Tak kalah efektif dari putih telur, ini cara menghilangkan kerutan pada wajah pakai 2 jenis minyak

Tak kalah efektif dari putih telur, ini cara menghilangkan kerutan pada wajah pakai 2 jenis minyak

Brilio.net - Kerutan pada wajah merupakan suatu hal yang umum dialami oleh setiap orang. Namun, hal itu akan mengurangi rasa percaya dalam diri bagi siapapun yang mengalaminya. Apalagi bagi sebagian orang yang sering melakukan aktivitas di luar rumah dan memiliki intensitas terpapar cahaya matahari yang tinggi. Hal itu akan mengakibatkan adanya kerutan dini pada wajah.

Seiring bertambahnya usia, elastisitas alami kulit akan berkurang. Garis-garis halus itu pun akan sulit hilang dan menyebabkan kerutan. Hal ini dikarenakan sel-sel kulit mulai melambat dalam proses regenerasinya.

Bahkan, lapisan dermis pun mulai ikut menipis. Begitu pula dengan jaringan kolagen dan serat elastin yang perlahan mulai terurai dan mengendur. Kemudian, kulit mulai mengalami depresi hingga memunculkan keriput-keriput di sekitar wajah.

Tidak hanya disebabkan faktor usia, kerutan juga bisa dipicu oleh kurangnya kelembapan, paparan sinar matahari yang berlebihan, serta memiliki kebiasaan merokok. Nah, jika kebiasaan ini terus berlanjut, maka wajahmu akan tampak lebih tua dari usia sebenarnya.

Munculnya kerutan adalah hal yang normal dari proses penuaan kulit. Untungnya, ada banyak cara untuk memperbaiki penampilan kulit yang mengendur akibat kerutan ini. Tak sedikit orang memanfaatkan putih telur untuk mengencangkan wajahnya. Hal ini berkat kandungan protein tinggi pada putih telur yang mampu merangsang pembentukan kolagen pada kulit.

Padahal, ada bahan lain yang juga ampuh untuk mengencangkan kerutan di wajahmu lho. Salah satunya seperti unggahan dari akun TikTok @biashair006 pada 14 November 2022. Dalam video unggahan tersebut pemilik akun memberikan cara menghilangkan kerutan pada wajah pakai 2 jenis minyak. Minyak yang digunakan adalah minyak vitamin E dan minyak flaxseed. Selain itu, ia juga menambahkan bahan lain yaitu aloe vera gel dan gliserin.

"DIY Glass Glowing Anti Wrinkle Skin Serum (DIY Serum Kulit Anti Kerut Bercahaya seperti kaca)," tulisnya sebagai keterangan video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @biashair006, Selasa (29/8).

Hilangkan kerutan pada wajah pakai 2 jenis minyak Berbagai sumber

foto: freepik.com

Minyak vitamin E memang kerap kali digunakan oleh kebanyakan orang sebagai perawatan wajah. Vitamin E yang merupakan jenis vitamin larut dalam lemak yang kaya antioksidan.

Manfaat vitamin E untuk kulit antara lain, dapat membantu memperbaiki tekstur kulit, menyamarkan hiperpigmentasi, dan tanda penuaan. Fungsi antioksidan dalam vitamin E dapat memengaruhi sirkulasi darah, sehingga membuat kulit tampak lebih kencang dan awet muda.

Begitupun dengan minyak flaxseed yang juga bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi kerutan pada wajahmu. Minyak yang berasal dari biji-bijian kecil berwarna cokelat tua atau kekuningan ini mengandung banyak serat, lemak omega 3, antioksidan serta zat lainnya yang tak hanya berguna untuk tubuh tapi juga bagi kulit dan rambut.

Tidak heran kalau kemudian flaxseed dikatakan ampuh melawan tanda-tanda penuaan kulit, seperti keriput, bintik hitam, dan lainnya. Kandungan asam lemak yang terkandung dalam flaxseed membantu kulit tetap terhidrasi dan lembut. Dengan menjaga kelembapan kulit, flaxseed juga membantumu terhindar dari kerutan yang menyebalkan.

Tidak perlu bingung, kamu bisa membeli flaxseed dengan mudah lewat e-commerce. Cek di bawah ini untuk mendapatkan rekomendasi flaxseed dengan harga ramah kantong.

Begitupun dengan aloe vera gel yang disebut-sebut dapat melembapkan dan menutrisi kulit wajah. Hal ini berkat kandungan vitamin, mineral, asam amino, dan antioksidan yang tinggi. Aloe vera mengandung vitamin C, vitamin E, dan beta karoten yang dapat membantu mengencangkan kulit dan menjaga kulit tetap terhidrasi.

Sedangkan, gliserin dipercaya dapat meningkatkan fungsi kulit untuk memperlambat penuaan. Zat ini dapat membantu sel-sel kulit muda dari lapisan terdalam ke permukaan untuk membentuk pelindung kulit. Dengan begitu, kulit menjadi terlihat lebih bersinar dan mulus secara keseluruhan.

Cukup dengan bahan-bahan yang sudah disebutkan, kamu dapat membuat face serum yang diklaim mampu mengencangkan kerutan pada wajah. Sehingga, jika digunakan secara rutin, kamu akan mendapatkan kulit yang kenyal dan awet muda. Ini cara membuatnya:

Hilangkan kerutan pada wajah pakai 2 jenis minyak Berbagai sumber

foto: TikTok/@biashair006

Bahan:

1. 1 sendok makan aloe vera gel

2. 1 sendok makan gliserin

3. 1/2 sendok teh minyak vitamin E

4. 1/2 sendok teh minyak flaxseed

Hilangkan kerutan pada wajah pakai 2 jenis minyak Berbagai sumber

foto: TikTok/@biashair006

Cara membuat:

1. Campurkan bahan-bahan tersebut pada sebuah wadah

2. Aduk keempat bahan sampai tercampur merata

3. Aplikasikan pada wajah dan leher yang sudah bersih secara menyeluruh

4. Pijat-pijat agar serum meresap

5. Gunakan secara rutin setiap pagi dan malam hari sebelum tidur untuk hasil yang maksimal.

@biashair006 Peasy bachao khud ghar pr banao #skincare #skincareroutine #skincaretips #serum #foryoupage #foryou #tiktokpakistan #viraltiktok #biashair006 #pfy original sound - Bia Shair

(brl/pep)

tags

STORIES