Nggak cuma pakai pasta gigi, ini cara bersihkan pori-pori tersumbat dengan tambahan 2 bahan dapur

Nggak cuma pakai pasta gigi, ini cara bersihkan pori-pori tersumbat dengan tambahan 2 bahan dapur

Brilio.net - Pori-pori adalah komponen kulit yang rentan mengalami masalah karena menjadi tempat keluarnya sebum atau minyak alami kulit. Kondisi ini membuat pori-pori akan mudah tersumbat oleh kotoran, minyak, atau tumpukan sel kulit mati. Akibatnya dapat menyebabkan wajah tampak kusam dan teksturnya menjadi kasar.

Pori-pori tersumbat dapat terjadi ketika minyak atau sel kulit mati terperangkap dalam lubang pori-pori. Jika terus dibiarkan, hal ini dapat memicu sejumlah masalah kulit, seperti komedo hingga jerawat yang meradang. Pasalnya, kotoran yang terperangkap di dalam pori-pori akan menjadi tempat berkembangnya bakteri penyebab jerawat.

Untuk meminimalkan risiko pori-pori tersumbat, kamu harus menjaga kebersihan kulit dengan baik. Salah satunya adalah rajin mencuci wajah. Jika kebiasaan ini telah dilakukan, namun keluhan pori-pori tersumbat tetap muncul, kamu dapat mengatasinya dengan beberapa cara.

Seperti melakukan perawatan facial di klinik kecantikan, menggunakan skincare khusus eksfoliasi, dan memanfaatkan bahan-bahan alami. Meskipun hanya memanfaatkan bahan-bahan alami, namun jika dilakukan dengan metode yang tepat dan secara rutin, maka hasilnya tak kalah ampuh dari perawatan mahal lho.

Seperti trik yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @i_ayesha_here, yang memakai pasta gigi dan tambahan 2 bahan dapur. Bahan dapur yang dimaksud adalah perasan lemon dan baking soda.

Bersihkan pori-pori tersumbat pasta gigi dan 2 bahan dapur Berbagai sumber

foto: TikTok/@i_ayesha_here

Manfaat pasta gigi untuk menghilangkan kotoran penyumbat pori-pori.

Pasta gigi ternyata tak hanya digunakan sebagai pembersih gigi, namun dapat membersihkan kotoran penyebab pori-pori tersumbat lho. Melansir Derm Collective, pasta gigi bisa menghilangkan komedo dengan cara pengelupasan. Pasalnya pasta gigi memiliki efek antibakteri dan antiinflamasi yang bisa diandalkan untuk mengangkat kotoran penyebab komedo.

Kandungan lemon untuk membersihkan kotoran penyebab jerawat dan komedo.

Lemon mengandung vitamin C tinggi yang memiliki beragam manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Dilansir dari Healthline, vitamin C dalam lemon dapat mengatasi permasalahan wajah termasuk kulit kusam, jerawat, dan komedo. Asam sitrat di dalamnya juga berfungsi mengecilkan dan membersihkan pori-pori yang tersumbat.

Baking soda membantu pembersihan kotoran penyebab pori-pori tersumbat.

Baking soda juga bisa menjadi salah satu bahan pembersih pori-pori secara mendalam dan menyeluruh. Pasalnya, bahan pengembang kue ini berfungsi sebagai eksfoliator untuk menghilangkan sel kulit mati dan kotoran penyumbat pori-pori. Baking soda juga akan menetralkan pH kulit dan mengontrol produksi minyak atau sebum, sebagai pencegahan risiko munculnya komedo dan jerawat.

Mengandalkan tiga bahan tersebut, kamu bisa membuat masker wajah yang dipercaya mampu membersihkan kotoran yang menyumbat pori-pori. Tak cuma itu, masker ini juga akan membuat wajah terasa lebih halus dan bebas komedo. Yuk, simak cara membuat dan menggunakannya, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @i_ayesha_here, Sabtu (1/6).

Bersihkan pori-pori tersumbat pasta gigi dan 2 bahan dapur Berbagai sumber

foto: TikTok/@i_ayesha_here

Bahan:

- Pasta gigi secukupnya
- 1 sendok makan perasan lemon
- 1/2 sendok makan baking soda

Cara membuat dan menggunakan:

1. Tuangkan bahan-bahan pada wadah yang sudah disiapkan.
2. Aduk ketiga bahan sampai tercampur merata dan teksturnya seperti pasta.
3. Cuci wajah terlebih dahulu sampai benar-benar bersih dari kotoran serta sisa makeup.
4. Keringkan wajah menggunakan handuk.

Bersihkan pori-pori tersumbat pasta gigi dan 2 bahan dapur Berbagai sumber

foto: TikTok/@i_ayesha_here

5. Aplikasikan masker pada wajah secara menyeluruh.
6. Gosok-gosok dengan lembut dan diamkan selama 10 menit.
7. Bilas menggunakan air sampai bersih.
8. Lanjutkan dengan penggunaan moisturizer.
9. Lakukan cara ini dengan rutin 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan wajah yang bersih bebas pori-pori tersumbat.

@i_ayesha_here #homemade #facepack #viral #video #foryoupage #tips original sound - Sanaya

(brl/jad)

tags

STORIES