Rempah penghangat tubuh ini bisa putihkan gigi kuning, cuma dicampur 2 bahan dapur

Rempah penghangat tubuh ini bisa putihkan gigi kuning, cuma dicampur 2 bahan dapur

Brilio.net - Permasalahan gigi dan mulut memang cukup mengganggu kenyamanan dan penampilan seseorang. Salah satunya yang paling sering dialami adalah gigi kuning. Bukan tanpa sebab, gigi kuning bisa muncul karena beberapa faktor, seperti kebiasaan mengonsumsi makanan atau minuman berwarna pekat, malas menyikat gigi, merokok, efek penuaan, serta penumpukan plak dan karang gigi.

Gigi kuning yang tak segera diatasi, lambat laun akan menjadi kerak yang sulit dihilangkan. Tak hanya itu saja, kondisi ini biasanya juga disertai dengan gangguan lain, seperti bau mulut yang tidak sedap, karies, dan penyakit gusi.

Jika terus dibiarkan, kondisi ini bisa menyebabkan kerusakan gigi yang lebih parah. Oleh karena itu, kamu perlu menjaga kebersihan dan merawat kesehatan gigi dengan rajin menyikat gigi. Cara dasar merawat gigi yang bisa kamu lakukan untuk mencegah gigi kuning adalah menyikat gigi sehari dua kali, setelah makan dan sebelum tidur.

Kamu bisa memilih pasta gigi pemutih atau membuat pasta gigi racikan sendiri, dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang efektif untuk memutihkan gigi. Seperti yang dibagikan oleh salah satu pengguna TikTok dengan nama akun @reneeangelique, yang memakai rempah penghangat tubuh untuk memutihkan gigi.

Rempah penghangat tubuh ini bisa putihkan gigi kuning Berbagai sumber

foto: TikTok/@reneeangelique

Rempah yang dimaksud adalah jahe. Ia juga menambahkan bahan dapur lain yaitu minyak kelapa dan baking soda. Begini cara membuat dan menggunakannya, yang telah briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @reneeangelique, Jumat (12/7).

Bahan:

- 1 sendok makan minyak kelapa (VCO)
- 2 sendok makan baking soda
- Sepotong jahe
- Pasta gigi secukupnya

Rempah penghangat tubuh ini bisa putihkan gigi kuning Berbagai sumber

foto: TikTok/@reneeangelique

Cara membuat dan menggunakan:

1. Tuangkan minyak kelapa pada wadah anti panas lalu cairkan menggunakan microwave
2. Keluarkan dari microwave kemudian tambahkan baking soda
3. Kupas jahe lalu cuci menggunakan air sampai bersih
4. Blender atau parut jahe hingga benar-benar halus
5. Saring hasil parutan jahe dan ambil sarinya saja
6. Campurkan pada minyak kelapa dan baking soda
7. Tambahkan pasta gigi lalu aduk keempat bahan tersebut sampai tercampur merata
8. Gunakan untuk menyikat gigi seperti biasanya
9. Lakukan cara ini dengan rutin 2 kali sehari saat pagi dan malam hari untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Rempah penghangat tubuh ini bisa putihkan gigi kuning Berbagai sumber

foto: TikTok/@reneeangelique

Kandungan minyak kelapa untuk memutihkan gigi kuning.

Dilansir dari Healthline, manfaat minyak kelapa untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut dikenal dengan istilah oil pulling. Kandungan asam laurat dalam minyak kelapa merupakan jenis asam lemak yang paling efektif untuk membunuh bakteri dibandingkan jenis asam lainnya.

Minyak alami ini mungkin tidak dapat digunakan untuk memutihkan gigi secara langsung. Namun, minyak kelapa memiliki manfaat sebagai pembunuh bakteri dan pencegah gigi berlubang. Artinya, minyak kelapa juga bisa mencegah perubahan warna gigi yang menyertai kondisi tersebut.

Manfaat baking soda untuk mengikis noda kuning pada gigi.

Baking soda memiliki kandungan alami yang mampu memutihkan gigi dan mengikis noda kekuningan di permukaan gigi. Selain memutihkan gigi, baking soda juga efektif mencegah tumbuhnya bakteri di dalam mulut. Bahan pengembang kue ini memiliki sifat abrasif ringan sehingga mampu menghilangkan noda di permukaan gigi.

Jahe efektif mencegah gigi kuning.

Jahe juga termasuk bahan alami yang efektif untuk mengatasi gigi kuning. Pasalnya rempah ini bersifat antibakteri yang ternyata juga dapat membersihkan noda kuning di permukaan gigi. Dilansir dari Daily Mail, bahan kimia yang memberi rasa pedas dalam jahe, akan merangsang enzim di dalam mulut guna memecah zat-zat yang membuat gigi menguning dan bau mulut tak sedap.

(brl/wen)

tags

STORIES