Tak cuma kunyit, TikToker ini unggah trik pudarkan flek hitam di wajah pakai tambahan 2 bahan alami

Tak cuma kunyit, TikToker ini unggah trik pudarkan flek hitam di wajah pakai tambahan 2 bahan alami

Brilio.net - Flek hitam dapat membuat kulit jadi tampak kurang mulus, kusam, dan memiliki warna tidak merata. Bagian tubuh yang rentan mengalami flek hitam adalah wajah. Pasalnya, wajah memiliki kulit yang lebih tipis dari bagian tubuh lain dan paling sering terpapar radikal bebas.

Kondisi ini ditandai dengan bintik-bintik hitam di beberapa bagian wajah. Masalah kulit wajah ini disebabkan oleh berbagai faktor, seperti paparan sinar matahari yang terlalu sering, efek penuaan, penggunaan kosmetik yang tidak cocok, genetik, dan polusi.

Semakin sering wajah terpapar sinar matahari tanpa penggunaan tabir surya, maka risiko munculnya flek hitam juga akan semakin besar. Ini terjadi sebagai upaya alami kulit untuk melindungi diri dari efek buruk sinar matahari, dengan memproduksi melanin yang berlebihan. Melanin di permukaan kulit inilah yang disebut flek hitam. Kondisi ini juga kerap disebut dengan hiperpigmentasi.

Untuk mengatasinya, ada berbagai cara yang bisa dilakukan. Satu di antaranya adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Selain lebih ramah di kantong, bahan alami juga memiliki risiko minim dibandingkan dengan penggunaan produk skincareatau perawatan di klinik kecantikan yang relatif mahal.

TikToker pudarkan flek hitam pakai kunyit dan 2 bahan alami Berbagai sumber

foto: TikTok/@bunila20

TikToker dengan nama akun @bunila20 mengunggah video yang berhubungan dengan masalah kulit yang satu ini. Ia terlihat membagikan trik untuk memudarkan tampilan flek hitam, menggunakan kunyit dan tambahan 2 bahan alami. Bahan alami yang dimaksud adalah susu bubuk dan perasan lemon.

Kunyit bisa memudarkan tampilan flek hitam di area wajah.

TikToker pudarkan flek hitam pakai kunyit dan 2 bahan alami  2024 Freepik.com

foto: Freepik.com

Kunyit mengandung kurkumin yang dapat mencerahkan dan memudarkan tampilan flek hitam di permukaan wajah. Dilansir dari laman Healthline.com, kandungan bioaktif kurkumin yang terkandung di dalam kunyit memiliki beragam manfaat untuk wajah. Sifat antiinflamasi dan antioksidan dalam kurkumin dapat menangkal radikal bebas, penyebab munculnya flek hitam serta mempercepat proses regenerasi kulit.

Manfaat susu bubuk untuk mencerahkan wajah dan menghilangkan flek hitam.

TikToker pudarkan flek hitam pakai kunyit dan 2 bahan alami  2024 berbagai sumber

foto: Freepik.com

Susu mengandung berbagai manfaat untuk kulit, seperti vitamin A, vitamin D, dan asam laktat. Kandungan asam laktat dalam susu dipercaya mampu mencerahkan kulit dan menghilangkan flek hitam akibat hiperpigmentasi. Inilah mengapa ada banyak produk pencerah kulit yang menggunakan susu sebagai bahan pencerahnya. Penggunaan susu secara rutin sebagai masker wajah dapat membuatnya cerah merata dan bebas noda.

Perasan lemon ampuh menghilangkan flek hitam membandel akibat hiperpigmentasi.

TikToker pudarkan flek hitam pakai kunyit dan 2 bahan alami  2024 berbagai sumber

foto: Freepik.com

Lemon kaya akan vitamin C dan asam sitrat yang dapat memudarkan flek hitam di wajah dengan cara mencerahkan dan meratakan warna kulit. Kandungan vitamin C dalam lemon juga dapat memudarkan flek hitam akibat hiperpigmentasi, noda hitam bekas jerawat, dan bintik hitam pada wajah akibat proses penuaan kulit.

Bahan-bahan tersebut bisa kamu manfaatkan menjadi masker wajah yang dipercaya efektif untuk memudarkan tampilan flek hitam di wajah. Penggunaan secara rutin akan membuat wajah cerah merata dan bebas noda. Ini cara membuat dan menggunakannya, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @bunila20, Selasa (4/6).

Bahan:

TikToker pudarkan flek hitam pakai kunyit dan 2 bahan alami Berbagai sumber

foto: TikTok/@bunila20

- 2 sendok teh bubuk kunyit
- 1 sendok teh penuh susu bubuk
- Perasan lemon secukupnya

Cara membuat dan menggunakan:

TikToker pudarkan flek hitam pakai kunyit dan 2 bahan alami Berbagai sumber

foto: TikTok/@bunila20

1. Tuangkan ketiga bahan tersebut pada wadah.
2. Aduk bahan-bahan tersebut sampai tercampur merata dan teksturnya seperti pasta.
3. Cuci wajah terlebih dahulu hingga bersih dari kotoran serta sisa makeup.
4. Keringkan wajah menggunakan handuk.
5. Aplikasikan masker pada wajah secara menyeluruh.
6. Diamkan selama 10 menit lalu bilas menggunakan air sampai bersih.
7. Keringkan wajah lalu aplikasikan moisturizer.
8. Lakukan cara ini dengan rutin 3 kali seminggu untuk mendapatkan wajah yang cerah merata bebas flek hitam.

@bunila20 #skincare #fyp #naturalproducts Credit Alert - Kocee & Patoranking

(brl/psa)

tags

STORIES