Nggak perlu beli produk bleaching, ini trik memutihkan lutut dan siku pakai 1 jenis tepung

Nggak perlu beli produk bleaching, ini trik memutihkan lutut dan siku pakai 1 jenis tepung

Brilio.net - Kulit pada umumnya terdiri dari beberapa lapisan. Lapisan kulit yang paling luar dinamakan lapisan epidermis dan lapisan bagian dalam dinamakan endodermis. Ketebalan kulit pada tubuh juga berbeda-beda tergantung pada letaknya. Contohnya pada kulit lutut dan siku.

Lutut dan siku memiliki lapisan kulit yang lebih tebal dibandingkan bagian tubuh lainnya. Sehingga hal inilah yang menyebabkan kulit bagian lutut dan siku mudah berubah warna menjadi hitam. Di dalam kulit mengandung melanin, sehingga makin tebal lapisan, artinya makin banyak melanin (pigmen kulit) yang membuat kulit tampak lebih kusam atau hitam. Hal ini juga dapat dikarenakan menumpuknya sel kulit mati pada lutut dan siku.

Selain itu, di bagian kulit lutut dan siku memiliki kelenjar minyak yang lebih sedikit yang juga bisa menyebabkan lutut lebih kering dibandingkan kulit di bagian lain. Lutut dan siku hitam umum dialami oleh semua jenis kulit. Kendati demikian, orang-orang dengan kulit yang lebih gelap berisiko mengalaminya.

Mengingat kedua area tubuh ini jarang diperhatikan, seperti kulit wajah atau tangan, maka tak sedikit orang yang menyadarinya. Padahal, area lutut dan siku juga perlu dibersihkan dan dirawat menggunakan produk perawatan kulit. Tak perlu membeli produk bleaching dengan kandungan kimia didalamnya dan harga relatif mahal. Karena kamu bisa memutihkan lututmu hanya dengan memanfaatkan bahan-bahan alami.

Memutihkan lutut dan siku pakai 1 jenis tepung Berbagai sumber

foto: freepik.com

Salah satunya seperti unggahan yang dibagikan oleh pemilik akun TikTok @layallure pada 25 September 2020. Video tersebut membagikan tentang trik memutihkan lutut dan siku pakai 1 jenis tepung. Tepung yang digunakan adalah tepung beras. Selain itu, ia juga menambahkan bahan lain yaitu madu dan yoghurt.

"How to lighten dark knees & elbows (Cara memutihkan lutut & siku yang gelap)," tulisnya dalam video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @layallure, Selasa (8/8).

Tepung beras sering dijadikan sebagai eksfoliasi alami untuk mengangkat kotoran dan sel kulit mati. Kandungan nutrisi dan mineral pada tepung beras dapat membuat kulit menjadi lebih cerah. Selain itu, kandungan vitamin dan asam amino disebut sebagai zat pembersih dan dapat membuat kulit jadi lebih cerah dan putih. Tepung beras memiliki tekstur yang sedikit kasar, inilah asal muasal manfaat tepung beras untuk kulit yang ampuh mengangkat sel kulit mati.

Begitupun dengan madu yang juga dikenal mampu mengatasi berbagai masalah pada kulit. Manfaatnya ini berasal dari kandungan vitamin, seperti vitamin C dan vitamin E, serta antioksidan flavonoid di dalamnya. Madu diketahui mampu mencerahkan, melembapkan, dan memutihkan kulit lutut dan siku. Manfaat ini berasal dari kandungan vitamin E di dalamnya dan bisa lebih efektif jika dikombinasikan dengan bahan lainnya.

Sedangkan yoghurt, merupakan salah satu bahan alami yang berasal dari hasil fermentasi susu. Kandungan asam laktat pada yoghurt ini memiliki manfaat baik untuk perawatan kecantikan kulit. Selain itu, yoghurt mengandung probiotik, mineral, dan vitamin B di dalamnya gak cuma baik untuk metabolisme dalam tubuh, tapi juga kesehatan kulit. Yoghurt banyak dimanfaatkan untuk bahan masker atau lulur karena mampu membantu menjaga elastisitas kulit dan mencerahkannya, begitupun dengan area lutut dan sikumu yang menghitam.

Memutihkan lutut dan siku pakai 1 jenis tepung Berbagai sumber

foto: TikTok/@layallure

Nah, dengan ketiga bahan tersebut kamu bisa membuat scrub atau lulur khusus untuk memutihkan lutut dan siku. Apabila digunakan secara rutin, maka lutut dan siku kamu akan lebih cerah dan warna kulitnya jadi merata. Yuk, simak cara membuatnya.

Bahan:

1. 1 cup tepung beras
2. 1 sendok makan yoghurt
3. 1/4 cup yoghurt

Memutihkan lutut dan siku pakai 1 jenis tepung Berbagai sumber

foto: TikTok/@layallure

Cara membuat:

1. Tuangkan bahan-bahan tersebut pada sebuah wadah
2. Aduk ketiganya sampai tercampur merata dan mendapatkan tekstur yang kamu inginkan
3. Aplikasikan pada bagian lutut dan siku secara menyeluruh
4. Gosok-gosok dengan lembut area lutut dan siku selama beberapa menit
5. Diamkan selama 20 menit
6. Gosok-gosok kembali sembari dibilas menggunakan air sampai bersih
7. Lanjutkan dengan penggunaan pelembap
8. Gunakan scrub atau lulur ini secara rutin 2 kali seminggu untuk mendapatkan lutut dan siku yang cerah dan bebas kusam.

@layallure Most requested DIY #skincare #beauty #esthetician #diyskincare #glow original sound - Carlos

(brl/wen)

tags

STORIES