No tipu-tipu, ini 7 sunscreen dengan nilai proteksi SPF terverifikasi harga mulai dari Rp 30 ribuan

No tipu-tipu, ini 7 sunscreen dengan nilai proteksi SPF terverifikasi harga mulai dari Rp 30 ribuan

Brilio.net - Baru-baru ini, masyarakat Indonesia dihebohkan dengan perbincangan mengenai dugaan jumlah SPF palsu dalam produk sunscreen. Dalam video viral di TikTok tersebut, pengunggah menunjukkan hasil uji labor yang menunjukkan adanya "overclaimed" dari produk terkait.

Meskipun memiliki klaim SPF 50, nyatanya hasil justru menunjukkan jumlah 2 yang jelas sangat jauh dari angka tertulis di produk. Mengkhawatirkan sekali bukan?

Apa sih sebenarnya arti dari SPF dan PA yang sering tertulis dalam produk sunscreen? Untuk diketahui SPF (sun protection factor) merupakan tingkat perlindungan dari sinar UVB yang bertanggung jawab dalam memberi rasa terbakar dan hiperpigmentasi pada kulit. Sementara itu, PA (protection grade of UVA) adalah tingkat perlindungan dari sinar UVA yang memberikan efek penuaan pada sel-sel kulit. Singkatnya, semakin tinggi angka SPF dan jumlah tanda "+" pada PA, maka semakin baik proteksi yang diberikan dari ancaman sinar matahari.

Nah, untuk dapat memberikan klaim SPF dan PA di produk masing-masing, sudah seharusnya setiap brand menjalankan serangkaian uji laboratorium untuk membuktikan hasil kerja dari produk mereka. Dalam hal ini, sunscreen biasanya harus melewati tes bernama in-vivo dan in-vitro terlebih dahulu.

In-vivo sendiri merupakan jenis tes yang dilakukan dengan melibatkan manusia secara langsung melalui pengaplikasian produk sunscreen langsung di kulit responden. Sementara itu, in-vitro tidaklah melibatkan organisme hidup, dimana dalam hal ini nilai sunscreen diteliti dengan melihat transmisi radiasi UV sunscreen pada biomembran dan menguji karakteristik sunscreen lewat spektrofotometri.

Nah, sebagai respons atas kekhawatiran masyrakat sebagai konsumen, maka banyak brand yang kemudian merilis hasil uji lab mereka sebagai basis bukti klaim SPF dan nilai PA yang tertulis di produk mereka.

Jadinya, masyarakat nggak perlu cemas sama nilai proteksi yang nggak jelas lagi. Yuk intip beberapa di antaranya sebagaimana telah dilansir briliobeauty.net dari berbagai sumber pada Selasa (22/8)

1. Azarine Cicamide Barrier Sunscreen

7 sunscreen dengan nilai proteksi SPF terverifikasi  Instagram

foto: Instagram/@azarinecosmeticofficial

Sunscreen produksi Azarine satu ini ditujukan dengan pemilik kulit kering dan gampang teritasi. Hal ini dikarenakan kandungan 5x ceramide, centella asiatica, squalane, dan ectoin di dalamnya mampu membantu memperbaiki skin barrier dan menenangkan iritasi pada kulit sensitf. Sunscreen ringan ini sendiri telah terbukti cocok dengan klaim mereka karena hasil uji in-vivo yang telah dilakukan menunjukkan SPF 36,7. Kamu bisa mendapatkannya dengan harga sekitr Rp 35 ribuan saja.

2. Azarine Calm My Acne Sunscreen

7 sunscreen dengan nilai proteksi SPF terverifikasi  Instagram

foto: Instagram/@azarinecosmeticofficial

Kalau tadi ditujukan untuk kulit kering, sunscreen yang sama-sama diproduksi Azarine ini lebih ditujukan untuk pemiliki kulit berminyak dan berjerawat. Dengan tekstur yang juga ringan, sunscreen ini memiliki komponen seperti bakuchiol dan pionin yang dapat melindungi kulit dari potensi jerawt dan mengontrol produksi minyak. Hasil uji secara in-vivo pun menunjukkan bahwa SPF-nya berada di angka 37,6. Sunscreen ini pun dibanderol dengan harga yang sama seperti di atas, sekitar Rp 35 ribuan.

