Sudah ditonton 1,7 juta kali, ini cara bersihkan kotoran penyebab pori-pori besar pakai 2 bahan alami

Sudah ditonton 1,7 juta kali, ini cara bersihkan kotoran penyebab pori-pori besar pakai 2 bahan alami

Brilio.net - Komedo, jerawat, pori-pori besar, hingga flek hitam adalah beberapa permasalahan kulit wajah yang cukup meresahkan. Pori-pori besar menjadi salah satu permasalahan kulit wajah yang dapat memicu masalah kulit lain, seperti komedo dan jerawat meradang.

Sebenarnya pori-pori adalah komponen kulit yang bertugas untuk menyalurkan sebum atau minyak alami kulit, sebagai upaya untuk menjaga kulit tetap lembap. Namun sayangnya, terkadang pori-pori wajah jadi tampak lebih besar dan kotor. Ini disebabkan karena penyumbatan kotoran yang menyebabkan ukurannya jadi membesar.

Kotoran yang dimaksud adalah penumpukan sel kulit mati, sisa makeup yang tak dibersihkan secara optimal, debu, dan polusi. Berbagai kotoran tersebut akan bercampur dengan sebum dan menyumbat pori-pori. Bahkan kulit juga jadi tampak kusam, bertekstur, dan memiliki warna yang tidak merata.

Tak hanya itu, kotoran yang menyumbat tersebut juga akan menjadi tempat berkembangnya bakteri penyebab jerawat, sehingga dapat memicu munculnya breakout pada wajah. Oleh karena itu, kamu perlu melakukan perawatan untuk membersihkan pori-pori wajah sebagai upaya menghindari masalah kulit lain yang muncul.

Seperti melakukan eksfoliasi secara rutin. Dalam metode skin cycling, eksfoliasi jadi hal penting yang bisa dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dari eksfoliasi dengan toner dan serum, hingga menggunakan eksfoliator dari bahan alami. Nah, kamu bisa meniru trik yang dibagikan pengguna TikTok dengan nama akun @glowupwithmeem ini yang videonya sudah ditonton sebanyak 1,7 juta kali.

Dalam video tersebut, pemilik akun memakai dua bahan alami untuk membuat exfoliating pads pembersih pori-pori wajah. Bahan alami yang dimaksud adalah minyak zaitun dan gula pasir.

2 Bahan bersihkan kotoran penyebab pori-pori besar TikTok

foto: TikTok/@glowupwithmeem

Kandungan minyak zaitun untuk membersihkan kotoran di pori-pori kulit.

Minyak zaitun ternyata ampuh digunakan sebagai bahan pembersih pori-pori wajah. Selain itu, minyak alami ini juga dipercaya mampu membersihkan kulit dari debu, kotoran, dan sel kulit mati, membantu memudarkan bercak atau flek hitam, serta melembapkan wajah.

Manfaatnya tersebut berkat kandungan antioksidan, antibakteri, antiinflamasi, dan berbagai vitamin di dalamnya. Tak hanya itu, sifat antioksidan dan antibakteri di dalamnya juga dapat membuat kulit jadi lebih sehat, bersih, dan terhindar dari masalah komedo serta jerawat meradang.

Manfaat gula pasir sebagai eksfoliator alami.

Gula pasir dapat kamu manfaatkan sebagai scrub atau eksfoliator alami, yang dipercaya mampu mengatasi masalah komedo dan pori-pori wajah membesar. Menurut Healthline, gula pasir adalah eksfoliator yang dapat membersihkan wajah dari risiko penyumbatan pori-pori.

Bahan pemanis tersebut berfungsi untuk mengikis sel kulit mati, kotoran, serta bakteri yang menyumbat pori-pori. Permukaannya yang sedikit kasar akan berguna sebagai physical exfoliator untuk membersihkan kotoran dan mengangkat komedo di area wajah. Penggunaan yang rutin juga akan membuat tampilan pori-pori lebih mengecil serta wajah yang lebih halus.

Hanya dengan dua bahan tersebut, kamu bisa membuat exfoliating pads yang dipercaya efektif untuk membersihkan kotoran penyebab pori-pori besar. Yuk, simak cara membuat dan menggunakannya, seperti yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @glowupwithmeem, Senin (13/5).

2 Bahan bersihkan kotoran penyebab pori-pori besar TikTok

foto: TikTok/@glowupwithmeem

Bahan:

- Minyak zaitun secukupnya
- 2 sendok makan gula pasir
- Cotton pads atau kapas kecantikan

Cara membuat dan menggunakan:

1. Tuangkan minyak zaitun dan gula pasir pada wadah bersih.
2. Aduk keduanya sampai tercampur merata dan teksturnya seperti pasta.
3. Rendam cotton pads pada campuran minyak zaitun dan gula pasir.
4. Angkat lalu simpan ke dalam jar penyimpanan.
5. Lakukan hingga campuran habis.
6. Cuci wajah terlebih dahulu hingga benar-benar bersih dari kotoran serta sisa makeup.
7. Keringkan wajah terlebih dahulu.

2 Bahan bersihkan kotoran penyebab pori-pori besar TikTok

foto: TikTok/@glowupwithmeem

8. Gosokkan cotton pads atau exfoliating pads yang sudah kamu buat pada wajah dengan gerakan memutar secara lembut.
9. Lakukan selama 2-3 menit.
10. Bilas menggunakan air sampai bersih.
11. Ulangi cara ini dengan rutin setiap hari sebelum tidur untuk mendapatkan wajah yang bersih secara optimal dan terbebas dari pori-pori besar.

@glowupwithmeem pov : you can make your own exfoliating pads at home #exfoliate #exfoliateyourskin #skincare #skincareroutine #skincaretips #glowingskin #beauty #glowup #hacks #diy #foryou #video #viral #fyp W a i t a m i n u t e - Juliette

(brl/jad)

tags

STORIES