Sampah dapur ini bisa putihkan gigi berkerak kuning, begini cara membuat dan memakainya

Sampah dapur ini bisa putihkan gigi berkerak kuning, begini cara membuat dan memakainya

Brilio.net - Punya gigi yang berkerak kuning memang dapat menurunkan kepercayaan diri seseorang. Masalah yang satu ini umumnya disebabkan oleh berbagai faktor, seperti jarang menyikat gigi, terlalu sering mengonsumsi makanan dan minuman berwarna pekat seperti teh atau kopi, merokok, serta penumpukan plak hingga karang gigi.

Kerak gigi yang tidak segera diatasi juga bisa menimbulkan masalah lain, seperti bau mulut yang tak sedap, karies gigi, dan infeksi gusi. Guna mencegah dan mengatasi hal itu, kamu hanya perlu menyikat gigi dua kali sehari, setelah makan dan sebelum tidur. Kamu juga bisa menggunakan pasta gigi yang mengandung pemutih, serta rutin melakukan perawatan gigi seperti scalling di dokter ahli.

Namun jika gigi kamu sudah terlanjur menguning hingga berkerak, tak perlu khawatir. Pasalnya, kamu bisa mengatasinya dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada di rumah, seperti yang dibagikan salah satu pengguna TikTok dengan nama akun @riyariyasia05. Dalam unggahannya, pemilik akun tersebut menggunakan sampah dapur untuk memutihkan gigi berkerak kuning.

Sampah dapur bisa putihkan gigi berkerak kuning Berbagai sumber

foto: TikTok/@riyariyasia05

Sampah dapur yang dimaksud adalah kulit pisang. Tak hanya itu saja, pemilik akun juga menambahkan bahan lain yaitu jahe, minyak kelapa, dan pasta gigi. Istimewanya, pemilik akun juga menggunakan siwak untuk menggosok giginya. Yuk, simak cara membuat dan menggunakannya, seperti briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @riyariyasia05, Selasa (2/7).

Bahan:

Sampah dapur bisa putihkan gigi berkerak kuning Berbagai sumber

foto: TikTok/@riyariyasia05

- Kulit pisang yang masih segar
- 1/2 ruas jahe
- 1 sendok makan minyak kelapa
- Pasta gigi secukupnya
- Siwak

Cara membuat dan memakai:

Sampah dapur bisa putihkan gigi berkerak kuning Berbagai sumber

foto: TikTok/@riyariyasia05

1. Kerok bagian dalam kulit pisang menggunakan sendok
2. Tuangkan pada wadah bersih lalu tambahkan jahe yang sudah diparut, minyak kelapa dan pasta gigi
3. Aduk bahan-bahan tersebut sampai tercampur merata dan teksturnya seperti pasta
4. Gunakan siwak untuk menggosokkan pasta buatan kamu pada gigi
5. Gosok-gosok hingga ke sela-sela gigi selama 1 menit
6. Bilas dengan berkumur menggunakan air sampai bersih
7. Ulangi metode yang sama secara rutin 2 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Kandungan kulit pisang untuk menghilangkan noda kuning pada gigi

Menurut laman Burlington Dental Center, kulit pisang mengandung kalium dan magnesium yang efektif untuk memutihkan gigi. Kandungan tersebut dipercaya mampu membantu proses remineralisasi enamel. Meskipun bahan ini tidak memutihkan gigi secara khusus, namun enamel yang lebih kuat dapat memberikan tampilan gigi yang lebih sehat dan berkilau.

Manfaat jahe untuk mencegah pertumbuhan kerak kuning di permukaan gigi

Jahe mengandung antibakteri yang dapat membersihkan noda kuning pada gigi. Dilansir dari Daily Mail, bahan kimia yang memberi rasa pedas dalam jahe, akan merangsang enzim di dalam mulut yang memecah zat-zat yang membuat gigi menguning dan bau napas tak sedap.

Minyak kelapa efektif mencegah gigi menguning

Disadur dari Healthline, manfaat minyak kelapa untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut dikenal dengan istilah oil pulling yang pertama kali dilakukan oleh masyarakat India. Meski tak bisa digunakan sebagai satu-satunya perawatan pada masalah gigi, kandungan asam laurat dalam minyak kelapa ampuh memutihkan gigi kuning dan berplak.

Siwak dapat menjaga kesehatan gigi dan mencegah gigi kuning

Penelitian arkeologis menemukan bahwa siwak telah digunakan sejak zaman peradaban Mesir kuno. Siwak merupakan dahan atau bagian dari pohon siwak yang dikenal untuk membersihkan gigi. Siwak telah lama digunakan sebagai bahan alami untuk menjaga kebersihan dan warna putih alami gigi.

(brl/mal)

tags

STORIES