Tak hanya madu, ini trik bikin pori-pori rapat dan bersih pakai tambahan 1 produk olahan susu

Tak hanya madu, ini trik bikin pori-pori rapat dan bersih pakai tambahan 1 produk olahan susu

Brilio.net - Memiliki kondisi kulit yang bersih merupakan impian banyak orang. Selain akan tampak enak dipandang, kondisi kulit yang bersih akan membuat seseorang tidak mudah terkena berbagai masalah kulit. Nah, salah satu poin penting dalam upaya mendapatkan kulit sehat adalah dengan menjaga kebersihkan pori-pori.

Pori-pori merupakan lubang pernapasan kulit yang berperan dalam proses regulasi suhu tubuh dengan memproduksi keringat serta minyak alami dari kelenjar di dalam kulit. Apabila kondisi rongga pori-pori seseorang kecil dan rapat, maka kulit orang tersebut umumnya akan terlihat bersih dan sehat. Sebaliknya, rongga pori-pori yang lebar justru dapat memancing berbagai masalah kulit dan memberikan efek kulit yang kasar dan tidak bersih.

Mengapa penting untuk menjaga kerapatan pori-pori? Karena, ukuran pori-pori yang terbuka lebih lebar sejatinya dapat memicu masuknya kotoran dari luar seperti debu dan polusi. Dalam prosesnya, kotoran ini akan menyumbat rongga pori-pori sekaligus bereaksi dengan bakteri di kulit, memicu pembentukan penyakit kulit yang lebih besar seperti komedo hingga jerawat.

Kamu yang menghadapi masalah ini nggak perlu bingung. Kamu bisa mengandalkan manfaat yang dikandung oleh sumber-sumber alami sebagai solusi alternatif membersihkan dan merapatkan pori-pori.

Salah satunya seperti memanfaatkan campuran yoghurt, madu, dan saffron sebagaimana dicontohkan oleh @ravleenbaggaofficial di Instagram yang dilansir briliobeauty.net pada Jumat (20/10).

trik bikin pori-pori  Instagram

foto: freepik.com

Yoghurt telah dikenal sebagai bahan alami yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit. Ini karena komponen di dalamnya yang kaya akan asam laktat, protein, vitamin B, kalsium, dan probiotik.

Asam laktat dalam yogurt bertindak sebagai eksfolian alami, membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan merapatkan pori-pori besar di wajah. Selain itu, komponen probiotik, vitamin B, dan kalsium di dalamnya berperan efektif dalam menguatkan skin barrier sehingga kulit tetap bersih dan kencang.

trik bikin pori-pori  Instagram

foto: freepik.com

Madu juga memiliki manfaat besar untuk kulit. Kaya akan antioksidan, enzim, vitamin, dan mineral, madu efektif membersihkan pori-pori wajah dari kotoran, menjaga kulit tetap bersih dan sehat. Sifat antibakteri dan anti-inflamasi madu juga membantu mengatasi masalah kulit seperti jerawat yang bisa disebabkan oleh pori-pori yang kotor.

trik bikin pori-pori  Instagram

foto: freepik.com

Saffron merupakan sejenis rempah yang memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan. Senyawa-senyawa seperti crocin, crocetin, safranal, dan zea-xanthin dalam saffron membantu mengontrol produksi sebum berlebih dan menjaga keseimbangan pH kulit, sehingga dalam prosesnya akan membersihkan sekaligus memperkecil ukuran pori-pori. Kandungan antioksidan di dalamnya juga melawan radikal bebas yang dapat merusak dan memperbesar rongga pori-pori kulit.

Untuk memanfaatkan ketiga bahan di atas, kamu bisa melihat petunjuk berikut ini.

Alat dan bahan:

1. 2 sendok teh yogurt
2. 1 sendok teh madu
3. Helai bunga saffron secukupnya
4. Wadah kecil

Langkah pengerjaan:

trik bikin pori-pori  Instagram

foto: Instagram/@ravleenbaggaofficial

1. Masukkan sekitar 2 sendok teh yoghurt ke dalam wadah kecil.
2. Lanjutkan dengan menuangkan sekitar 1 sendok teh madu.
3. Tambahkan sedikit helaian bunga saffron setelahnya.
4. Aduk rata seluruh bahan tadi hingga warna dari saffron keluar merata.
5. Setelahnya, aplikasikan masker ini ke kulit wajah yang bersih sembari dipijat selama beberapa saat.
6. Diamkan selama 10-15 menit sebelum dibilas hingga bersih.
7. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

View this post on Instagram

A post shared by Glamrs (@beglamrs)

(brl/lea)

tags

STORIES