Tak hanya lembapkan bibir, ini fungsi lain lip balm untuk kecantikan yang jarang diketahui

Tak hanya lembapkan bibir, ini fungsi lain lip balm untuk kecantikan yang jarang diketahui

Brilio.net - Lip balm memiliki peran krusial dalam menjaga kelembapan dan kesehatan bibir. Produk ini umumnya mengandung bahan-bahan seperti lilin lebah, petroleum jelly, atau minyak alami yang membentuk lapisan pelindung di atas bibir. Lapisan ini mencegah kehilangan kelembapan dengan mengurangi penguapan, terutama di kondisi lingkungan yang kering atau dingin.

Selain itu, lip balm sering mengandung bahan pelembap seperti shea butter atau minyak kelapa yang memberikan hidrasi tambahan, membuat bibir terasa lembut dan kenyal. Selain kemampuannya untuk melembapkan, lip balm juga melindungi bibir dari faktor eksternal yang dapat menyebabkan kerusakan, seperti sinar matahari, angin, dan polusi.

Beberapa lip balm dilengkapi dengan tabir surya untuk melindungi bibir dari paparan sinar UV yang dapat menyebabkan pigmentasi dan penuaan dini. Ada juga lip balm yang mengandung antioksidan dan vitamin, seperti vitamin E, yang membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas dan mendukung proses regenerasi sel kulit.

Meski begitu, nyatanya lip balm tak hanya mampu lembapkan bibir saja lho. Pasalnya, lip balm punya fungsi lain untuk kecantikan yang jarang diketahui. Di antaranya seperti yang dibagikan pengguna TikTok dengan nama akun @akungabud__, yang briliobeauty.net lansir pada Senin (19/8).

"4 kegunaan lip balm selain untuk bibir," tulis pemilik akun dalam video unggahan.

Fungsi lain lip balm untuk kecantikan yang jarang diketahui Berbagai sumber

foto: TikTok/@akungabud__

Fungsi pertama, kamu bisa memanfaatkan lip balm untuk melembapkan area bawah mata. Ini bisa menjadi solusi atau pengganti eye cream untuk membuat area bawah mata jadi terasa lembap dan kenyal, sehingga terbebas dari masalah kulit kering dan kantung mata yang menghitam.

Selanjutnya, kamu bisa menggunakan lip balm untuk merapikan alis. Dalam hal ini, lip balm bisa bertindak seperti wax alis yang efektif merapikan alis agar bulunya lebih rapi dan searah sebelum penggunaan eyebrow pomade atau eyebrow pencil. Tak hanya itu, jika kamu punya alis tebal dan malas untuk membuat alis, bisa memanfaatkan lip balm untuk merapikan alismu.

Fungsi lain lip balm untuk kecantikan yang jarang diketahui Berbagai sumber

foto: TikTok/@akungabud__

Ketiga, lip balm juga bisa melembapkan area sudut hidung. Seperti diketahui bahwa area sudut hidung sering kali terasa kering hingga mengelupas. Nah, jika sudah mengaplikasikan pelembap namun hasilnya tidak mempan, kamu bisa menggunakan lip balm untuk mengatasinya. Pasalnya, lip balm memiliki konsentrasi kelembapan yang lebih tebal.

Fungsi lain lip balm untuk kecantikan yang jarang diketahui Berbagai sumber

foto: TikTok/@akungabud__

Fungsi terakhir, kamu bisa memakai lip balm untuk melembapkan kutikula kuku. Cukup oleskan lip balm pada area kutikula kuku secara rutin untuk membuat kuku tampak lebih cerah, bening, dan anti pecah-pecah. Jika memiliki masalah dengan kuku rapuh dan kusam, kamu juga bisa menggunakan pelembap bibir ini untuk mengatasinya.

(brl/jad)

tags

STORIES