3. Dear Me Beauty Acne Care Sunscreen Gel

7 sunscreen dengan nilai proteksi SPF terverifikasi  Instagram

foto: Instagram/@dearmebauty

Produk sunscreen baru keluaran Dear Me Beauty ini ditujukan untuk orang dengan masalah jerawat karena teksturnya ringan, cepat meresap, dan tidak meninggalkan white cast. Kandungan 1 persen succinic acid, PGA, dan 4D Hyaluronic Acid di dalamnya membuat sunscreen ini tidak hanya bagus melawan jerawat, namun juga dapat menjaga hidrasi dan kekuatan skin barrier. Selain itu, hasil uji SPF sejumlah 53,0 dan PA ++++ secara in-vitro dan in-vivo membuat klaim dari sunscreen ini benar adanya. Produk ini sendiri dibanderol dengan harga Rp 85 ribuan.

4. Carasun Healthy Matte UV Protector

7 sunscreen dengan nilai proteksi SPF terverifikasi  Instagram

foto: Instagram/@carasun.id

Suncreen besutan Carasun ini mengandung kaolin clay yang dapat mengontrol minyak dan tampilan bebas kilap selama 12 jam. Selain itu, kandungan ekstrak beras di dalamnya juga membantu menutrisi kulit, mencegah timbulnya jerawat, dan cepat menyerap di kulit tanpa rasa lengket. Hasil tes in-vivo dari sunscreen ini pun menunjukkan angka SPF sejumlah 55,2 sehingga tidak "overclaimed". Kamu bisa mendapatkan sunscreen ini dengan harga mulai dari Rp 80 ribuan.

5. Studio Tropik Skin Pretty Filter (SPF) Sunscreen

7 sunscreen dengan nilai proteksi SPF terverifikasi  Instagram

foto: Instagram/@studiotropik

Sunscreen unik keluaran studio tropik ini merupakan hybrid sunscreen dengan teknologi skin fusion capsules. Hal ini membuat sunscreen satu ini tidak hanya memberikan perlindungan dari sinar UVA dan UVB, namun juga memiliki formula color corrector yang dapat meratakan warna kulit dan menetralkan kemerahan. Hasil uji in-vivo sunscreen ini pun menunjukkan angka yang relatif lebih tinggi dari klaimnya, sejumlah SPF 82,6. Jadi, kamu nggak perlu khawatir deh kalau memakai produk ini. Sunscreen ini sendiri dibanderol dengan harga Rp 160 ribuan.

6. Wardah UV Shield Essential Gel Sunscreen Serum

7 sunscreen dengan nilai proteksi SPF terverifikasi  Instagram

foto: Instagram/@wardahbeauty

Produk sunscreen dari Wardah ini merupakan chemical sunscreen dengan tekstur gel yang mengandung senyawa vitamin C. Jadi, tidak hanya mampu melindungi dari paparan sinar matahari yang berbahaya, sunscreen ini juga bsa membantu mencerahkan kulit juga lho. Hasil uji SPF-nya yang dikeluarkan oleh Princeton Consumer Research di UK pun menunjukkan bahawa nilainya terbukti valid dengan rata-rata angka sejumlah 35,9. Produk ini sendiri bisa kamu dapatkan dengan harga sekitar Rp 35 ribuan saja.

7. Somethinc Holyshield UV Watery Sunscreen

7 sunscreen dengan nilai proteksi SPF terverifikasi  Instagram

foto: Instagram/@somethincofficial

Last but not least, ada sunscreen dari brand Somethinc yang udah banyak dikenal nih. Selain sinar UV, sunscreen ini dilengkapi dengan proteksi terhadap polusi, blue-light, & infra-red untuk mencegah tanda penuaan dini. Plus, bentuk snowflake molecules membuat sunscreen ini memberikan sensasi dingin & menyerap langsung seperti air yang nyaman digunakan sepanjang hari. Klaimnya produk SPF 50+ nya pun nggak main-main, karena hasil uji SPF-nya berada di angka 64,3. Harga dari produk ini sendiri dimulai dari Rp 55 ribuan untuk ukuran kecil dan 140 ribuan untuk yang besar.

(brl/pep)

tags

STORIES