Tak ditambah lidah buaya, wanita ini bagikan cara mengecilkan pori-pori besar pakai 2 jenis buah

Tak ditambah lidah buaya, wanita ini bagikan cara mengecilkan pori-pori besar pakai 2 jenis buah

Brilio.net - Tampilan wajah bertekstur dan gradakan menjadi masalah umum yang membuat sejumlah orang tidak nyaman. Pasalnya saat disentuh permukaan wajah terasa kasar, bahkan membuat rasa percaya diri kamu hilang lantaran pori-pori besar yang terlihat dengan jelas.

Kondisi di atas bisa dipicu dari adanya penumpukkan kotoran dan minyak. Pori-pori terhubung ke kelenjar sebaceous yang menghasilkan sebum atau minyak. Produksi sebum yang berlebihan dapat menyebabkan pori-pori membesar untuk mengakomodasi keluarnya minyak tersebut. Orang dengan kulit berminyak cenderung memiliki pori-pori yang lebih besar karena kelenjar sebaceous yang lebih aktif. Sehingga dapat menyebabkan komedo, yang juga bisa membuatnya tampak lebih besar.

Untuk mengecilkan pori-pori dibutuhkan perawatan rutin. Salah satunya adalah menggunakan masker yang terbuat dari bahan alami. Seperti yang dilakukan wanita bernama Delia, dalam unggahan video di kanal YouTubenya @DeliaRitneLiati memanfaatkan tiga jenis buah yaitu mentimun, jeruk nipis, dan tomat.

Mentimun memiliki sifat astringent yang membantu mengencangkan pori-pori dan mengurangi minyak berlebih di kulit. Kandungan air yang tinggi dalam mentimun membantu menenangkan kulit yang meradang atau teriritasi, sehingga pori-pori tampak lebih kecil. Mentimun mengandung antioksidan seperti vitamin C dan kafeat yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Kandungan air yang tinggi juga menjaga kulit tetap terhidrasi, yang penting untuk menjaga elastisitas kulit dan mengurangi tampilan pori-pori.

Selain itu jeruk nipis mengandung asam sitrat yang dapat membantu menyamarkan pori-pori dengan cara mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran yang menyumbat pori-pori. Kaya akan vitamin C, yang dapat membantu meningkatkan produksi kolagen. Kolagen merupakan protein yang membantu menjaga kekencangan dan elastisitas kulit, sehingga pori-pori terlihat lebih kecil.

Manfaat tomat untuk kecilkan pori-pori.

Tomat tidak hanya digunakan untuk campuran makanan ataupun minuman. Namun buah yang memiliki rasa asam manis ini punya manfaat bagi kecantikan kulit. Diketahui tomat mengandung asam salisilat alami yang merupakan beta-hydroxy acid (BHA), yang dapat membantu membersihkan pori-pori dengan cara menyingkirkan minyak berlebih dan sel-sel kulit mati.

Dilansir dari purplle.com, tomat kaya akan antioksidan, seperti likopen, yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan sinar UV, yang dapat membantu mencegah penyumbatan pori-pori.

Tomat mengandung likopen, yang merupakan antioksidan kuat. Antioksidan membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan sinar UV. Dengan melindungi kulit dari kerusakan tersebut, tomat dapat membantu mencegah penyumbatan pori-pori akibat peradangan atau kerusakan kulit.

Dengan menggunakan masker dari bahan-bahan di atas, pori-pori wajah membesar bisa mengecil. Lantas bagaimana cara membuat dan menggunakannya? Bagi kamu yang ingin mencoba mengaplikasikan masker, yuk simak informasi di bawah ini sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari kanal YouTube @DeliaRitneLiati, Selasa (14/5).

wanita ini bagikan cara mengecilkan pori-pori besar berbagai sumber

foto: YouTube/DeliaRitneLiati

Bahan:

- 1 buah mentimun
- 1 buah jeruk nipis
- 1/2 buah tomat
- 1 gelas air mineral.

wanita ini bagikan cara mengecilkan pori-pori besar berbagai sumber

foto: YouTube/DeliaRitneLiati

Cara membuat:

1. Cuci bersih semua bahan
2. Potong dengan ukuran kecil
3. Masukkan semua bahan ke dalam blender
4. Tambahkan perasan jeruk nipis
5. Tuangkan air mineral secukupnya
6. Haluskan semua bahan
7. Tuangkan pada wadah tanpa disaring
8. Masukkan ke dalam es cube
9. Masukkan pada freezer dan tunggu hingga keras
10. Keluarkan dan ice cube siap untuk digunakan.

wanita ini bagikan cara mengecilkan pori-pori besar berbagai sumber

foto: YouTube/DeliaRitneLiati

Cara menggunakan:

1. Pastikan wajah kamu bersih
2. Aplikasikan ice cube pada wajah dengan cara dioleskan selama 15 detik hingga satu menit
3. Tunggu selama 15 hingga 20 menit
4. Bilas masker menggunakan air biasa
5. Keringkan dengan tisu ataupun handuk
6. Gunakan trik ini setidaknya dua kali dalam seminggu agar pori-pori bersih dan mengecil.

(brl/wen)

tags

STORIES