Nggak pakai lemon, ini cara pudarkan pigmentasi di dahi dan garis senyum pakai 1 jenis kulit buah

Nggak pakai lemon, ini cara pudarkan pigmentasi di dahi dan garis senyum pakai 1 jenis kulit buah

Brilio.net - Wajah setiap orang pada dasarnya terus bergerak setiap hari menyesuaikan dengan reaksi dan emosi yang terjadi pada diri masing-masing. Gerakan wajah tersebut sejatinya membuat kulit wajah bergesekan satu sama lain. Nah, banyak orang tidak menyadari bahwa gesekan berulang tersebut dapat memicu kerutan dan penumpukan melanin di beberapa area kulit sehingga menjadi gelap.

Beberapa area wajah yang rentan mengalami hal tersebut adalah dahi dan garis senyum. Selain disebabkan gerakan berulang, area dahi dan garis senyum merupakan salah satu titik fokus yang seringkali terpapar sinar matahari secara langsung. Paparan sinar matahari ini sejatinya mengandung sinar UVA dan UVB yang membawa dampak negatif pada penuaan dan penggelapan kulit.

Kedua sinar tersebut tidak hanya merusak struktur protein kulit yang dipertahankan melalui produkesi kolagen dan elastin, namun juga menyebabkan peningkatan produksi melanin. Akibatnya, hiperpigmentasi di area wajah tadi menjadi sulit untuk dihindari. Bagi yang menghadapi masalah tersebut, nggak usah khawatir kok.

Kamu bisa memanfaatkan bahan alami sebagai solusi alternatif untuk membantu memudarkan pigmentasi di dua area tersebut. Caranya bisa kamu lakukan dengan meniru trik sederhana menggunakan kulit pisang, kunyit, dan madu sebagaimana ditunjukkan oleh @fivefeetfiveblog melalui Instagram, dilansir briliobeauty.net pada Senin (7/8).

pigmentasi dahi dan garis senyum  Instagram

foto: freepik.com

Kulit pisang mengandung senyawa bioaktif seperti antioxidan dan enzim, termasuk lutein yang dapat membantu mengurangi produksi melanin berlebih pada kulit. Selain itu, kulit pisang juga mengandung senyawa seperti antioksidan yang berfungsi melawan radikal bebas yang dapat merusak kulit dan meningkatkan produksi kolagen untuk meningkatkan elastisitas kulit. Enzim dalam kulit pisang juga dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati sehingga kulit akan terlihat lebih cerah dan segar.

pigmentasi dahi dan garis senyum  Instagram

foto: freepik.com

Kunyit sendiri merupakan bumbu dapur yang dikenal memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang kuat. Senyawa aktif dalam kunyit, seperti kurkumin dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit dan menghambat produksi melanin berlebih. Dengan demikian, kunyit dapat membantu mencerahkan dan meratakan warna kulit, termasuk di area dahi dan garis senyum.

pigmentasi dahi dan garis senyum  Instagram

foto: freepik.com

Madu memiliki khasiat antimikroba dan anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit. Selain itu, madu juga mengandung enzim dan asam alpha-hydroxy (AHA) alami yang membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru. Hal ini membuat madu menjadi bahan yang efektif dalam memudarkan kerutan sekaligus mencerahkan kulit yang mengalami hiperpigmentasi.

Nah, ketiga bahan di atas ini bisa kamu manfaatkan dengan cara sebagai berikut.

Alat dan bahan:

1. 1 buah pisang
2. 1 sendok teh bubuk kunyit
3. Madu secukupnya

Langkah pengerjaan:

pigmentasi dahi dan garis senyum  Instagram

foto: Instagram/@fivefeetfiveblog

1. Ambillah 1 buah pisang dan pisahkan kulitnya sebanyak 2 buah
2. Taburkan sekitar 1 sendok teh kunyit ke atas 2 kulit pisang tersebut
3. Tuangkan pula madu secukupnya ke atas kulit pisang tadi
4. Ratakan seluruh bahan di atas dengan menggosok kedua kulit pisang tadi
5. Aplikasikanlah kulit pisang tersebut ke daerah yang bermasalah dengan gerakan memutar selama 5-7 menit
6. Bilas dengan air bersih bila dirasa cukup.

(brl/mal)

tags

STORIES