Nggak perlu beli mouth spray mahal, ini cara hilangkan bau mulut tak sedap cuma pakai 3 bahan dapur

Nggak perlu beli mouth spray mahal, ini cara hilangkan bau mulut tak sedap cuma pakai 3 bahan dapur

Brilio.net - Gigi kuning, gigi berkarang, radang gusi, caries gigi, hingga bau napas yang tidak sedap menjadi masalah mulut yang cukup familiar. Dari beberapa masalah mulut tersebut, bau napas yang tak sedap kerap kali tidak disadari oleh penderitanya.

Bau mulut yang tidak sedap juga disebut dengan halitosis dalam istilah medis. Kondisi ini umumnya disebabkan oleh kebiasaan jarang menyikat gigi dan kurangnya menjaga kebersihan mulut. Selain menurunkan kepercayaan diri, masalah mulut ini juga dapat mengganggu kenyamanan.

Dikutip dari laman Healthline, bau mulut yang tak sedap umumnya disebabkan oleh bakteri yang tumbuh karena sisa makanan tersangkut di gigi. Sisa makanan tersebut kemudian melepaskan senyawa belerang yang menyebabkan mulut jadi berbau busuk.

Jika terus dibiarkan, bakteri penyebab bau mulut tersebut akan berkembang biak semakin banyak, hingga membentuk plak dan mengeras menjadi karang gigi. Tak cuma itu saja, bakteri yang terus berkembang tersebut juga bisa membuat gusi jadi infeksi dan menyebabkan nyeri atau sakit gigi.

Oleh karena itu, rutin membersihkan gigi sangatlah penting guna menjaga kesehatan dan kebersihan mulut. Selain karena tidak menjaga kebersihan mulut, ternyata bau mulut yang tak sedap juga disebabkan oleh beberapa faktor lain, seperti merokok, makan makanan beraroma kuat, penyakit pencernaan, hingga kondisi medis yang serius.

Salah satu cara yang kerap kali dilakukan untuk mengatasi bau mulut tak sedap adalah dengan menggunakan mouth spray. Produk ini memang efektif untuk menyegarkan mulut secara instan, namun sayangnya tidak membantu membunuh bakteri penyebab bau mulut yang tidak sedap.

Nah, solusi lainnya kamu bisa memanfaatkan bahan dapur menjadi obat kumur. Seperti yang dibagikan oleh salah satu pengguna TikTok dengan nama akun @toprecipes.1. Bahan-bahan dapur yang digunakan adalah cengkeh, baking soda, dan cuka putih.

Hilangkan bau mulut tak sedap pakai 3 bahan dapur tanpa mouth spray Berbagai sumber

Hilangkan bau mulut tak sedap pakai 3 bahan dapur tanpa mouth spray
TikTok/@toprecipes.1

Cengkeh efektif untuk menyegarkan mulut yang memiliki napas berbau tak sedap.

Cengkeh memiliki kandungan antifungal, antiseptik, dan antibakteri yang bermanfaat untuk mengurangi bakteri dan jamur di mulut. Kandungan antibakteri alami dalam cengkeh akan membasmi bakteri penyebab bau mulut sehingga nafas lebih segar. Tak hanya itu saja, cengkeh juga efektif mengurangi pembentukan plak dan karang gigi penyebab bau mulut yang tidak sedap.

Manfaat baking soda untuk menghilangkan bau mulut yang tak sedap.

Dilansir dari The Journal of The American Dental Association menunjukkan bahwa baking soda efektif membunuh bakteri penyebab bau mulut. Rutin berkumur dengan larutan baking soda juga dapat membantu membersihkan plak dan sisa makanan yang menempel di permukaan gigi. Bahan pengembang kue ini bahkan ampuh mencegah perkembangan bakteri yang menyebabkan berbagai permasalahan di mulut.

Cuka putih dapat menyeimbangkan pH di mulut dan membuat napas antibau tak sedap.

Cuka putih ternyata banyak dipakai untuk mengatasi masalah bau mulut yang tak sedap. Pasalnya bahan ini memiliki sifat antibakteri yang membantu menghilangkan bau mulut dan bakteri yang menyertainya. Bahan ini juga akan membantu mengembalikkan keseimbangan pH di mulut.

Mengandalkan tiga bahan tersebut, kamu bisa membuat obat kumur alami yang efektif untuk menghilangkan bau mulut yang tak sedap. Yuk, simak cara membuat dan menggunakannya, yang telah briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @toprecipes.1, Selasa (4/6).

Hilangkan bau mulut tak sedap pakai 3 bahan dapur tanpa mouth spray Berbagai sumber

Hilangkan bau mulut tak sedap pakai 3 bahan dapur tanpa mouth spray
TikTok/@toprecipes.1

Bahan:

- 1/2 gelas air
- 1 sendok makan cengkeh
- 1 sendok makan baking soda
- 3 sendok makan cuka putih

Cara membuat dan menggunakan:

1. Tuangkan cengkeh, baking soda, dan cuka putih pada gelas yang sudah berisi air
2. Aduk hingga tercampur merata dan larut
3. Gunakan untuk berkumur selama 1-2 menit setelah menyikat gigi
4. Lakukan berulang hingga air dalam gelas habis
5. Ulangi cara ini dengan rutin 3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Hilangkan bau mulut tak sedap pakai 3 bahan dapur tanpa mouth spray Berbagai sumber

Hilangkan bau mulut tak sedap pakai 3 bahan dapur tanpa mouth spray
TikTok/@toprecipes.1

@toprecipes.1 Recipe to get rid of bad breath. #badbreath #homeremedies #naturalremedy #recipe #recipesoftiktok #remedy sonido original - Top Recipes

(brl/ola)

tags

STORIES