Pemakaian asal justru bikin jerawatan, dokter ini bagikan cara tepat pakai micellar water

Pemakaian asal justru bikin jerawatan, dokter ini bagikan cara tepat pakai micellar water

Brilio.net - Micellar water merupakan produk skincare digunakan sebagai pembersih wajah. Sesuai dengan namanya, micellar water ini berbahan dasar air, gliserin, dan diformulasikan dengan surfaktan ringan. Semua kandungan yang ada pada micellar water diklaim mampu mengangkat kotoran dengan mudah tanpa membuat kulit jadi greasy. Bahkan, sejumlah brand kecantikan mengklaim bisa menghilangkan sisa makeup hanya dalam beberapa usapan.

Penggunaan micellar water yang mudah dan nggak ribet, tentu bikin nyaman penggunanya. Walaupun penggunaan micellar water ini terkesan sederhana, masih ada beberapa orang yang kurang tepat dalam menggunakan micellar water. Penggunaan micellar water yang salah justru dapat memicu munculnya jerawat, kulit kering, dan kusam.

Agar kulit wajah kamu tetap terjaga kesehatannya, seorang dokter bernama Gio, yang merupakan pakar kecantikan sekaligus TikToker membagikan beberapa tips mengenai cara pakai micellar water.

"Ada empat tips agar kamu nggak salah lagi," ujar Dr.Gio dikutip briliobeauty.net dari TikTok @dr.giovanniabraham. Selasa (11/6).

cara pakai micellar water. berbagai sumber

foto: TikTok/@dr.giovanniabraham

Tips pertama yang perlu kamu lakukan adalah menggunakan micellar water sebelum cuci wajah. Melakukan double cleansing menurut Dr.Gio memaksimalkan kinerja micellar water. Pasalnya pengaplikasikan micellar water dan kemudian dilanjut dengan mencuci wajah, diklaim bisa mengangkat kotoran dan minyak.

Sementara itu, tips yang kedua yaitu memaksimalkan penggunaan kapas dan micellar water. Terlebih lagi saat kamu menggunakan makeup tebal. Usahakan menggunakan kapas lebih dari dua atau tiga kapas.

"Jangan sampai kamu mau irit-irit, nanti kotorannya itu malah nempel di tempat lain. Jadi jangan irit-irit," jelas Dr. Gio.

cara pakai micellar water. berbagai sumber

foto: TikTok/@dr.giovanniabraham

Tips yang ketiga yaitu jangan asal bersihin wajah ya. Awali membersihkan wajah dari bawah terlebih dahulu atau bagian yang tidak terlalu banyak makeupnya. Pasalnya menarik kapas dari bagian kotor ke area wajah yang bersih, bisa menyebabkan jerawat.

"Misal makeup kamu banyak di mata, jangan dibersihkan matanya dulu, terus kamu gosok kebagian yang bersih," jelasnya.

cara pakai micellar water. berbagai sumber

foto: TikTok/@dr.giovanniabraham

Tips yang keempat atau terakhir yaitu menggunakan micellar water bukan dengan cara digosok. Melainkan kamu diamkan terlebih dahulu pada area yang kotor. Setelah itu, barulah kamu usap secara perlahan. Cukup dengan menempelkan kapas berisi micellar water, kotoran pada wajah bisa terangkat.

"Jadi bukan digosok, jangan kayak kamu lagi bersihin meja, bersihin cuci piring, bukan. Kalau udah kotor, ganti kapasnya dan tambahin micellar water," imbuhnya.

@dr.giovanniabraham Kalau kamu punya masalah kulit jadi kering atau jerawatan karena pakai micellar water! Wajib nonton video ini supaya wajah kalian bersih dan sehat #micellarwater #skincare #doublecleansing #cleanser #makeup #longervideos #fypviral Care - Liudmila Chetvertnykh

(brl/wen)

tags

STORIES