Nggak perlu pakai kunyit dan kopi, begini cara atasi pori-pori besar dengan 1 jenis bahan kue

Nggak perlu pakai kunyit dan kopi, begini cara atasi pori-pori besar dengan 1 jenis bahan kue

Brilio.net - Pori-pori pada kulit memiliki fungsi penting untuk mengeluarkan sebum yang dapat menjaga kulit tetap kenyal, lembap, dan sehat. Namun, produksi sebum yang berlebihan justru dapat menyumbat dan menyebabkan pori-pori membesar, sehingga kulit wajah terlihat kusam dan mudah berjerawat.

Selain produksi sebum berlebih, pori-pori yang besar juga disebabkan oleh menumpuknya sel kulit mati di wajah atau bisa jadi dari faktor usia, sehingga pori-pori kehilangan elastisitasnya. Faktor eksternal juga dapat membuat pori-pori wajah membesar. Paparan sinar UV dari matahari, polusi, dan asap rokok dapat merusak jaringan kolagen dan elastin, sehingga struktur kulit di pori-pori menjadi melemah.

Kulit di mulut pori-pori pun mengendur, sehingga pori-pori menjadi terlihat besar. Oleh karena itu, mengecilkan pori-pori dapat membantu menghilangkan komedo. Salah satu cara mengecilkan tampilan pori-pori besar di wajah adalah dengan memakai base makeup.

Tapi, sayangnya trik tersebut tidak akan berlangsung lama. Karena setelah makeup dibersihkan maka pori-pori wajah akan kembali seperti semula. Pori-pori tidak seperti pintu yang bisa dengan mudah dibuka dan ditutup.

Nah, solusinya kamu bisa mengecilkan ukuran pori-pori wajahmu dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Nggak perlu pakai kunyit dan kopi, karena ada bahan alami lain yang juga ampuh untuk mengatasi berbagai faktor penyebab pori-pori membesar.

Seperti halnya video dari akun TikTok @trumary pada 14 April 2020. Dalam video unggahannya tersebut, pemilik akun memberikan cara atasi pori-pori besar dengan 1 jenis bahan kue. Bahan kue yang dimaksud adalah baking soda. Selain baking soda, ia juga menambahkan bahan lain yaitu putih telur.

"Best DIY face mask for large/clogged PORES (Masker wajah DIY terbaik untuk PORI besar/tersumbat)," tulisnya dalam video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @trumary, Kamis (31/8).

Atasi pori-pori besar dengan 1 jenis bahan kue Berbagai sumber

foto: freepik.com

Selain sebagai bahan pembuatan kue, baking soda ternyata juga dapat kamu manfaatkan untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit. Baking soda adalah zat yang membantu membersihkan pori-pori sekaligus mengecilkannya. Perawatan ini juga mencegah timbulnya jerawat dengan menjaga pori-pori tetap bersih dan tertutup rapat.

Selain itu, soda kue juga dapat membantu dalam menyeimbangkan tingkat pH kulit. Sifat antiinflamasi dan antibakterinya membantu mengurangi jerawat dan membantu mengecilkan pori-pori wajah.

Sementara itu, putih telur memiliki kandungan protein, vitamin, karbohidrat, kalsium, kolin, fosfor, sodium, zat besi, magnesium, kalium, seng, selenium, lutein dan zeaxanthin, folat dan lain sebagainya. Masker putih telur sangat terkenal manfaatnya, yang bisa membantu mengecilkan pori-pori di wajah. Karena masker ini bisa digunakan sebagai eksfoliator, yang mampu mengangkat sel kulit mati, minyak berlebih, debu dan kotoran yang menyumbat di dalam pori-pori. Sehingga, menyebabkan pori-pori tampak lebih besar.

Dengan kedua bahan tersebut, kamu dapat memanfaatkannya sebagai masker wajah yang mampu mengecilkan ukuran pori-pori. Bahkan, apabila digunakan secara rutin, kamu akan mendapatkan wajah yang lebih mulus, serta bebas komedo dan jerawat. Yuk, simak cara membuatnya:

Atasi pori-pori besar dengan 1 jenis bahan kue Berbagai sumber

foto: TikTok/@trumary

Bahan:

1. 1 butir putih telur

2. 1/2 sendok teh baking soda

Atasi pori-pori besar dengan 1 jenis bahan kue Berbagai sumber

foto: TikTok/@trumary

Cara membuat:

1. Pisahkan putih telur dari kuningnya

2. Masukkan kedalam wadah lalu tambahkan baking soda

3. Aduk keduanya sampai tercampur merata dan berbusa

4. Aplikasikan pada wajah yang sudah bersih secara menyeluruh

5. Diamkan sampai kering kemudian cuci menggunakan air dingin sampai bersih

6. Keringkan wajah lali lanjutkan dengan pemakaian moisturizer

Nggak perlu bingung memilih merek moisturizer, Somethinc SKIN GOALS Moisture Silk Crem bisa menjadi pilihanmu. Moisturizer ini memiliki 5X brightening power yang dapat mencerahkan wajah dan memudarkan dark spot dalam waktu 28 hari saja. Ditambah lagi, 3D Aqua Seal Technology yang disematkan pada formulasi produk ini membuatnya melembabkan kulit langsung setelah dioleskan di wajah. Untuk mengetahui harga termurahnya kamu bisa cek di bawah ini.

7. Gunakan masker ini secara rutin 2-3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan wajah yang lebih flawless.

@trumary This ones one of my favs #fy #diy #skincare #tiktokskincare #diymask #facial #skincareroutine #imbored #stayathome #viral #foryou #frdich Supalonely (feat. Gus Dapperton) - BENEE

(brl/pep)

tags

STORIES