Tak kalah efektif dari oatmeal, ini cara menghilangkan jerawat dan bekasnya pakai 1 jenis buah

Tak kalah efektif dari oatmeal, ini cara menghilangkan jerawat dan bekasnya pakai 1 jenis buah

Brilio.net - Sebum dan sel kulit mati yang keluar berlebihan akan membentuk sumbatan halus di folikel rambut yang menyebabkan jerawat. Namun, sumbatan tersebut juga bisa menjadi kehitaman, sehingga menjadi komedo terbuka. Tak hanya jerawat meradang yang dihadapi, namun terkadang masih berlanjut dengan munculnya bekas jerawat yang berkembang menjadi bintik hitam.

Noda bekas jerawat ini, biasa disebut dengan PIH (post-inflammatory hyperpigmentation), muncul karena produksi melanin (zat pigmen kulit dan rambut) yang berlebih di kulit yang berjerawat sebagai cara tubuh merespons terjadinya peradangan. Sebenarnya noda ini sudah muncul saat jerawat masih ada, tapi tidak ikut menghilang saat jerawat sudah dibasmi.

Selain jerawat, bekasnya yang sulit hilang juga membuat siapapun yang mengalaminya jadi tidak percaya diri. Bekas jerawat yang menghitam akan membuat wajah jadi tidak halus dan riasan jadi kurang flawless. Nah, karena hal itu banyak orang yang rela mengeluarkan banyak uang untuk melakukan perawatan di klinik kecantikan.

Padahal, sebetulnya bisa lho memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada disekitar untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya tanpa merogoh kocek dalam-dalam. Salah satu bahan alami yang kerap kali digunakan untuk mengatasi jerawat dan bekasnya adalah oatmeal. Pasalnya oatmeal dapat menenangkan peradangan dan menghambat bakteri penyebab jerawat.

Hilangkan jerawat dan bekasnya pakai 1 jenis buah Berbagai sumber

foto: freepik.com

Selain oatmeal, padahal ada bahan alami lain yang tak kalah ampuh lho. Seperti video yang dibagikan oleh akun TikTok @intuitivesoull pada 28 April 2021. Unggahan tersebut berisi tentang cara menghilangkan jerawat dan bekasnya pakai 1 jenis buah. Buah yang dimaksud adalah lemon. Selain lemon, pemilik akun juga menambahkan bahan lain yaitu madu dan kunyit.

"The only face mask Ive used to clear my acne (Satu-satunya masker wajah yang saya gunakan untuk membersihkan jerawat saya)," tulisnya sebagai keterangan video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @intuitivesoull, Rabu (16/8).

Ada manfaat lemon untuk wajah berjerawat, lho. Alasannya, kandungan asam sitrat yang dimiliki buah ini dinilai mampu mengurangi peradangan jerawat. Manfaat lemon untuk jerawat juga berasal dari efek antimikroba yang dipercaya dapat membunuh bakteri penyebab jerawat (Propionibacterium acnes) pada kulit wajah. Lemon mampu bekerja mendetoksifikasi, dan sebagai agen antibakteri pada wajah yang memudarkan bekas jerawat.

Sedangkan madu adalah salah satu bahan alami yang sering digunakan untuk menghilangkan jerawat. Bahan yang satu ini memiliki sifat antibakteri dan antiradang sehingga cukup efektif dalam melawan jerawat. Madu ini juga diperkuat oleh kandungan dua senyawa antimikroba, yaitu hidrogen peroksida dan metilglioksal.

Keduanya memang dikenal efektif membunuh berbagai jenis bakteri, termasuk bakteri yang kebal terhadap antibiotik jerawat. Madu juga bisa mempercepat proses penyembuhan sel-sel tubuh yang rusak, sehingga madu ini juga bisa digunakan untuk menyembuhkan bopeng atau bekas jerawat pada wajah.

Tak terkecuali dengan kunyit yang juga memiliki kandungan vitamin C tinggi yang mampu mencerahkan kulit sekaligus membantu pengelupasan kulit. Curcuminnya dapat membantu proses penyembuhan luka. Kunyit juga berkhasiat sebagai zat antiperadangan. Jika dikaitkan dengan jerawat, kurkumin sebagai zat antiradang dalam kunyit berperan besar dalam mengusir bakteri penyebab jerawat. Bahkan, kurkumin juga disebut lebih efektif dibandingkan obat jerawat yang mengandung asam azelaic.

Hilangkan jerawat dan bekasnya pakai 1 jenis buah Berbagai sumber

foto: TikTok/@intuitivesoull

Dengan ketiga bahan tersebut, kamu bisa memanfaatkannya sebagai masker wajah untuk mengatasi jerawat dan bekasnya. Jika masker ini kamu gunakan secara rutin, kamu akan mendapatkan wajah yang cerah, mulus, dan bebas noda. Yuk, simak cara membuatnya.

Bahan:

1. 1 sendok makan madu
2. 1 sendok teh bubuk kunyit
3. 1 perasan air lemon

Hilangkan jerawat dan bekasnya pakai 1 jenis buah Berbagai sumber

foto: TikTok/@intuitivesoull

Cara membuat:

1. Campurkan bahan-bahan yang sudah disebutkan pada wadah
2. Aduk ketiganya sampai tercampur merata
3. Aplikasikan pada wajah yang sudah bersih secara menyeluruh
4. Diamkan selama 10-15 menit
5. Bersihkan wajah dengan menggunakan handuk yang sudah dibasahi dengan air hangat
6. Lanjutkan dengan penggunaan moisturizer andalanmu
7. Gunakan masker ini secara rutin 2-3 kali seminggu untuk hasil yang optimal.

@intuitivesoull The only face mask Ive used to clear my acne. #skincare #naturalskincare #facemask #diyfacemask #homemadeskincare #diyskincare #cheap #easy #acne positions - Ariana Grande

(brl/wen)

tags

STORIES