Tak dioles kentang, ini cara bikin wajah penuh kerutan kembali kenyal pakai 1 jenis buah

Tak dioles kentang, ini cara bikin wajah penuh kerutan kembali kenyal pakai 1 jenis buah

Brilio.net - Memasuki fase penuaan, setiap orang umumnya akan merasakan terjadinya penurunan aspek fungsionalitas organ tubuh yang menunjang aktivitas keseharian. Tak hanya itu, fase penuaan terkadang juga dibarengi dengan perubahan fisik dari organ itu sendiri, salah satunya pada area kulit. Sebagai organ tubuh terbesar, penuaan membuat kulit kehilangan kekenyalannya sehingga memberi efek kendur yang memunculkan kerutan, seperti keriput dan garis-garis halus.

Mengapa penuaan bisa memicu kulit menjadi berkerut? Sejatinya, kekuatan struktur kulit sangat dipengaruhi oleh dua jenis protein penting yang menjaga elastisitas dan kekencangannya, yaitu kolagen dan elastin. Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen dan elastin dalam kulit berkurang, menyebabkan hilangnya kekencangan dan kelembapan alami kulit. Akibatnya, struktur kulit wajah pun lambat laun akan melemah, sehingga terlihat tidak elastis lagi dan menjadi penuh dengan keriput serta garis halus.

Proses penuaan kulit dapat dipercepat oleh berbagai faktor. Beberapa hal seperti paparan sinar ultraviolet (UV) dari matahari dan polusi dapat merusak lapisan pelindung serta struktur sel kulit, sehingga dapat memunculkan tanda-tanda penuaan lebih cepat.

Tak hanya itu, gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok, stres, dan kurang tidur dapat berdampak negatif pada kesehatan kulit yang mempercepat proses penuaan. Hal ini jelas dapat menjadi gangguan tersendiri bagi banyak orang.

Eits, walau begitu, kamu nggak perlu bingung menghadapi masalah ini. Soalnya, kamu bisa memanfaatkan berbagai bahan alami yang mudah ditemukan sebagai solusi alternatif menghambat penuaan.

Hal ini sebagaimana diperagakan oleh @thesassynandini_ di Instagram yang dilansir briliobeauty.net pada Jumat (22/12). Pemilik akun tersebut memanfaatkan campuran mentimun dan biji chia sebagai solusinya.

penuh kerutan kembali kenyal  Instagram

foto: freepik.com

Mentimun adalah buah yang mengandung banyak air serta nutrisi penting seperti vitamin C dan K, asam folat, dan mineral. Seluruh komponen tersebut membuat mentimun dapat menghidrasi kulit dengan baik dan merangsang penguatan struktur kulit, sehingga menjadi lebih elastis. Tak hanya itu, vitamin C dapat memicu percepatan produksi kolagen di dalam kulit, sehingga bisa mengurangi kemunculan tanda-tanda penuaan yang lebih cepat.

penuh kerutan kembali kenyal  Instagram

foto: freepik.com

Biji chia merupakan bahan alami yang sering digunakan sebagai topping dari minuman sehat. Biji chia mengandung asam lemak omega-3, antioksidan, dan serat. Asam lemak ini dapat membantu meredakan peradangan kulit dan meningkatkan regenerasi sel-sel kulit menjadi lebih baik. Selain itu, sifat antioksidan di dalamnya membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan sinar UV yang dapat mempercepat proses penuaan pada kulit.

Kedua bahan di atas bisa kamu manfaatkan dengan cara sebagai berikut.

Alat dan bahan:

1. 1 sendok makan biji chia
2. 1-2 buah mentimun segar
3. Blender dan wadah kecil

Langkah pengerjaan:

penuh kerutan kembali kenyal  Instagram

foto: Instagram/@thesassynandini_

1. Masukkan 1 sendok makan biji chia dalam wadah kecil.
2. Potong 1-2 buah mentimun segar, lalu peras ekstraknya dan campurkan dalam wadah tadi.
3. Rendam biji chia dalam ekstrak mentimun selama 1 jam, lalu haluskan dengan blender.
4. Aplikasikan campuran ini pada area wajah yang bersih secara menyeluruh sembari dipijat lembut selama beberapa menit.
5. Diamkan selama 15-20 menit, lalu bilas hingga bersih dari residu.
6. Gunakan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

(brl/jad)

tags

STORIES