Skincare bisa menghilangkan bopeng di wajah? Begini penjelasan medis dan rekomendasi perawatannya

Skincare bisa menghilangkan bopeng di wajah? Begini penjelasan medis dan rekomendasi perawatannya

Brilio.net - Bopeng di wajah seringkali menjadi masalah bagi sebagian orang, karena cukup mengganggu penampilan dan kepercayaan diri. Banyak orang bertanya-tanya apakah skincare bisa menjadi solusi untuk menghilangkan bopeng di wajah?

Bopeng di wajah dalam istilah medis disebut atrophic acne scars adalah bekas luka yang terbentuk akibat kerusakan jaringan kulit. Briliobeauty, mengutip American Academy of Dermatology (AAD) menyebutkan bahwa bopeng terjadi ketika peradangan acne merusak kolagen di kulit, menyebabkan cekungan atau lubang pada permukaan kulit.

Efektivitas skincare dalam mengatasi bopeng di wajah sangat bergantung pada kedalaman dan jenis bopeng, serta jenis perawatan yang digunakan. Dr. Emmy Graber, Presiden The Dermatology Institute of Boston, menjelaskan bahwa skincare membantu meningkatkan penampilan kulit dengan bopeng ringan. Tetapi bopeng dengan ukuran dalam, diperlukan perawatan lebih intensif.

Lantas kandungan apa saja untuk mengatasi bopeng? Briliobeauty memberikan ulasannya untukmu yang dikumpulkan dari berbagai sumber, Sabtu (3/8).

Bahan-bahan dalam skincare untuk atasi bopeng.

 skincare bisa menghilangkan bopeng di wajah  2024 freepik.com

foto: freepik.com

Produk skincare diklaim bisa meningkatkan penampilan bopeng pada wajah. Hal tersebut berkat bahan kandungan aktif yang ada pada skincare. Nah, berikut ini ada sejumlah bahan skincare aktif, sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (3/8).

1. Retinoid.

Retinoid merupakan turunan vitamin A membantu merangsang produksi kolagen dan mempercepat pergantian sel kulit. Menurut sebuah studi yang dipublikasikan di Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology, penggunaan retinoid secara konsisten membantu meningkatkan tekstur kulit dan mengurangi tampilan bopeng ringan.

Sedangkan rekomendasi dari skincare mengandung retinoid adalah ElshSkin Radiant Skin Serum. Selain retinoid, ada bahan kandungan lain yaitu niacinamide, dan hyaluronic acid.

Kombinasi bahan kandungan tersebut dianggap bisa memperbaiki tekstur kulit, mengurangi tanda-tanda penuaan, dan mencerahkan. Harga dari ElshSkin Radiant Skin Serum adalah Rp 170 ribu.

2. Vitamin C.

Sebagai antioksidan kuat, vitamin C membantu melindungi kulit dari kerusakan radikal bebas dan merangsang produksi kolagen. The Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology melaporkan bahwa vitamin C membantu memperbaiki tekstur kulit dan mengurangi hiperpigmentasi yang sering menyertai bopeng.

Sementara itu, kamu bisa menggunakan skincare berkandungan vitamin C seperti halnya Avoskin Miraculous Refining Serum. Serum ini punya diformulasikan dengan vitamin c, niacinamide, hyaluronic acid, dan retinoid.

Semua bahan kandungan tersebut mampu menghaluskan bopeng, mencerahkan kulit, dan memperbaiki tekstur kulit. Hanya dengan harga Rp179 ribu kamu sudah bisa mendapatkan Avoskin Miraculous Refining Serum.

3. Asam hialuronat.

 skincare bisa menghilangkan bopeng di wajah  2024 freepik.com

foto: freepik.com

Asam hialuronat membantu menghidrasi kulit dan dapat memberikan efek plumping sementara, yang dapat membantu mengurangi tampilan bopeng dangkal. Sementara itu, rekomendasi skincare dengan kandungan asam hialuronat ada Somethinc Level 1% Retinol Serum.

Skincare dari brand lokal ini mengandung vitamin C, dan niacinamide. Diformulasikan meningkatkan produksi kolagen, mengurangi bopeng dan noda hitam, serta memperbaiki tekstur kulit. Harga dari Somethinc Level 1% Retinol Serum bisa kamu dapatkan mulai dari Rp 155 ribu.

4. Niacinamide.

Niacinamide (vitamin B3) dapat memperbaiki barrier kulit dan mengurangi peradangan. Sebuah penelitian yang diterbitkan di Dermatologic Surgery menunjukkan bahwa niacinamide membantu meningkatkan elastisitas kulit dan mengurangi tampilan bopeng.

Sedangkan rekomendasi produk yang bisa kamu gunakan dengan kandungan niacinamide ada Bentonite Facial Serum by Bhumi. Produk ini diklaim mampu mencerahkan kulit, menghidrasi, memperbaiki tekstur kulit, dan mengurangi tanda-tanda penuaan. Dengan produk ini kulit jadi cerah dengan merogoh kocek sebesar Rp 249 ribuan.

Rekomendasi berikutnya ada produk dari Dear Me Beauty 1% Bakuchiol + Vitamin C Serum. Serum ini selain mengandung niacinamide, juga ada vitamin C, dan hyaluronic acid.

Bahkan ada bakuchiol yang bisa mengatasi bopeng, mencerahkan kulit, dan meningkatkan elastisitas, serta mengurangi tanda-tanda penuaan. Harga dari Me Beauty 1% Bakuchiol + Vitamin C Serum adalah Rp 179 ribu.


Jenis perawatan kecantikan untuk menghilangkan bopeng

Tak hanya skincare yang bisa mengatasi bopeng. Ada beberapa prosedur kecantikan untuk mengatasi bopeng.

Berikut rekomendasi jenis perawatan kecantikan untuk mengatasi bopeng:

1. Microneedling.

Teknik ini menggunakan jarum-jarum kecil untuk menciptakan micro-injuries yang merangsang produksi kolagen.

2. Chemical peels.

Peeling kimia membantu mengeksfoliasi kulit mati dan merangsang regenerasi kulit baru.
Laser Therapy

3 Perawatan laser

Perawatan laser seperti fractionated CO2 laser dapat merangsang produksi kolagen dan memperbaiki tekstur kulit.

3. Dermal fillers.

Dermal fillers digunakan untuk treatment bopeng yang sangat dalam. Sementara itu, dermal filler dapat digunakan untuk mengisi area yang cekung.

(brl/lea)

tags

STORIES