Nggak perlu produk mahal, ini trik mengangkat sel kulit mati penyebab kusam pakai 1 jenis minyak

Nggak perlu produk mahal, ini trik mengangkat sel kulit mati penyebab kusam pakai 1 jenis minyak

Brilio.net - Sel kulit mati adalah sel-sel kulit yang mengelupas dari tubuh yang nantinya akan digantikan dengan sel-sel kulit baru. Kulit manusia secara alami membuang lapisan kulit terluar beberapa waktu sekali. Proses ini menghasilkan sel-sel kulit mati. Pergantian sel kulit baru dan pengelupasan sel kulit mati disebut dengan deskuamasi. Namun, terkadang sel kulit tidak mengelupas secara normal.

Menurut American Academy of Dermatology Association, sel kulit mati membentuk 1823 lapisan pertama kulit kamu. Seiring bertambahnya usia, pengelupasan kulit menjadi semakin melambat sehingga bisa membuat kulit kamu menjadi kering, bersisik, dan gatal. Ketika ini terjadi, sel-sel kulit mati dapat menumpuk di permukaan kulit. Akibatnya, kulit tampak kusam dan bersisik.

Kulit kusam adalah kulit yang tidak mendapatkan kelembapan yang cukup, sehingga penampilannya tertutup dengan kulit yang lebih gelap. Selain itu, penumpukan sel kulit akan menyebabkan kulit kamu terlihat gelap dan kusam. Warna gelap pada kulit kusam berbeda dari warna kulit gelap alami.

Orang dengan warna kulit gelap mempunyai lebih banyak pigmen melanin (zat pewarna kulit) pada kulitnya. Kulit gelap tetap dapat terlihat cerah asalkan kondisinya cukup lembap dan sehat. Sementara itu, kulit kusam terlihat tidak rata dan tidak cerah. Kamu dapat mengatasi kondisi ini dengan melakukan eksfoliasi. Perawatan ini mempercepat proses pengelupasan dan menjaga kesehatan kulit.

Tak perlu membeli produk eksfoliasi di pasaran dengan harga yang relatif mahal. Karena kamu bisa membuat produk eksfoliasi sendiri hanya dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Seperti unggahan video TikTok dari akun @__.indigo.___ pada 22 Juni 2023.



Unggahan tersebut berisi tentang trik mengangkat sel kulit mati penyebab kusam pakai 1 jenis minyak. Minyak yang digunakan adalah minyak kelapa. Selain itu, ia juga menambahkan bahan lain yaitu gula pasir, bubuk kopi, dan madu.

"It removes dead skin Add glow to the skin Lovely scent. Keeps the skin moisturize Reduces inflammation (Ini menghilangkan kulit mati Menambah cahaya pada kulit untuk Aroma yang indah. Menjaga kelembapan kulit dan Mengurangi peradangan)," katanya dalam keterangan video unggahan, seperti briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @__.indigo.___, Sabtu (5/8).

Mengangkat sel kulit mati pakai 1 jenis minyak Berbagai sumber

foto: freepik.com

Minyak kelapa mempunyai berbagai manfaat terutama bagi kecantikan kulit. Minyak kelapa diketahui mampu mencerahkan kulit, menyamarkan bintik hitam, dan meratakan warna kulit berkat berbagai kandungan vitamin dan antioksidan di dalamnya. Sementara itu, minyak kelapa selain mampu melembapkan kulit juga memiliki fungsi sebagai eksfoliator. Pasalnya minyak kelapa dapat membersihkan kotoran dan sel kulit mati yang terjebak di pori-pori.

Sementara gula pasir, yang juga dapat kamu manfaatkan sebagai bahan untuk membuat scrub. Scrub dari gula akan membantu mengangkat sel kulit mati secara alami. Proses eksfoliasi ini akan menghilangkan noda di kulit tanpa menyumbat pori-pori, sekaligus mengembalikan keseimbangan minyak di kulit.

Tak terkecuali dengan bubuk kopi, selain sebagai bahan minuman yang mampu mencegah kantuk, kopi juga dapat kamu manfaatkan untuk membantu mengangkat sel kulit mati penyebab kulit kusam. Ini karena butiran kopi berfungsi sebagai scrub yang melakukan eksfoliasi dengan mengangkat sel-sel kulit mati serta membuka pori-pori yang tersumbat. Kandungan asam dalam kopi juga bisa membantu mengangkat lapisan kulit mati lebih jauh lagi seperti halnya eksfoliator kimiawi.

Begitupun dengan madu yang mengandung vitamin, seperti vitamin C dan vitamin E, serta antioksidan flavonoid di dalamnya. Berkat kandungan tersebut, madu dapat digunakan sebagai bahan alami eksfoliasi kulit untuk mengangkat sel kulit mati dan merangsang terbentuknya sel kulit baru yang lebih sehat.

Mengangkat sel kulit mati pakai 1 jenis minyak Berbagai sumber

foto: TikTok/@__.indigo.___

Cukup dengan keempat bahan tersebut kamu bisa membuat scrub eksfoliasi untuk mengangkat sel kulit mati. Jika digunakan secara rutin, kamu akan mendapatkan kulit yang halus dan bebas kusam. Begini cara membuatnya.

Bahan:

1. Gula pasir secukupnya
2. 4 Sendok makan bubuk kopi
3. Minyak kelapa secukupnya
4. Madu secukupnya

Mengangkat sel kulit mati pakai 1 jenis minyak Berbagai sumber

foto: TikTok/@__.indigo.___

Cara membuat:

1. Campurkan bahan-bahan yang sudah disebutkan pada wadah
2. Aduk keempat bahan sampai tercampur merata dan bertekstur kental
3. Aplikasikan pada kulit secara menyeluruh
4. Gosok-gosok dengan lembut menggunakan gerakan memutar
5. Diamkan selama 8-10 menit lalu bilas menggunakan air sampai bersih
6. Lanjutkan dengan penggunaan shower gel andalanmu
7. Gunakan scrub ini secara rutin 2 kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

@__.indigo.___ Replying to @Mimi It removes dead skin Add glow to the skin Lovely scent Keeps the skin moisturize Reduces inflammation #coffeescrub #diycoffeescrub #fyp #skincare #bodyscrub #diy #coffeescrubforskin #explore #explorepage #fup original sound - Precious Julz

(brl/far)

tags

STORIES