sebuah wadah kecil.
2. Setelah itu, tambahkan 1 sendok teh baking soda.
3. Tuangkan 1 sendok teh ekstrak lemon dan air mawar ke dalam wadah tersebut.
4. Masukkan 1 sendok teh sabun bayi cair ke dalam campuran tersebut.
5. Aduk hingga seluruh bahan tercampur rata.
6. Aplikasikan ke daerah siku yang menghitam dengan cara digosok lembut selama 10 menit.
7. Bilas dengan bersih bila dirasa cukup.

(brl/jad)

tags

STORIES