Tak butuh skincare mahal, modal 2 jenis buah ini bikin kulit bebas jerawat dan semakin cerah

Tak butuh skincare mahal, modal 2 jenis buah ini bikin kulit bebas jerawat dan semakin cerah

Brilio.net - Jerawat dan kulit kusam adalah masalah yang sering kali mengganggu penampilan dan kepercayaan diri. Jerawat dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan bekasnya pun sulit hilang, sementara kulit kusam dapat membuat wajah terlihat lelah dan tidak segar. Kedua kondisi ini sering kali saling terkait dan dapat memperburuk satu sama lain.

Jerawat sendiri menjadi masalah kulit yang umum terjadi akibat penyumbatan pori-pori oleh minyak berlebih, sel kulit mati, dan bakteri. Sementara kulit kusam biasanya disebabkan oleh penumpukan sel kulit mati, kurangnya kelembapan, paparan sinar matahari, serta polusi.

Untuk mengatasi kondisi ini, kebanyakan orang akan menggunakan skincare khusus yang memang diformulasikan untuk mengatasi kedua masalah kulit tersebut. Padahal, bergonta-ganti atau menggunakan produk skincare terlalu banyak di satu waktu justru bisa bikin masalah baru pada kulit, lho.

Nah, solusinya kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami yang lebih aman dan bebas efek samping. Seperti yang dibagikan oleh pengguna YouTube dengan nama akun @mom_gesit.

Modal 2 jenis buah ini bikin kulit bebas jerawat dan semakin cerah Berbagai sumber

foto: YouTube/@mom_gesit

"Daripada kamu coba2 cream yang ga jelas di luaran sana, rutin minum jus pengganti skincare mu aja," tulisnya dalam keterangan video unggahan, yang briliobeauty.net kutip pada Kamis (12/9).

Lewat unggahannya itu, pemilik akun cuma mengandalkan 2 jenis buah untuk dibuat menjadi jus, guna merawat kulit dari dalam. Buah yang dimaksud adalah pepaya dan nanas. Manfaatnya, kamu akan mendapatkan kulit mulus, bebas jerawat, dan tampak lebih cerah. Yuk, simak cara membuatnya berikut ini.

Bahan:

- Setengah buah nanas (kupas dan bersihkan)
- Pepaya secukupnya
- Sedikit air

Modal 2 jenis buah ini bikin kulit bebas jerawat dan semakin cerah Berbagai sumber

foto: YouTube/@mom_gesit

Cara membuat:

1. Potong-potong kedua buah tersebut menjadi bagian yang lebih kecil
2. Masukkan ke dalam blender dan tambahkan sedikit air
3. Blender keduanya sampai halus seperti tekstur jus pada umumnya
4. Jus buah untuk mengatasi jerawat dan kulit kusam ini siap dikonsumsi
5. Konsumsi jus dari 2 jenis buah ini secara rutin setiap hari atau 2 hari sekali untuk mendapatkan kulit mulus dan cerah.

Modal 2 jenis buah ini bikin kulit bebas jerawat dan semakin cerah Berbagai sumber

foto: YouTube/@mom_gesit

Nanas ternyata ampuh bikin kulit mulus bebas jerawat dan cerah.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Journal of Cosmetic Dermatology pada 2019 menemukan bahwa bromelain dari nanas efektif mengurangi peradangan dan mempercepat proses penyembuhan kulit yang terkena jerawat. Penelitian ini menunjukkan bahwa mengaplikasikan topikal bromelain dapat mengurangi ukuran dan kemerahan jerawat, serta mempercepat regenerasi kulit yang rusak.

Selain itu, vitamin C pada nanas terbukti efektif dalam meningkatkan produksi kolagen dan merangsang perbaikan kulit. Dalam penelitian yang diterbitkan Journal of Investigative Dermatology pada 2016, ditemukan bahwa vitamin C topikal dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan kulit, meningkatkan kecerahan, menjadikannya bermanfaat untuk mengatasi kulit kusam.

Pepaya efektif mengatasi jerawat dan kulit kusam.

Pepaya adalah buah tropis yang memiliki banyak manfaat untuk kulit, terutama dalam mengatasi jerawat dan kulit kusam. Ini sebagian besar disebabkan oleh kandungan enzim papain dan vitamin A dalam pepaya. Menurut Journal of Dermatological Science pada 2017, papain dalam pepaya dapat membantu mengurangi komedo dan jerawat dengan mengelupaskan sel kulit mati, membersihkan pori-pori, serta mempercepat penyembuhan kulit berjerawat.

Selain itu, studi lain yang diterbitkan dalam International Journal of Cosmetic Science pada 2018 menemukan bahwa papain juga membantu meningkatkan kecerahan kulit sekaligus mengurangi tanda-tanda penuaan dengan merangsang pembaharuan sel dan mengurangi tekstur kasar pada kulit.

(brl/lut)

tags

STORIES