Niat pakai makeup untuk menunjang penampilan, pria ini alami iritasi pada mata usai pakai concealer

Niat pakai makeup untuk menunjang penampilan, pria ini alami iritasi pada mata usai pakai concealer

Brilio.net - Produk kosmetik memang bisa membuat wajah jadi cantik dan penampilan menarik dalam seketika. Namun sayangnya, tidak semua produk kecantikan yang diproduksi aman digunakan pada jenis kulit yang kamu miliki. Beberapa produk kecantikan mungkin ada yang mengandung bahan kimia yang bisa menimbulkan reaksi alergi pada wajah.

Bagi kamu yang baru mencoba produk baru, sebelum membeli produk baru perlu melakukan tes terlebih dahulu pada beberapa bagian kulit, seperti halnya di tangan. Jika tidak dilakukan tes terlebih dahulu, wajah bisa mengalami alergi atau iritasi. Perlu kamu ketahui, kulit wajah menjadi bagian yang rentan terhadap alergi atau infeksi. Hal ini dikarenakan kandungan produk bisa memengaruhi struktur dan fungsi kulit, sehingga menyebabkan peradangan.

 iritasi pada mata usai pakai concealer  2024 TikTok

iritasi pada mata usai pakai concealer
TikTok/@fikay.pr

Selain peradangan, penggunaan makeup seperti concealer juga bisa menimbulkan reaksi alergi berupa infeksi pada mata. Keadaan ini seperti yang terjadi pada seorang pria bernama Fikay. Lewat unggahan di akun TikTok @fikay.pr, awalnya Fikay menggunakan makeup seperti concealer dan cushion untuk menunjang penampilan sehari-harinya.

"Kemarin aku alergi banget sama concealer dan juga beberapa produk cushion. Intinya teh buat teteh-teteh semuanya atau enggak kalian gitu ya yang pengen makeup-an kudu hati-hati," ujar Fikay dikutip briliobeauty.net dari TikTok @fikay.pr, Kamis (18/7).

 iritasi pada mata usai pakai concealer  2024 TikTok

iritasi pada mata usai pakai concealer
TikTok/@fikay.pr

Alih-alih penampilannya menjadi menarik, Fikay justru mengalami infeksi pada area mata yang terlihat memerah di bagian sklera. Cukup membuatnya tak nyaman lantaran menimbulkan rasa gatal yang teramat sangat. Akhirnya Fikay memeriksakan keadaan matanya ke klinik. Fikay mendapatkan penanganan lebih lanjut dengan treatment pemberian obat tetes mata.

"Aku pribadi kemarin ngalamin banget yang sering ngantukan. Tapi mata tuh merah banget ya tiap pakai concealer, nggak tahu kenapa," ujar Fikay.

Menurutnya, infeksi mata ditimbulkan zat dari produk makeup yang tidak cocok dengan kulitnya. Fikay menduga hal ini mungkin dikarenakan formulasi makeup yang terlalu pigmented.

"Mungkin terlalu berat kah. Isi concealer-Nya atau cushion-Nya. Aku kurang tau, tadinya aku sering banget pakai concealer, pakai makeup tips karena aku sering banget ketemu orang dan aku sering begadang mata panda aku besar," ujarnya.

 iritasi pada mata usai pakai concealer  2024 TikTok

iritasi pada mata usai pakai concealer
TikTok/@fikay.pr

Walaupun sudah mendapatkan penanganan dari tenaganprofesional, setiap menggunakan concealer tubuh Fikay mengalami demam, sesak nafas, dan flu. Gejala tersebut menurutnya terjadi selama tiga hari.

"Disitu aku bener-bener ga paham banget ya. Siapa tahu di sini ada dokter kulit yang benar-benar paham atau nggak kalian tahu itu kenapa ya," imbuhnya.

Unggahan video itu mendapatkan berbagai komentar dari netizen. Bahkan ada yang mengalami rasa tidak nyaman saat pakai makeup seperti Fikay.

"iya betul, aku ngalamin setiap kli make up,kok rasanya gak nyaman kaya ngantukan gtu,Pdhal aku tidurnya cukup,pkoknya stiap kli pake make up bbrpa jam kmudian krasa ngantuk,kek lelah aja wajahnya," tulis akun @.

"sama,, ngalamin gini banget pake bb krim pixy," imbuh komentar akun @ML18.

"pdhl gk krja berat,trus klo pake eyeliner yg pensil kya krayon gak bsa jg langsung merah mata, ada yg sma kah ???" Timpal lagi akun @.

"Bnrrr aku saksinyaaa" tulis akun @Angkasajuna.

(brl/ola)

tags

STORIES