Rempah-rempahan ini bisa usir bau mulut tak sedap, cara mengolahnya cuma butuh waktu 15 menit

Rempah-rempahan ini bisa usir bau mulut tak sedap, cara mengolahnya cuma butuh waktu 15 menit

Brilio.net - Bau mulut yang tidak sedap dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kurangnya kebersihan mulut yang baik, infeksi gigi atau gusi, konsumsi makanan yang beraroma kuat seperti bawang atau kopi, serta masalah kesehatan seperti gangguan pencernaan atau sinusitis.

Guna mengatasi masalah ini, penting untuk menjaga kebersihan mulut dengan rutin menyikat gigi minimal dua kali sehari dan menggunakan benang gigi untuk membersihkan sela-sela gigi. Berkumur dengan air setelah makan juga dapat membantu menghilangkan sisa-sisa makanan yang menjadi penyebab bau.

Selain itu, mengonsumsi banyak air putih untuk menjaga produksi air liur yang cukup juga bisa membantu mengurangi bau mulut. Penting juga untuk mengunjungi dokter gigi secara teratur untuk pemeriksaan dan membersihkan gigi secara menyeluruh, serta mengidentifikasi dan mengobati masalah gigi atau gusi yang mungkin menjadi penyebab bau mulut.

Tak cuma itu, kamu juga bisa membuat ramuan penyegar mulut dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Bahkan kamu bisa menemukan bahan-bahannya di dapur lho. Seperti yang dibagikan oleh salah satu pengguna TikTok dengan nama akun @mimi.zibil, yang memakai rempah-rempah untuk membuat ramuan penghilang bau mulut tak sedap.

Rempah-rempahan bisa usir bau mulut tak sedap Berbagai sumber

foto: TikTok/@mimi.zibil

Rempah yang dimaksud adalah jahe, cengkeh, dan kayu manis. Ia juga menambahkan madu untuk memberi rasa manis. Untuk mengolahnya, tak butuh waktu lama, paling cuma 15 menit.

Yuk, simak cara mengolahnya berikut ini, yang telah briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @mimi.zibil, Selasa (23/7).

Bahan:

- 2 jempol jahe
- 1 sendok teh cengkeh
- 1 batang kayu manis
- Madu secukupnya
- 1 gelas air

Rempah-rempahan bisa usir bau mulut tak sedap Berbagai sumber

foto: TikTok/@mimi.zibil

Cara mengolah:

1. Cuci rempah-rempah sampai bersih
2. Potong-potong jahe menjadi bagian yang lebih kecil
3. Tuangkan air pada panci lalu tambahkan potongan jahe, cengkeh, dan kayu manis
4. Masak sampai mendidih dan air berubah warna jadi kecokelatan
5. Matikan kompor lalu diamkan sampai hangat
6. Saring air rebusan rempah tersebut dan buang ampasnya
7. Tambahkan madu pada air rebusan rempah
8. Aduk sampai tercampur merata
9. Minum ramuan penyegar mulut tersebut sampai habis
10. Konsumsi minuman pencegah bau mulut tersebut secara rutin setiap hari untuk mendapatkan mulut yang lebih segar.

Rempah-rempahan bisa usir bau mulut tak sedap Berbagai sumber

foto: TikTok/@mimi.zibil

Kandungan jahe untuk mengatasi bau mulut tak sedap.

Dilansir dari Daily Mail, bahan kimia yang memberi rasa pedas dalam jahe, efektif merangsang enzim di dalam mulut yang memecah zat-zat penyebab bau mulut yang tak sedap. Diketahui, senyawa yang mengandung belerang dari makanan dapat menciptakan bau yang tidak enak di mulut seseorang. Air rebusan jahe memiliki kemampuan menghilangkan bau mulut karena kandungan senyawa gingerol yang bersifat antibakteri.

Manfaat cengkeh untuk menghilangkan bau mulut yang tidak sedap.

Cengkeh mengandung antifungal, antiseptik, serta antibakteri yang dapat mengurangi bakteri dan jamur yang berkembang di mulut. Kandungan antibakteri alami dalam cengkeh juga dapat membasmi bakteri penyebab bau mulut tak sedap, sehingga nafas lebih segar.

Kayu manis efektif mencegah bau mulut tak sedap.

Kayu manis menjadi salah satu rempah yang diklaim mampu mencegah bau mulut tak sedap. Ini berkat kandungan tanin, eugenol, dan kumarin. Berkat kandungan tersebut, kayu manis bermanfaat bagi kesehatan mulut dan gigi. Bahkan sifat antibakteri-nya juga bisa mengobati sariawan dan sakit gigi lho.

(brl/lea)

tags

STORIES